Sebelum berlanjut kepembahasan lebih dalam, saya akan katakan terlebih dahulu bahwa semuanya akan kembali kepada selera. Karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda dan mungkin tidak semua dari kalian suka dengan film mengerikan. Namun siapa sangka ternyata memang sudah banyak penjelasan ilmiah kenapa film Horror menjadi salah satu genre film yang paling digemari.

Image result for horror films
jump scares jadi salah satu faktor yang paling digemari dari film horror

Alasan yang kerap kali dibahas oleh masyrakat luas adalah, bagaimana menonton film horror atau melakukan hal-hal yang menantang dapat menjadi sebuah proses katarsis. Untuk kalian yang tidak familiar dengan kata Katarsis. Hal ini sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah proses menyingkirkan emosi negatif, rasa tertekan, yang dilakukan dengan cara menikmati kisah-kisah mengerikan dan hal menantang seperti yang sudah saya jabarkan sebelumnya. Konsep ini sendiri pertama kali diangkat oleh seorang filsuf ternama Aristoteles.

Elemen Jump Scares atau hal yang mengagetkan juga menjadi nilai plus dari film seram. Bukanlah sebuah hal yang menyenangkan, namun nampaknya banyak dari penyuka film yang suka ditakut-takuti. Beberapa pihak juga sempat menyebutkan bahwa menonton film seram dapat menjadi salah satu cara mendekatkan diri kalian dengan seseorang. Jadi apa kalian juga menggunakan trik nonton film horror untuk mendekati Gebetan?