Full Review God Of War – Awal Petualangan Kratos Di Dunia Baru Yang Sempurna

1
2734

Plot pada God Of War kali ini akan bermulai saat Kratos dan anaknya yang bernama Atreus akan melaksanakan permintaan terakhir dari Istri Kratos sekaligus ibu dari Atreus untuk menebar abu jenazahnya di puncak tertinggi realm, dan permintaan inilah yang akan menjadi awal petualangan terbaru Kratos yang tak lagi sendiri melainkan ditemani oleh sang anak. Tentunya tugas yang sederhana ini tidak akan berjalan mudah, Kratos dan anaknya akan mendapatkan banyak tantangan dari musuh-musuh yang tak terduga dan luar biasa baru, dan tentunya plot dari game ini akan memunculkan berbagai karakter baru yang berhasil memerankan perannya masing-masing dengan sempurna, mulai dari voice actor yang luar biasa emosional dan didukung dengan visual yang sempurna yang membuat penyampaian dan jalan dari plot game ini menjadi amat terasa sempurna di segala aspeknya.

Tentunya kalian tau juga bahwa sekarang Kratos tak lagi di daratan kekuasaan Zeus, melainkan berada di scandinavia yaitu tanah para petarung kuat mulai dari para giant sampai kepada para viking dan dewa-dewa kuat lainnya seperti Thor dan Odin, tapi sayangnya kali ini daratan Scandinavia berada pada masa pasca pertempuran hebat, sehingga kita akan seringkali menemukan berbagai infrastruktur yang sudah hancur akibat peperangan hebat para petarung dan dewa, dan tentunya menjepit Kratos disebuah keadaan yang tidak baik.

Game Mechanics dari GOW terbaru ini mungkin yang membuat banyak orang bertanya-tanya, dengan bergesernya game mechanics dari game ini, apakah GOW terbaru ini akan berhasil memberikan gameplay terbaik seperti pendahulunya, mulai dari adanya sistem free roam atau bisa dibilang semi open world, atau dengan kata lain linear namun memiliki dunia yang bisa secara luas dieksplorasi dengan bebas, lalu kali ini sistem upgrade Kratos juga terasa menjadi sebuah semi RPG, ditambah lagi combat system yang sekarang berbeda dari pendahulunya. Semua aspek baru tersebut tentu menjadi keraguan bagi saya dan banyak penyuka game God Of War, karena God of War sendiri terkenal dengan sistemnya yang terkesan linear, dengan dunia tertutup, dan dengan combat system yang terasa arcade dan fast pace, namun kini semua aspek tersebut di geser menjadi lebih kompleks dan dewasa. Tapi ternyata semua keraguan saya tersebut berhasil dijawab oleh Santa Monica dengan sempurna dan berhasil membuang seluruh keraguan saya, khususnya pada dunia open worldnya.

Untuk dunia dari game ini, ternyata God Of War mampu memasukan seluruh elemen pada setiap sudut dunianya, dunia yang super luas tidak disia-siakan oleh Santa Monica sama sekali, saya selalu mendapatkan kejutan disetiap sudut dunia dari game ini yang dipenuhi dengan berbagai misteri yang tersimpan yang dibungkus menjadi sebuah side mission, dan jika biasanya sebuah side mission itu selalu repetitif dan membosankan, beda dengan GOW terbaru kali ini, GOW terbaru ini mampu memberikan rasa surprise dan penasaran yang tinggi pada setiap side missionnya, mulai dari melawan para warrior yang mengerikan dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, sampai kepada membebaskan dan melawan naga dan aspek wah ini hanya menjadi side mission. Seluruh aspek pada universe dunia baru GOW ini mampu dideliver dengan sempurna oleh Santa Monica, membuat saya pribadi betah keliling-keliling dunia dari map ini berlama-lama tanpa menjalankan main mission karena banyak sekali hal yang bisa kalian dapatkan dan lakukan di daratan Scandinavia ini.

Combat System pada game ini juga bergeser, dan memiliki berbagai elemen yang sedikit kompleks, sekaligus perubahan pada sudut pandang juga membuat combat system game ini menjadi berubah jauh dari game pendahulunya, kini sudut pandangnya jadi jauh lebih dekat, lalu ada air combo juga, lalu move combination yang menarik dan tentunya berbagai skill magis yang bisa dikeluarkan kratos, tidak lupa juga Kratos juga tetap mendapatkan Rage Mode dan juga execution pada titik tertentu. Memang menjadi sebuah elemen yang perlu diadaptasi terlebih dahulu pada awal game, dan memang terkesan tidak nyaman pada waktu-waktu awal karena terbiasa dengan combat system GOW terdahulu, tapi percaya sama saya bahwa combat system baru dan sudut pandang ini mampu memberikan pengalaman yang baru dan membuat setiap pertarungan jadi jauh lebih seru dan cepat. Dengan sudut pandang yang lebih dekat juga membuat eksploitasi detail grafis pada game ini menjadi lebih nyata, karena kita bisa melihat tekstur yang lebih dekat melalui sudut pandang yang lebih dalam, sehingga menghasilkan sudut – sudut yang lebih cinematic dalam setiap pertandingan. Sayangnya memiliki sudut pandang yang lebih dekat ini membuat saya kesulitan dalam melihat musuh dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan sistem tipe indikator yang disediakan. Kesimpulannya Combat system pada GOW terbaru ini seperti mengadaptasi beberapa combat system game lainnya, seperti Dark Souls, Batman: Arkham Series, BloodBorne dan game sejenis lainnya.

