Halo guys ! Gue akan merangkum dan membahas sedikit point of view gue setelah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 04 ! Seperti biasa pastikan kalian sudah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 04 sebelum membaca review gue.

Sedikit reminder, ingat rules nomor 3 di Kamen Rider Zi-O Episode 2.5, nikmati saja filmnya dan jangan terlalu dipikirkan. Jadi seharusnya ngebahas seri ini gak usah terlalu menggunakan logika banget dan gue cukup senang mengulik seri ini jadi seharusnya dibawa santai aja. Selain itu gue juga open for discussion di Facebook The Lazy Media, Line Square Toku Talk dan comment section di Youtube Jordy Ajah, Enjoy !

(SPOILER ALERT !)

  • Tujuan M menyerang Zi-O dan Geiz

Kamen Rider Zi-O Episode 04
Ex-Aid menyerang Zi-O dan Geiz sekaligus.

Nah kita mulai dulu dari cliffhanger yang ditinggalkan pada episode sebelumnya dimana M secara tiba-tiba menyerang Zi-O dan Geiz, secara singkat ya karena Emu sendiri punya cara yang mirip dengan Tsukoyomi atau cara halus untuk menyelesaikan masalah ini dan bukan menghancurkan sang monster seperti Geiz. Emu memilih untuk bertemu langsung dengan Another Ex-Aid pada dunia game dan memintanya untuk menamani ayahnya bukan mencari organ transplan secara paksa. Nah pada episode ini juga gue mendapatkan sedikit teori tambahan bahwa ada perbedaan kekuatan dari Time Jacker itu sendiri.

  • Perbedaan Kekuatan Time Jacker ?

Kamen Rider Zi-O Episode 04
Another Ex-Aid yang dapat mengontrol kekuatannya.

Sebenarnya teori ini belum pasti karena gue cuma menarik spekulasi dari apa yang udah gue tonton, kemungkinan besar perbedaan kekuatan paling signifikan dari Wool dan Oura adalah Another Rider yang diciptakan oleh Oura (mungkin) bisa mengatur kekuatan mereka dan memilih kapan untuk menjadi Another Rider atau tidak, sedangkan Another Rider yang diciptakan oleh Wool akan bergerak secara membabibuta. Tentu saja teori ini masih samar-samar karena kita baru melihat perilaku dari 2 Another Rider. By the way pada episode 4 ini terjawab juga bagaimana Oura menciptakan Ride Watch Another Rider, yaitu dengan mengambil sebuah blank ridewatch – memasukkan ke tubuh korban – mengeluarkannya dan Ride Watch akan terbentuk sesuai tahun rider tersebut. Belum jelas juga apakah Wool menggunakan metode yang sama karena kita tidak melihat proses pembuatan Another Build Ride Watch. Kehadiran Sworz pada episode selanjutnya dengan kekuatan yang berbeda mungkin akan membenarkan teori ini.

Kamen Rider Zi-O Episode 04
Blank RideWatch yang dimasukkan ke tubuh korban.

Baca Juga Review Kamen Rider Zi-O Episode Sebelumnya !

  • Solusi selain Mencuri Kekuatan Rider ? Geiz Bodoh ?

Teori tambahan, Episode 0.5 (mungkin) ga ada hubungannya dengan main episode, karena pada episode 0.5 cast berbicara langsung ke penonton, hal ini semakin kuat saat Geiz tidak mengerti cara mengalahkan Another Rider yang seharusnya sudah dijelaskan pada episode 2.5, okay mungkin statement ini bisa dibantah dengan ketidakhadiran Geiz disana tapi kenapa Sougo yang seharusnya sudah mengetahui peraturan tersebut masih bisa terkejut dan baru sadar bahwa “Untuk mengalahkan Another Rider diperlukan kekuatan Rider yang sama makanya serangan dari Ex-Aid dihitung HIT”. Oh ya episode 0.5 dari Kamen Rider Zi-O episode 04 ini tidak memberikan banyak informasi yang terhitung penting ya, cuma penamaan dari karakter utama yang kekuatan Ridernya sudah dirampas doang.

