Asus secara resmi meluncurkan ZenBook Pro, laptop stylish tipis tapi tetap dilengkapi dengan performa gahar ! Tentu saja yang paling menarik dari ultrabook super tipis ini adalah dengan adanya kehadiran ScreenPad yang dapat digunakan sebagai layar kedua kecil. Selain itu ultrabook ini juga memiliki dapur pacu yang lumayan high end untuk pasar ultrabook.

Sayangnya untuk sekarang varian warna yang ditawarkan ZenBook Pro hanya tersedia dalam Deep Dive Blue, mungkin kedepannya ada kemungkinan tambahan varian warna lain lagi, selain itu untuk bagian kanan kiri ultrabook ini kalian akan menemukan Micro SD Card Reader yang bisa dibilang sangat membantu para content creator karena beberapa ZenBook mengharuskan kalian membawa dongle USB Type-C untuk mengakses USB Type-A maupun SD Card Reader tersebut. 

Spesifikasi yang ditawarkan ZenBook Pro adalah processor 8th gen hexa core dengan pilihan dari i5-8300H hingga i9-8750HK, 16 GB Ram, GTX 1050Ti untuk VGA dan SSD PCIe 3.0 x4 berkapasitas 1TB. Untuk masalah display sendiri kalian akan dimanjakan dengan layar 15,6″ yang memiiki resolusi 4K UHD Touchscreen dengan 100% Adobe RGB.

Tapi yang lebih menarik adalah ScreenPad dimana touchpad kalian akan menjadi sebuah layar secondary keci berukuran 5.5″ yang menggunakan panel FHD IPS, ScreenPad ini tentu saja bukan sekedar kosmetik melainkan sebuah layar dengan app control dibagian atas, dalam app control ini kalian akan menemukan beberapa aplikasi profesional seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint bahkan kalender. Selain itu terdapat juga aplikasi semacam Youtube untuk menonton video pada layar kecil tersebut, Spotify dengan music player independen bahkan kalkulator. Tentu saja masih ada lagi kehebatan dari ScreenPad ini dimana kalian bisa melakukan mirroring Smartphone kalian ke ScreenPad kalian.

ZenBook Pro 15 (UX580) dengan ScreenPad super canggih ini akan tersedia pada pertengahan Juli 2018 mendatang dengan harga $2,299 (Sekitar Rp 31,9 Jutaan) pada e-commerce yang bekerjasama maupun official Asus Store.

Sedikit perbedaan dari ZenBook Pro 15 dan 14 adalah perbedaan pada bagian display,dimana Pro 15 menggunakan display up to 4K, dan Pro 14 menggunakan layar Full HD, lalu ada perbedaan processor dimana Pro 15 dengan pilihan hingga i9 dan Pro 14 hingga i7, untuk masalah ketebalan, Pro 15 lebih tebal karena tidak memiliki angled hinge dan menggunakan GPU GTX 1050Ti sedangkan Pro 14 lebih tipis karena adanya angled hinge dan GPU 1050 Max-Q, dan perbedaan terakhir adalah Pro 15 memiliki fingerprint scanner.

Menurut saya ScreenPad bisa menjadi primadona dari launching yang dilakukan Asus pada hari ini, kemampuan menjadi layar secondary bahkan membuka beberapa aplikasi hinggan melakukan mirroring dari handphone kalian, jika diambil perbandingan  mungkin ini merupakan Project Linda dari Razer Phone tapi tanpa harus memindahkan handphone kalian ke docking maupun melepas docking.