Masih ada beberapa orang yang bingung tentang apa yang dimaksud dengan memory channel? Yang paling banyak di salah artikan adalah tentang motherboard atau processor yang hanya support dual channel tidak dapat berjalan dengan penggunaan 1 modul memory.

Apa Yang Dimaksud Dengan Memory Channel ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Memory Channel?
Apa Yang Dimaksud Dengan Memory Channel?

Channel yang ada pada motherboard/processor berbeda dengan channel yang ada di memory RAM. Channel yang ada pada motherboard adalah jalur antara memory ram ke memory controller yang ada pada processor. Berbeda dengan channel pada memory RAM yang dalam hal ini yang dimaksud adalah “jumlah keping RAM”.

Single Channel Configuration
Single Channel Configuration

Tetapi apakah dengan motherboard yang support dual channel kita dapat menggunakan 4 keping RAM? Jawabannya adalah tentu saja bisa! Dalam hal ini banyak orang yang berasumsi bahwa 4 keping RAM akan terjadi bottleneck jika berjalan pada motherboard dual channel.

Dual Channel Configuration
Dual Channel Configuration

Namun pada kenyataannya pada kasus realtime atau penggunaan sehari-hari sama sekali tidak ada perbedaan performa, perbedaan performa ini muncul hanya pada aplikasi benchmark untuk memory RAM saja yang tidak mungkin terjadi pada pekerjaan sehari-hari ataupun kondisi gaming. Berikut ini kami lampirkan referensi yang menunjukkan perbedaan performa antara penggunaan 2 modul dan 4 modul memory yang berjalan pada dual channel di link yang tersedia