Full Size Keyboard VS TKL Keyboard

0
1500

Bagi sebagian orang yang melihat keyboard berukuran TKL, tidak jarang mereka merasa bahwa keyboard TKL tidak lebih baik daripada keyboard full size karena tidak memiliki numpad. Namun dibalik kekurangan dari keyboard TKL, sebenarnya ada kelebihan-kelebihan tersembunyi dari keyboard TKL. Maka dari itu kami ingin membahas Fullsize Keyboard VS TKL Keyboard.

Full Size Keyboard VS TKL Keyboard

Full size vs tkl keyboard
Full size vs tkl keyboard

Apa itu keyboard tkl?

Keyboard TKL merupakan kepanjangan dari keyboard tenkeyless yang dimana pada keyboard TKL tidak memiliki key-key yang ada pada numpad. Sehingga ukurannya akan lebih kecil daripada keyboard dengan layout full size. Banyak orang yang berkata bahwa keyboard TKL merupakan “keyboard” yang nanggung karena tidak memiliki numpad. Sehingga karena alasan itu tidak sedikit orang yang meremehkan keyboard berukuran kecil ini.

Memberikan ruang yang luas

Clean Setup
Clean Setup

Namun apa sih sebenarnya yang ditawarkan oleh keyboard berukuran TKL? Keyboard berukuran kecil memberikan ruang yang luas untuk meja kalian sehingga kalian dapat menaruh banyak barang-barang dan dapat meletakkan aksesoris2 untuk meja kalian. Selain itu bagi yang memiliki meja berukuran kecil, keyboard tkl adalah pilihan yang tepat untuk kalian. Dari segi mobilitas, keyboard tkl lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dan tidak memakan banyak tempat untuk tas kalian.

Kelebihan yang satu ini memang sering tidak diperhatikan oleh banyak pengguna. Posisi pundak atau tangan saat menggunakan keyboard TKL akan lebih ke tengah dibandingkan dengan keyboard full size. Posisi pundak sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kita. Jika memaksakan keyboard full size agar posisinya lebih ke tengah, maka posisi keyboard akan memakan sisi mousepad sehingga ruang gerak dari mouse akan berkurang, Hal ini juga merupakan salah satu alasan kenapa banyak orang yang memiringkan posisi keyboard full size mereka supaya lebih ke tengah.

Tidak membutuhkan effort yang banyak ketika mengetik

Corsair
Corsair

Dengan keyboard tkl, kita tidak memerlukan effort yang besar saat tangan berpindah dari mouse menuju keyboard karena ukuran keyboard tkl yang lebih pendek. Sedangkan saat menggunakan keyboard full size effort kita saat mengetik jadi lebih besar ketika tangan berpindah dari mouse ke keyboard karena ukuran keyboard full size lebih lebar dibandingkan dengan keyboard tkl.