Seringkali sineas film Indonesia diremehkan karena menghasilkan film yang dikatakan kurang maksimal dikarenakan budget yang dirasa para penonton kurang maksimal. Meskipun begitu pada kenyataanya banyak sekali film Indonesia yang mengeluarkan budget fantastis namun sayangnya tetap gagal dipasaran. Berikut adalah 5 film Indonesia Termahal.

  1. Trilogi Merdeka

Jika ingin menonton film yang proses pembuatannya super niat, Trilogi Merdeka adalah pilihan tepat. Terdiri dari tiga bagian yaitu Merah Putih, Merah Putih 2: Darah Garuda dan Hati Merdeka, film ini benar-benar mampu menyuguhkan keadaan layaknya medan pertempuran tahun 1945. Dibintangi oleh aktor-aktor papan atas Indonesia seperti Lukman Sardi, Darius Sinathrya hingga Donny Alamsyah, tak heran film ini pada akhirnya menelan biaya yang mencapai Rp64 miliar.

Image result for trilogi merdeka
Sempat menjadi fenomenal nyatanya Trilogi Merdeka tetap tidak meraih keuntungan yang sesuai
  1. Gunung Emas Almayer

Mungkin judulnya cukup asing di telinga orang Indonesia, namun biaya produksi yang dihabiskan untuk film Gunung Emas Almayer cukup fantastis! Film yang tayang tahun 2014 lalu ini mengeluarkan biaya yang mencapai Rp60 miliar. Biaya sebesar itu tak terlepas dari para pemainnya yang berasal dari tiga negara yakni Malaysia, Indonesia, dan Australia. Aktor dan aktris Indonesia yang bermain dalam film ini adalah Rahayu Saraswati, Alex Komang, dan El Manik. Diangkat dari novel legendaris berjudul Almayer Folly, karya penulis Joseph Conrad, Gunung Emas Almayer mengisahkan petualangan seorang pria Belanda yang mencari sebuah gunung emas di kawasan Melayu.

  1. The Raid 2

Film pertamanya sangat sukses baik itu di Indonesia atau dunia internasional. The Raid 2 pun memiliki beban berat untuk mengulang keberhasilan tersebut. Tak heran, pihak produksi The Raid 2 rela mengeluarkan kocek yang nilainya mencapai Rp54 miliar untuk menghasilkan efek visual yang menjanjikan. Menyuguhkan banyak aksi dan darah, The Raid: Berandal meraih rating 80 dari IMDb sekaligus menjadikan film Indonesia yang memiliki rating paling tinggi di situs film tersebut.

  1. Ketika Cinta Bertasbih 2

Sukses dengan film Ayat-Ayat Cinta akhirnya banya film-film religi yang akhirnya mulai hadir. KCB2 akan mengisahkan Azzam, seorang pelajar Indonesia di Mesir yang dihadapkan kepada masalah percintaan dalam dunia Islam. Bisa dibilang film ini merupakan sebagai jawaban Habiburrahman El Shirazy selaku penulis terhadap film Ayat-Ayat Cinta yang dianggap melenceng jauh dari novelnya. Bahkan proses pengerjaan film ini pun benar-benar diawasi oleh Habiburrahman El Shirazy. Karena mengambil lokasi syuting di Mesir, Ketika Cinta Bertasbih menjadi salah satu film Indonesia termahal dengan biaya sebesar Rp40 miliar.

Syuting di negara luar dengan budget fantastis Ketikat Cinta Bertasbih 2 tetap rugi besar
Syuting di negara luar dengan budget fantastis Ketikat Cinta Bertasbih 2 tetap rugi besar
  1. Apa Artinya Cinta

Ingin mengulangi kesuksesan di film Eifel I’m in Love, Samuel Rizal dan Shandy Aulia kembali berduet dalam film Apa Artinya Cinta. Dirilis tahun 2005, film ini tak sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Soal biaya, film ini menelan biaya sebesar Rp30 Milyar karena syutingnya yang berlokasi di San Francisco Amerika Serikat dengan kerap menggunakan properti mobil-mobil mahal sehingga film ini dapat dikatakan sebagai Film Indonesia Termahal.

Berikut adalah 5 Film Termahal, versi Moovvie. Meski sudah mengeluarkan budget yang bisa dikatakan fantastis memang sayangnya tidak menjamin juga bahwa sebuah film akan laku dipasaran. Mungkin kepercayaan penonton Indonesia masih terlalu rendah terhadap film Indones? Maka meski 5 Film Indonesia Termahal ini telah dibuat. Tetap saja banyak yang tidak mencapai kuota penonton yang sudah diharapkan.