Cyberpunk 2077 yang di “leak” atau diperlihatkan saat E3, bertuliskan Demo. Tapi ada berita terbaru dan penjelasan lebih detail dari CEOnya CDPR, Adam Kiciński yang menyatakan bahwa build tersebut masih dalam tahapan pre-alpha. Cyberpunk 2077 demo tersebut ternyata sudah di konfirmasi, masih berbentuk pre-alpha juga dari penciptanya sendiri yaitu Mike Pondsmith.

Kalo kita melihat pengertian pre-alpha, mayoritas developer akan menunjukkan kondisi pre-alpha yang masih barebones. Biasanya pada umumnya, pre-alpha yang kita temukan masih dalam kondisi tanpa texture, engineered sounds, animation yang pada dasarnya bentuk build yang masih jauh banget dari kata selesai apalagi bisa ditunjukkan sebagai produk yang mau selesai. Tapi Cyberpunk 2077 demo yang kita lihat semua jauh banget dari definisi pre-alpha yang biasa di definisikan oleh industri gaming ini.

cyberpunk 2077 demo
Build pre-alpha yang unik dari standard industri gaming..

Selain itu, Chief Financial Officer CDPR, Piotr Nielubowicz, mengatakan bahwa game Cyberpunk 2077 ini menjadi game milik CDPR yang paling polished. Dia juga menambahkan, kalo Cyberpunk 2077 Demo yang ditunjukkan di E3 ini merupakan bagian dari gamenya yang sudah paling komplit atau asset-asset yang sudah selesai dan sepenuhnya sudah di poles. Tapi kalo ditekan kepada Piotr, sudah sampai mana tahapan development si Cyberpunk 2077 itu sendiri, ia menjelaskan sangat sulit untuk memberi tahu sudah sampai dimana. Baginya, sulit untuk menentukan persentase atau sudah sampai tahapan mana build gamenya.

Hal tersebut sangat-sangat wajar mengingat betapa massive dan luas maupun menggunakan bleeding edge technology untuk game ini. Sepertinya Cyberpunk 2077 yang memakan development selama ini dan team yang jauh lebih besar dibandingkan dengan proyek The Witcher Series memang akan jauh lebih megah dan bisa menjadi magnum opus terbaru milik CDPR. Game yang mulai di build dari tahun 2012 ini juga dikatakan oleh para jurnalis lainnya, memiliki hype yang lebih rendah dari yang mereka lihat langsung di demonya.

Kicinski, menjawab dengan menyatakan kalo mereka tetap menyediakan budget marketing yang sangat-sangat besar dan belum tersentuh sama sekali. Jadi kalo kita analisa, selama ini hypenya masih datang hanya dari mulut ke mulut dan dari para fans Cyberpunk 2077 sendiri sudah cukup besar, dan itu tanpa adanya campur tangan budget marketing dari CDPR sendiri.

Leak Demo dan Audio tersebar di subredditnya..

Selain hal tersebut, Marcin, foundernya CDPR juga sudah mengupdate dan mengatakan bahwa mereka akan release game ini di PS4. Walau tidak mendefinisikan secara spesifik di PS4 atau PS4Pro, dari demo yang kita lihat, sepertinya akan ada downgrade yang cukup signifikan jika dipaksakan di PS4, yang gua pribadi bisa lihat, gamenya akan minimal jalan di PS4Pro. Jadi untuk kabar bahwa game ini kemungkinan besar hanya akan ada di PS5 dan Xbox Scarlet sepertinya tidak akan terjadi, walau gua yakin untuk menikmati gamenya seperti yang CDPR harapkan, atau untuk mendapatkan experience yang full sepenuhnya hanya di PS5 atau Xbox Scarlet. Karena Cyberpunk 2077 demo yang berjalan selama 50 menit itu, di drive dengan i7 8700K yang dipasangkan dengan GTX 1080 Ti.