Membeli sebuah monitor merupakan salah satu hal yang cukup membingungkan disaat kita ingin merakit pc atau ingin mengupgrade pc kita. Pada umumnya tiap orang hanya mementingkan masalah budgetnya saja terhadap harga monitor nya tersebut. Padahal ada aspek-aspek penting lainnya yang perlu kita perhatikan saat ingin membeli monitor seperi ukuran dan resolusi, jenis panel, refresh rate, dan respon time. Jadi kali ini kami ingin memberikan 5 hal yang perlu diperhatikan dalam membeli monitor.

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Monitor !

1. Ukuran dan Resolusi

Size and Resolution
Size and Resolution

Di jaman sekarang terutama di tahun 2017. Kebanyakan pengguna PC sudah menggunakan monitor dengan resolusi Full HD 1920×1080. Jadi monitor dengan resolusi Full HD merupakan kebutuhan dasar monitor saat ini. Untuk ukuran nya sendiri kami lebih menyarankan dengan ukuran 24 inch. Namun jika menggunakan resolusi Full HD pada monitor dengan ukuran diatas tersebut seperti 27 inch maka gambar yang dihasilkan pada monitor akan terlihat pixelated. maka untuk monitor dengan ukuran 27 inch kami lebih menyarankan untuk menggunakan monitor dengan resolusi Quad HD 2560×1440. Untuk resolusi Ultra HD 3840×2160 kami menyarankan untuk ambil monitor dengan ukuran diatas 40 inch. Dan yang perlu kalian ingat bahwa semakin tinggi resolusi layar maka kita juga membutuhkan GPU atau VGA yang powerfull, karena semakin besar ukuran resolusi maka semakin banyak juga performa yang diperlukan untuk GPU.

2. Jenis Panel

Pada umumnya, panel yang mainstream digunakan adalah panel TN (Twisted Nematic) dan IPS (In-Plane Switching). Panel TN merupakan panel paling murah diantara jenis panel lainnya dan memiliki respon time yang paling rendah yaitu 1-2ms. Namun kekurangannya adalah panel ini memiliki viewing angle yang sempit, maka jika kita melihat layar monitor dari sisi kiri, kanan, atas ataupun bawah maka warna nya akan berubah jadi sedikit gelap atau menguning. Selain itu monitor dengan panel TN tidak memiliki akurasi warna yang baik seperti panel IPS.

Untuk Panel IPS memiliki akurasi warna yang baik dan memiliki viewing angle yang lebih luas dibandingkan dengan panel TN. Tapi kita perlu merogoh uang lebih banyak karena panel IPS memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan panel TN. Panel IPS juga memiliki respon time yang lebih tinggi, dan paling rendah ada di 4ms.

IPS Panel
IPS Panel

Kami lebih menyarankan menggunakan panel IPS untuk casual user yang gemar menonton film dan juga video-video editor bahkan photographer yang membutuhkan akurasi warna yang baik dalam keperluan pekerjaan. Namun panel TN lebih dibutuhkan oleh profesional gamer, karena panel TN memiliki respon time yang lebih rendah.

3. Refresh Rate

Refresh Rate
Refresh Rate

Refresh rate mempengaruhi experience kita dalam bermain game. Pada umumnya monitor memiliki refresh rate 30hz, 60hz, 120hz, 144hz dan 240hz. Lebih mudahnya refresh rate ini adalah berapa kali monitor kita merefresh dalam 1 detik, sebagai contoh monitor 60hz berarti monitor akan merefresh 60x dalam 1 detik. Jadi semakin besar refresh rate pada monitor maka experience kita dalam bermain game akan lebih “smooth”. Disini yang jadi masalah adalah ketika fps yang dihasilkan dari hardware kita tidak sama dengan refresh rate yang ada pada monitor. Sehingga kita membutuhkan hardware yang mumpuni untuk mencapai monitor dengan refresh rate yang tinggi untuk menghindari screen tearing atau stuttering.

4. Respon Time

Respon Time
Respon Time

Respon time merupakan salah satu alasan mengapa TN panel masih banyak digunakan saat ini. Monitor dengan respon time yang tinggi dapat mengakibatkan ghosting atau seperti ada frame yang terlambat bergerak. Sehingga akan mengganggu experience kita dalam bermain game. Maka lebih disarankan dalam keperluan kompetitif game atau esport lebih disarankan menggunakan monitor dengan panel TN yang memiliki respon time yang rendah meskipun memiliki akurasi warna yang kurang baik.

5. Monitor VS TV

Monitor VS TV
Monitor VS TV

Hal ini masih sering jadi pertanyaan bagi kebanyakan orang. Yang membedakan antara kedua jenis layar ini adalah TV di desain khusus untuk kondisi pemakaian jarak yang agak jauh, sedangkan monitor di desain untuk pemakaian jarak dekat. Nilai kerapatan pixel yang ada pada tv akan berbeda dengan kerapatan pixel yang ada pada monitor. Jadi, jika kalian menatap langsung monitor dan tv pada jarak yang bersamaan pasti akan lebih tajam gambar yang diberikan monitor dibandingkan dengan tv. Maka dari itu untuk komputer kami lebih menyarankan menggunakan monitor karena komputer pasti digunakan dalam jarak yang dekat.