Upgrading System pada game ini juga menjadi elemen yang krusial, karena akan menentukan gaya permainan kalian kedepannya, mulai dari upgrade armor kalian yang akan merubah stats kalian, lalu ada berbagai item yang bisa didapatkan di berbagai tempat yang tersebear di seluruh dunia dari game ini. Menariknya upgrade pada armor ini bisa berdampak secara visual, membuat niat kita untuk terus mencari berbagai komposisi untuk crafting armory dan weapon menjadi lebih besar lagi, karena ingin melihat bagaimana bentuk dari armor dan juga persenjataan yang akan dibuat. Selain armor dan weapon yang bisa di upgrade, skill dari Kratos dan Atreus juga bisa diupgrade sesuai dengan kebutuhan dan cara bermain kalian masing-masing, sehingga seluruh skill treenya akan dibebaskan kepada kalian dan cara bermain kalian.

Atreus adalah sebuah elemen yang selalu dibandingkan dengan Ellie pada The Last Of Us, tapi ternyata komparasi itu salah besar, karena pada GOW terbaru ini Atreus bukan hanya menjadi pajangan melainkan menjadi sebuah elemen yang krusial dalam setiap kesempatan, mulai dari membantu kita dengan panahnya saat bertarung yang bisa berguna untuk menjadi pengalih perhatian, lalu juga skill magicnya juga sangat membantu memberikan damage atau stun terhadap musuh-musuh, sehingga dalam pertempuran saya merasakan betapa besar manfaat dari Atreus sebagai side kick di game ini, bahkan saya pribadi seringkali menjadikan Atreus sebagai kunci dalam mengalahkan musuh-musuh sekaligus membatalkan serangan musuh. Bukan hanya membantu dalam pertempuran, Atreus juga membantu dalam setiap petualangan, karena seringkali Atreus membantu kita untuk mencari clue yang tersembunyi di berbagai tempat, sehingga otomatis waktu kita dalam memecahkan sebuah puzzle menjadi lebih cepat dengan adanya bantuan hint dari Atreus. Atreus saya rasa menjadi sebuah study case yang baik jika game lain ingin mengaplikasikan sebuah side kick pada gameny, karena kegunaan Atreus sungguh beragam yang membuat dirinya menjadi sebuah elemen yang penting pada sepanjang perjalanan game ini.

Grafis pada game ini sih saya rasa ga usah diragukan lagi, dengan seluruh detail yang berhasil didelivery dengan sempurna dan detail, semua pertikel mulai dari dedaunan, debris, salju, dan segala macam efeknya diperlihatkan dengan sangat detail. Untuk face gesture dan animasi setiap gerak juga terkesan dinamik dan hidup, menambah kesan immersive dan emosional terhadap game ini. Dengan kekuatan PS4 biasa saja game ini sudah berhasil memberikan performa grafis yang luar biasa, tentunya game ini akan berjalan lebih smooth dengan PS4 Pro.

Kesimpulan: God Of War terbaru ini mampu memberikan seluruh elemen baru namun tidak melupakan beberapa elemen lama seperti hadirnya Chest untuk mendapatkan item-item dan in-game currency, lalu ada juga QTE pada beberapa titik pertempuran dan scene, lalu ada juga scene-scene dimana kita ada pada sebuah lift dan musuh terus berdatangan, sehingga pada beberapa titik kita tetap nostalgia dengan beberapa elemen lama dari game GOW terdahulu, GOW juga berhasil memberikan dunia yang luar biasa immersive dengan segala questnya yang tidak membosankan dan menarik untuk dipecahkan, lalu main mission yang juga luar biasa dalam dan emosional dan memberikan kejutan-kejutan yang bikin merinding di berbagai kesempatan, ditambah lagi dengan combat system yang lebih seru dan taktis juga dengan beragam skill runicnya yang luar biasa menarik dan beragam, lalu untuk pertama kalinya juga bisa ganti-ganti armor Kratos yang membauat game ini semakin menarik. Intinya game ini menjadi sebuah perkenalan kita terhadap dunia baru dari Kratos, dan menjelaskan kita lebih detail terhadap cerita yang disampaikan lewat berbagai narasi dari berbagai karakter yang membuat saya sebagai player terus diberikan sejarah menarik dari dunia Scandinavia ini.

Bagaimana dengan tanggapan kalian setelah membaca Review GOW kali ini?