Keyboard Mechanical merupakan hal yang sudah biasa di kalangan komunitas. Namun apa jadinya mechanical keyboard berukuran 60% dengan menggunakan teknologi wireless. Kali ini kami akan mereview salah satu Mechanical Keyboard 60% unik dari Obins yaitu Anne Pro RGB Wireless Mechanical Keyboard.

Anne Pro RGB
Anne Pro RGB

Layout

Anne Pro Black
Anne Pro Black

Anne Pro RGB memiliki layout 60% dengan total 61 keys, yang dimana hanya menyediakan fungsi key utama saja tanpa ada tombol numpad, f1-f12, arrow dan sebagainya. Dengan desain yang compact maka kita tidak perlu memerlukan effort yang banyak saat mengetik. Serta jarak antara mouse dan keyboard akan lebih beorientasi ke tengah agar posisi duduk dan pundak menjadi lebih nyaman.

Mechanical Switch

Anne Pro Case
Anne Pro Case

Anne Pro RGB menggunakan Gateron Mechanical Switch dengan 3 pilihan yaitu blue, brown dan red switch. Selain itu ada beberapa pilihan case yang dapat diganti yaitu berwarna hitam, biru, pink, dan kuning. Tetapi keyboard case yang berwarna hitam hadir dengan keycap yang berwarna hitam juga, jadi selain keyboard case yang berwarna hitam, keyboard case lain memiliki keycap berwarna putih.

Desain

Anne Pro Case
Anne Pro Case

Yang paling menarik dari Anne Pro RGB adalah desainnya. Keyboard dengan layout 60% memang memberikan nilai estetik yang lebih dibandingkan dengan keyboard full size, karena terlihat lebih minimalis. Selain itu aplikasi yang ditawarkan oleh Obins membuat kita bisa merubah fungsi dari masing-masing key. Keyboard ini berbahan dasar plastik bertekstur sehingga kita tidak perlu khawatir ada bekas jari membekas di keyboard ini. Dengan menggunakan PBT double injection memberikan nilai durabilitas keycap sehingga tidak mudah pudar. Selain itu keyboard ini dilengkapi dengan LED RGB dengan 16juta warna yang bisa diatur lewat aplikasi smartphone.

Koneksi Bluetooth

Keyboard ini menggunakan koneksi Bluetooth 4.0 yang dapat di koneksikan hingga 4 device sekaligus. Namun kualitas wireless dari Anne Pro RGB tidak terlalu baik, sehingga masih ada lag atau delay yang terasa, terutama ketika sedang bermain game. Tetapi untuk mengetik biasa, kami tidak menemukan masalah sama sekali disini. Untuk melakukan koneksi ke smartphone kami juga merasakan kesulitan karena sangat sering terputus koneksinya. Kami juga lebih menyarankan untuk menggunakan keyboard ini dalam kondisi wired untuk menghindari isu-isu Bluetooth yang tidak bekerja dengan baik.

Anne Pro Rgb merupakan salah satu pilihan mechanical keyboard dengan layout 60% terbaik dengan harga 79$, karena keyboard dengan layout 60% biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Dan sangat cocok untuk kalian yang memang sudah terbiasa dengan keyboard dengan layout seperti ini. Bagi yang baru menggunakan keyboard dengan layout 60% perlu adanya adaptasi agar terbiasanya menggunakan function key sebagai pengganti key fisik yang biasanya ada di keyboard full size. Dengan lampu RGB yang menarik dan keyboard case menjadi nilai tambah untuk keyboard ini.