Suspiria kerap kali disebut-sebut sebagai sebuah film Dario Argento yang terbaik dan mendapatkan pujian bahkan hingga saat ini. Menjadi sebuah film yang memberikan unsur horror serta misteri. Tentunya segi artistik adalah faktor besar yang membedakan film ini dengan banyak film sejenis lainnya pada masa itu.

Image result for suspiria
Keindahan warna dari film Suspiria

Akan mengisahkan tentang seorang penari Amerika Suzy Bannion (Jessica Harper) yang pindah ke Freiburg, Jerman. Disana ia melanjutkan pendidikannya sebagai penari balet di Tanz Dance Academy. Di malam Suzy tiba, iapunĀ  melihat seorang gadis berlari ketakutan dari Tanz. Suzy tidak tahu apa yang terjadi. Dipenuhi dengan misteri yang mencekam Dario amat terampil dalam menggunakan warna dan pencahayaan untuk menyesuaikan mood karakter dengan visual yang ada.

Image result for suspiria
Menghadirkan warna yang luar biasa

Inilah yang membuat Suspiria sebagai sebuah film dari zaman dahulu dengan reputasi yang masih luar biasa tinggi. Bukan hanya sekedar menghadirkan film yang luar biasa indah dan penuh warna pada masanya. Dario juga menjadikan film Suspiria sebagai sebuah pioneer dari film-film setelahnya.