Scum adalah game dengan tema survival buatan Gamepires yang sudah dapat kalian mainkan di tahap Early Access nya di Steam dan dapat kalian beli dengan harga Rp 108.999. Game ini adalah game survival yang memiliki banyak elemen baru, mulai dari tema, character customization, control yang berbeda, dan lain-lain.

Devolver Digital selaku publisher mengatakan bahwa dari seluruh peluncuran game mereka, Scum merupakan yang terbesar. Seperti yang kita bisa lihat di Steam Chart, game ini sudah memasuki top 10 game yang paling banyak dimainkan di Steam dengan total 50.282 player di awal perilisannya dan 26.184 current player mengalahkan Rocket League saat saya menulis artikel ini.

Saya belum mencoba game ini, tapi game ini cukup menarik perhatian saya karena Gamepires beberapa kali menunjukkan beberapa elemen penting yang tidak di miliki game lain melalui Channel YouTube nya. Game ini mendapatkan review “mixed” di Steam dikarenakan banyak isu seperti performa, loot yang sulit didapatkan dan lainnya. Namun mengingat ini merupakan game Early Access, isu-isu seperti ini sangat wajar ditemukan di game dengan tahap Early Access nya.