file system

Untuk kalian yang pernah melakukan format pada harddisk ataupun flashdisk pasti akan menemukan satu windows yang terdiri dari Capacity, File System dan Volume Label. Nah pernahkah kalian melihat pilihan option yang terdapat pada File System seperti NTFS, FAT32, exFAT dan yang lain. Nah ! Pada artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan dari ketiga istilah tersebut.

  1. NTFS : NT File System adalah yang paling default dan digunakan oleh beberapa operating system windows modern seperti windows 10 dan windows 8, sayangnya NTFS ini akan mengubah hdd / fd kalian menjadi read-only pada MacOS
  2. FAT32 : The File Allocation Table 32 muncul sebelum adanya NTFS dengan kelebihan bisa berjalan dengan lancar pada Windows dan MacOS, sayangnya kalian hanya bisa mencopy individual file dengan maksimal kapasitas 4 GB.
  3. exFAT : The Extended File Allocation Table bisa dibilang hybrid dari NTFS dan FAT32, bisa digunakan untuk mencopy individual file diatas 4 GB tapi tidak bisa dipakai untuk MacOS 10.6.4 kebawah.

Jadi itulah sedikit sedikit penjelasan mengenai file system yang akan kalian temukan jika sedang mencoba untuk memformat harddisk maupun flashdisk.