Mechanical keyboard sebenarnya bukanlah hal yang baru di dunia peripherals, bahkan mechanical keyboard sudah menjadi sebuah kebutuhan para gamers di jaman sekarang. Namun masih banyak yang belum mengetahui secara jelas apa itu mechanical keyboard.

Apa Itu Mechanical Keyboard?

Mechanical Keyboard
Mechanical Keyboard

Mechanical keyboard menggunakan teknologi spring di dalam switch keyboard. Selain itu yang membedakan mechanical keyboard dengan rubber dome atau membrane keyboard adalah durability, karena pada umumnya mechanical keyboard memiliki build quality yang lebih baik daripada membrane keyboard. Jika key switch dari mechanical ini rusak, kita hanya perlu menggantinya dengan switch yang baru.

Perbedaan Dengan Membrane Switch

Perbedaan yang mencolok selain dari segi durability adalah feel. Mechanical keyboard memberikan sensasi feedback yang berbeda saat mengetik dibandingkan dengan membrane keyboard yang bisa dibilang switch nya lebih keras dibandingkan dengan mechanical switch. Jadi di mechanical keyboard kita tidak perlu menggunakan tenaga yang ekstra untuk menekan switchnya sehingga mechanical keyboard memiliki respon yang lebih baik dibandingkan dengan membrane keyboard.

Mechanical Switch

Switch pada mechanical keyboard secara umum yang sering kita temukan adalah blue switch, brown switch dan red switch. Tiap switch ini memiliki feedback atau feel yang berbeda-beda seperti clicky, tactile, dan linear. Clicky ini memiliki feel yang sama ketika kita sedang menggunakan pulpen mekanik, dan memiliki suara click yang cukup besar dan bagi orang yang tidak terbiasa mungkin akan terasa annoying mendengar suara yang clicky. Feel tactile adalah kita merasakan adanya hambatan ketika kita sedang mengetik. Dan linear memiliki feel dimana kita tidak akan merasakan adanya hambatan ketika kita sedang mengetik.

Cherry Mx Switch
Cherry Mx Switch

Pemilihan switch ini tergantung dari selera dari masing-masing pengguna. Pada scenario gaming sebenarnya lebih disarankan untuk menggunakan red switch karena feel linear yang diberikan, memiliki respon yang lebih cepat dibandingkan dengan switch2 yang lain. Namun bagi yang tidak terbiasa mungkin akan merasa bahwa red switch terlalu enteng sehingga sering typo. Jadi untuk mengetik lebih disarankan menggunakan blue switch, namun jika tidak ingin terlalu berisik bisa menggunakan brown switch.