Fingerprint Scanner

Bisa dibilang fingerprint scanner adalah salah satu teknologi wajib yang terdapat pada smartphone, tapi baru-baru ini Canon baru saja mematenkan teknologi Fingerprint Scanner untuk kamera mereka, jika dilihat dari foto diatas diasumsikan scanner akan terdapat pada nomor 46 dan 32 selain pada body kamera, terdapat pada lensa kamera juga !

Fingerprint scanner ini adalah salah satu solusi dari Canon agar menghindari pencurian kamera karena bisa dibilang kamera dan lensa merupakan barang yang lumayan mahal, dengan mengunci kamera ini maka akan sedikit mengurung niat pencuri untuk mengambil kamera ini, selain itu system ID ini juga berkemungkinan bisa diimplementasikan untuk beberapa orang, sehingga kamera bisa digunakan bersama ! Contohnya bersama keluarga atau teman kerja.

Selain keamanan, Fingerprint scanner ini juga digunakan sebagai pengenal user, jadi dengan menggunakan ID spesifik custom preset, ISO, WB dan semua pengaturan lain dari user tertentu tersebut akan dijalankan pada kamera ini. Sayangnya kelemahan dari fitur ini adalah seperti yang kita tahu seorang fotografer harus sigap mengambil momen-momen penting, dan apa jadinya jika ktia terlambat satu detik karena adanya keringat pada jari kita sehingga scanner tidak dapat mengenal fingerprint kita, maka momen tersebut akan hilang.

Perlu diketahui juga teknologi Fingerprint Scanner ini masih bersifat hak paten, jadi ada kemungkinan fitur ini tidak akan pernah ada di kamera nantinya !