Tentunya kalian masih asing dengan nama studio Quantic Dream, tapi bagi kalian yang memiliki PS4 pasti tahu game buatan mereka yaitu Heavy Rain, Beyond Two Souls, dan juga game yang akan segera rilis yaitu Detroit: Become Human. Game mereka terkenal dengan narasinya yang begitu dalam dengan segala pilihan yang berdampak signifikan terhadap jalan cerita dari gamenya.

Diluar game mereka yang selalu sukses, ternyata studio ini dituduh memiliki lingkungan kerja yang “Toxic” dan tidak sehat bagi para pekerjanya, bahkan memiliki turnover pekerja yang sangat tinggi selama tahun 2015-2016 yaitu sebanyak 50 pekerja meninggalkan studio ini. Penyebab dari tidak sehatnya lingkungan kerja Quantic Dream datang dari berbagai laporan yang datang dari pekerja Quantic Dream sendiri, dimana ditemukan lebih dari 600 foto hasil photoshop yang memuat gambar-gambar para pekerja lainnya yand diedit sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah gambar yang “Homophobic”, “Sexist” dan “Racist”, dan beberapa gambarnya bisa dibilang sangat tidak pantas, bahkan beberapa katanya disebarkan di ruang terbuka di kantor Quantic Dream.

Bahkan beberapa diantaranya adalah wajah dari David Cage sendiri yaitu pemilik studio Quantic Dream, tapi bukannya mengakui dan berusaha memperbaiki, David Cage malah menolak semua tuduhan tersebut dan menuduh bahwa semua tuduhan tersebut hanyalah hasil kekesalan para mantan pekerjanya yang tidak berdasar.

Menurut saya pribadi sih angka turnover pekerja yang begitu tinggi harusnya sudah menjadi bukti kuat, bahwa ada yang salah dengan lingkungan kerja dari studio tersebut, dan seharusnya selaku pemilik Cage bisa kembali melakukan pembenahan terhadap seluruh pegawainya, karena isu ini bisa membunuh studio dan game-gamenya yang menurut saya sangat disayangkan jika game mereka harus gagal dipasaran karena isu yang bukan ada pada gamenya.

Gimana menurut kalian?