Mandatory Credit: Photo by Jordan Strauss/Invision/AP/REX/Shutterstock (9354297ar) Christopher Nolan arrives at the 90th Academy Awards Nominees Luncheon at The Beverly Hilton hotel, in Beverly Hills, Calif 90th Academy Awards Nominees Luncheon - Arrivals, Beverly Hills, USA - 05 Feb 2018

Buat kalian yang gemar dengan film pastinya nama Christopher Nolan tidak lagi asing ditelinga kalian bukan? Nolan merupakan seorang sutradara asal Inggris yang telah sukses dengan film Inception, Interstellar, The Dark Knight Trilogy, dan masih banyak lainnya.

Lima belas tahun berkarya, Nolan telah merasakan membuat film dengan anggaran rendah sebesar US$ 6 ribu atau sekitar Rp 72 juta dengan filmnya Following (1998), sampai ke film terakhirnya yang memakan biaya US$ 165 juta (Rp 1,9 triliun), Interstellar (2014). Dalam 15 tahun kariernya sebagai sutradara, Nolan telah bekerja dengan aktor-aktor seperti Hugh Jackman, Al Pacino, Robin Williams, Michael Cane, Christian Bale, Leonardo DiCaprio, dan bintang terbarunya Matthew McConaughey.

Christopher Nolan
Christopher Nolan yang selalu sukses dan maksimal dalam menggarap setiap film-filmnya

Film-film Nolan banyak mengeksplorasi karakter-karakter yang memiliki gangguan mental, bermasalah dan kehilangan orang yang dicintainya, seperti karakter Al Pacino dalam Insomnia, lalu Christian Bale dalam The Dark Knight, lalu Leonardo DiCaprio dalam Inception. Nolan cenderung memilih pemain yang bertolak belakang dengan peran-peran mereka biasanya dalam film-film sebelumnya.

Dengan segudang prestasi dan film-filmnya yang menjadi bukti kehebatan seorang Christopher Nolan tentunya tidak aneh jika ia merupakan sutradara ke-2 yang mendapatkan penghasilan terbesar di box office setelah James Cameron dengan US$ 1 miliar di seluruh dunia dengan (The Dark Knight dan The Dark Knight Rises). Namun sayangnya, sutradara yang menghasilkan film-film hebat ini tidak pernah dinominasikan sebagai sutradara terbaik dalam Oscar. Meskipun aktornya dalam The Dark Knight telah memenangkan piala Oscar untuk pemain terbaik, yaitu Heath Ledger.

Nolan yang gemar membuat film sejak dirinya masih berusia 8 tahun.
Christopher Nolan yang gemar membuat film sejak dirinya masih berusia 8 tahun.

Tentunya semua keberhasilan dari Nolan turut di ikuti dengan kerja keras dan usaha yang begitu besar, tentunya yang paling dapat diacungi jempol adalah bagaimana Nolan menjadi seorang sutradara yang selalu memberikan sesuatu yang baru dan beda dari film-film lainnya yang sudah ada meski ia selalu menggunakan ciri khas yang sama dalam setiap film-filmnya. Film Nolan selalu menjadi sebuaf film yang kerap ditunggu-tunggu oleh para pencinta film di seluruh dunia. Jadi Apakah film favorit Anda dari seorang Christopher Nolan?