Asus baru saja meluncurkan handphone Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 5Z pada pameran gadget terbesar di dunia, Mobile World Congress (MWC 2018) di Barcelona. Kedua ponsel ini secara tidak langsung mengingatkan semua orang pada Iphone X dari Apple karena kemiripan designnya.

Hal yang paling mencolok adalah notch pada bagian atas layar Asus Zenfone 5 dan 5Z ini, dibagian belakang juga terdapat hal yang tidak bebeda jauh yaitu dual-camera yang tersusun secara vertikal dengan 12 mp dan f/1.8 pada kamera utama dan wide angle pada kamera sekunder, hal yang membedakan adalah fingerprint scanner diatas logo asus pada bagian belakang handphone ini. Walaupun memiliki fingerprint scanner, Asus juga membawakan fitur Face Unlock pada smartphone ini.

Asus Zenfone 5 dan 5Z ini sama-sama memiliki layar 6,2 inci dan rasio screen-to-body sebesar 90 persen menyisakan 10 persen untuk kamera depan dengan resolusi 8 mp dan speaker.

Asus Zenfone 5 dan 5Z ini mendukung fitur quick charging dengan baterai berkapasitas 3.300 mAH.

Asus Zenfone 5Z ini akan dibanderol sekitar 423 Poundsterling (sekitar Rp 8 jutaan) dengan dapur pacu Qualcomm,Snapdragon 845, RAM 8 GB, Storage 128 GB atau 256 GB tergantung dari wilayah pemasaran.

Sedangkan Zenfone 5 akan menggunakan chipset Snapdragon 636, RAM 4GB dan storage 64 GB, sayangnya Asus belum memberikan informasi harga untuk Zenfone 5 Versi Standar ini