AMD mulai gerilya untuk membantu para developer game. AMD care package ini ditujukan untuk para developer game, dengan tujuan ngebantu para developer bisa optimize gamenya di platform AMD dan tentunya ngebantu proses development mereka dengan produk-produk AMD yang tentunya ngebantu para developer, yang memerlukan workload besar dan butuh core counts yang tinggi.

Gua yakin kalian semua tahu kalo masih banyak program maupun game yang belum dioptimize untuk memanfaatkan seluruh core counts Ryzen yang tinggi, parallelization di beberapa program memiliki peningkatan performa yang jauh banget saat sudah di optimize dengan Ryzen. Seperti contohnya zBrush yang mendapatkan peningkatan performa sebesar 205%, yang menunjukkan betapa besar pengaruh dari optimisasi untuk Ryzen.

Hal ini tentunya sangat-sangat membantu para developer game yang menggunakan program-program dimana mayoritasnya memiliki peningkatan performa yang tinggi banget dengan meningkatnya jumlah core dan threadnya. AMD care package ini tidak hanya mendapatkan Ryzen processor dan Threadripper, tapi juga didalamnya mendapatkan RX 580 dan Vega 64. Developer besar dan legendaris Croteam, yang kemarin di E3 menunjukkan game terbarunya Serious Sam 4 : Planet Badass menggunakan banyak banget jumlah karakter dan polygon dalam satu layar, akan menggunakan Vulkan API untuk dapat melakukan itu semua. Croteam mendapatkan paket full dengan Ryzen Threadripper, RX 580, Vega 56 dan Vega 64.

amd care package
AMD Care Package untuk Croteam dalam proses development Serious Sam 4

Developer lain yang mendapatkan AMD Care Package terbesar adalah Techland, mereka mendapatkan jumlah lebih tinggi daripada Croteam. Para pencipta Dying Light dan Call of Juarez ini mendapatkan semua lini terlengkap seperti Ryzen 3 2200G dan 2400G, Ryzen 7 dan Threadripper. Untuk GPUnya mereka mendapatkan yang sama dengan Croteam.

AMD Care Package milik Techland..

Flying Hog Games juga mendapatkan AMD Care Package, walaupun jumlahnya tidak sebanyak Techland dan Croteam. Mereka tetap dikirimkan care package ini untuk membantu proses development game terbaru mereka.

Apa yang AMD lakukan sudah kearah yang positif, dimana mereka langsung mengirim tanpa adanya ikatan tertentu, mereka juga dibebaskan menggunakan segala fitur-fitur API maupun library milik AMD karena semuanya Opensource. Seperti yang sudah sering dibahas di TLM juga, generasi berikut untuk console secara exclusive akan menggunakan arsitektur dari AMD, didalamnya adalah PS5 dan Xbox Scarlet yang akan menggunakan chipset khusus milik AMD yang dibuat khusus untuk Console. Bisa dipastikan di masa depan berarti console pun akan menggunakan teknologi AMD seperti Rapid Packed Math, yang berarti kalkulasi yang lebih cepat melalui FP16.

Untuk saat ini yang menerima AMD Care Package ini adalah Techland, Croteam dan Flying Hog Games. Melihat trend ini, sepertinya AMD akan mengirim paket lebih banyak ke developer-developer lainnya untuk membantu proses optimisasi dan proses kerja para developer lainnya. Semoga dalam waktu dekat kita bisa mendengar developer lain yang mendapatkan care package ini.