Saya bukanlah penggemar film-film horor tapi, untuk kali ini saya akan memberikan pengecualian. Ya ini film horor karya Alejandro Amenábar ini cukup unik dan mendebarkan, bahkan semua orang akan terkejut dengan akhir kisah ini. Sebuah film berjudul The Others.

Nicole Kidman memberikan sebuah penampilan yang amat gila dalam film The Others
Nicole Kidman memberikan sebuah penampilan yang amat gila dalam film The Others

Meski saya pertama kali menonton film The Others ini sudah lama sekali dan ketika saya kecil, memang film ini menjadi sebuah film horror psikologi yang tidak diduga karena awalnya saya mengira ini merupakan sebuah film mengenai PD 2 karena memang bersetting saat PD 2. Yang saya sukai film ini bukan karena penampakan setan yang seram-seram atau muka yang hantu yang hancur namun memang amat bermain dengan psikologi kita dan rasa takut yang di hadirkan dengan sinematografi, musik, dan akting dari para pemain yang amat memukau.

Hanya bersetting disebuah rumah nyatanya film ini berhasil menghadirkan ketengan maksimal, The Others memang salah satu horror terbaik
Hanya bersetting disebuah rumah nyatanya film ini berhasil menghadirkan ketengan maksimal, The Others memang salah satu horror terbaik

Jadi film ini mengisahkan tentang seorang ibu bernama Grace Stewart (Nicole Kidman) yang tinggal di pedesaan terpencil dengan dua orang anaknya yang bernama Anne (Alakina Mann) dan Nicholas (James Bentley). Kedua anaknya ini mengalami sakit (yang sampai sekarang saya masih bingung itu sakit apa) yang tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Grace adalah seorang ibu yang taat pada Katolik. Dia selalu mengajarkan anaknya mengenai nilai-nilai Katolik dalam diri mereka.

Kedatangan tiga pelayan baru dirumahnya (Grace) bernama Mrs Bertha Mills (Fionnula Flanagan), seorang tukang kebun tua bernama Mr Edmund Tuttle (Eric Sykes), dan seorang gadis bisu bernama Lydia (Elaine Cassidy). Sangat bertepatan dengan peristiwa-peristiwa ganjil dirumahnya. Seperti biasa Grace awalnya tidak menanggapi hal-hal ganjil ini. Tetapi lama kelamaan peristiwa ganjil ini semakin menjadi-jadi apalgi ketika Anne anak Grace yg pertama sering kali bertemu dengan beberapa orang didalam rumah itu. Grace sering kali marah terhadap Anne yang suka menceritakan kejadian-kejadian ganjil kepada adiknya Nicholas.

Sampai pada akhirnya Grace yang tidak pernah mau percaya dengan kejadian ganjil tersebut mendapati suara piano berdentang ditengah malam dan bertapa terkejutnya dia bahwa ruangan piano tersebut terkunci. Setelah dia membuka pintu ruangan tsb dia tidak melihat siapa-siapa yang ada hanya langkah kaki yang berlari menjauh. Kepanikan yang dialami Grace membuat dia keluar dari rumah dan berusaha mencari bantuan. Ajaibnya ditengah jalan yang berkabut Grace bertemu dengan suaminya yang dia pikir sudah mati di medan perang. Grace kembali membawa suaminya kerumah dan menemui anak2nya.

Grace menyebut kejadian ganjil ini dikarenakan penyusup. Maka pada suatu saat dia memcoba menemukan penyusup itu dan menanggalkan semua hordeng yang ada dirumahnya agar semua rumah terang dan bisa menangkap penyusup tersebut. Tetapi sayang Grace tidak menemukannya. Yang menarik adalah pada bagian akhir-akhir kisah. Dimana Anne dan Nicholas mencoba melarikan diri dari kamar mereka setelah dikurung oleh Grace. Tanpa disadari ternyata Anne dan Ncholas menemukan tiga kuburan yang selama ini disembunyikan oleh ketiga pembantunya itu. Melihat ketiga kuburan tersebut membuat Anne dan Nicholas kaget dan menyadari sesuatu. Disinilah twist gila dihadirkan dalam film The Others ini, Anda penasaran? langsung saja disaksikan sendiri.