Lady Bird, akan di disutradarai dan ditulis oleh seorang aktris berbakat Greta Gerwig. Mengisahkan tentang seorang remaja asal Sacramento – California, Christine “Lady Bird” McPherson (Saoirse Ronan) merupakan seorang remaja nyentrik dengan rambut pink yang juga keras kepala dan kerap berselisih dengan sang ibu yaitu Marion McPherson (Laurie Metcalf).

Greta dan Saoirsa Ronan saat syuting Lady Bird
Greta dan Saoirsa Ronan saat syuting Lady Bird

Menjadi film pertama dari seorang Greta Gerwig, Lady Bird adalah sebuah coming of age story yang tidak hanya berfokus pada percintaan seorang remaja namun juga kepada dilemma yang dialaminya demi mencari jati diri untuk bisa keluar dari zona amannya. Lady Bird yang mendapatkan beasiswa disebuah sekolah katolik ternama dengan murid-muridnya yang datang dari kalangan atas, kerap membuatnya malu. Dilanda dengan masalah finansial, Lady Bird sendiri beberapa kali digambarkan untuk berusaha menutupi jati diri aslinya karena ingin diterima di tengah kalangan anak-anak hebat disekolahnya.

Masih akan memiliki esensi percintaan, pertemanan, dan kegalauan anak remaja, hal-hal berikut tidak menjadi fokus dari seorang Greta Gerwig dalam membuat film Lady Bird. Film ini dapat dikatakan sebagai sebuah film yang lebih mengutamakan hubungan antara ibu dan anak yang bergejolak dan menjadikan film ini terasa jujur, asli, dan relevan bagi siapa saja yang telah menjalani masa remaja.

Keaslian dari dialog yang diciptakan Greta ditambah dengan improvisasi para pemain yang aman terasa chemistry nya membuat film ini terasa bak sebuah dokumentasi yang memang nyata, dan penonton dibuat seolah-olah sedang mengintip kehidupan sebuah keluarga. Meskipun menjadi film yang begitu simple dan hanya menggunakan lingkungan sekitar serta premis yang juga amat manusiawi keberanian seorang Greta Gerwig dalam mengangkat masalah-masalah kecil dan drama keluarga yang terasa orisinal membuat gw sepanjang menonton jadi reflect terhadap kehidupan sendiri.

Akting dari pemainnya disini juga begitu memukau, apalagi tentunya seorang Saoirse Ronan yang arguably memberikan penampilan terbaiknya disini. Begitu juga Laurie Metcalf yang ngebuat gw merasa bersalah dan banyak dosa sama ibu gw sendiri. Mungkin faktor-faktor ini lah yang menjadikan Lady Bird sebagai sebuah film yang amat powerful.