Kamen Rider Zi-O Episode 04
Apakah menggunakan kekuatan rider sebelumnya adalah sebuah keharusan ?

Nah selanjutnya yang pengen gue bahas adalah cara mengalahkan Another Rider selain menggunakan kekuatan rider yang sama, jika kalian sadar Another Build dan Another Ex-Aid dapat dikalahkan dengan kekuatan siapapun jika belum direspawn. Disini kita bisa menarik satu kesimpulan jika ada “cara” untuk mengambil dan menghancurkan RideWatch dari Another Rider sebelum Another Rider tersebut di respawn lagi oleh Time Jacker maka Kamen Rider yang asli tidak perlu kehilangan kekuatannya bukan ?

  • Gentaro is that you ? Kamen Rider Faiz dan Kaixa ?

Pertanyaan terbesar di akhir Kamen Rider Zi-O Episode 04 ini, apakah sosok yang kita lihat merupakan Gentaro sang pemeran orisinil Kamen Rider Fourze atau apakah itu Sworz yang sedang berpura-pura menjadi Gentaro ? Tapi spekulasi maksa gue jawline dari Sworz terasa terlalu tegas dan lebih cocok jika pria tersebut adalah Masato Kusaka ya karena feeling aja gitu, biar lebih asik aja dan emang jawline / bentuk mukanya jauh lebih mirip aja menurut gue.

Kamen Rider Zi-O Episode 04
Apakah ini Gentaro ?

Kemungkinan besar spekulasi kenapa Kamen Rider Faiz dan Kaixa bisa time-travel ke dunia Kamen Rider Fourze memiliki hubungan erat juga dengan Faiz PhoneX, kenapa teknologi yang berhubungan dengan SmartBrain masih tersedia ditahun 2068 dan digunakan sebagai alat komunikasi ? Apakah device dari SmartBrain juga memiliki hubungan erat dengan kemampuan time travel yang dilakukan oleh Takumi Inui dan Masato Kusaka ?

Kamen Rider Zi-O Episode 04
Faiz Phone X digunakan oleh Tsukoyomi dan Geiz yang berasal dari 50 tahun mendatang.

Next Episode Preview

Nothing much, Kamen Rider Zi-O Fourze Armor akan debut minggu depan jadi kemungkinan pacenya akan lebih dipercepat atau debutnya akan menjadi penutup dari episode 5 dan akan dilanjutkan dengan minggu depan ? Mungkin saja kita akan melihat debut dari Kamen Rider Zi-O Faiz Armor dua minggu depan ?

Fail of the Week / Easter Egg / Small Details

  • Kehadiran Ridewatch Daiza, semoga dengan terkumpulnya 19 RideWatch ada hal besar yang terjadi seperti Pandora Box jadi bukan sekedar tempat ngoleksi Ridewatch doang.
  • Jika kalian sadar disini RideWatch dari para Kamen Rider sebelumnya tujuan utamanya hanya digunakan untuk menjaga timeline agar tidak rusak.
  • Time Mazinga milik Wool yang terlihat mirip dengan kapal Captain Ghost dari seri Kamen Rider Ghost.
  • Gue baru ngerasa kalo Sougo itu kurus banget waktu Henshin ngelawan Another Ex-Aid.
  • Debut Kamen Rider Zi-O Ex-Aid Armor dengan teriakan TA-DA ! dan tulisan HIT! yang berbeda juga.
  • Kimewaza dari Kamen Rider Zi-O Ex-Aid Armor yang dibikin kreatif banget, bener-bener ga kepikiran buat ngeluarin jurus dengan manfaatin format dari Hissatsu Kamen Rider Ex-Aid

Conclusion

Kamen Rider Zi-O Episode 04
Pemanis di Conclusion, Mbak Oura :3

Episode ini ga banyak ngasih gue informasi baru sih selain apa yang udah gue sebutin diatas, gue lebih penasaran dengan apa yang akan terjadi pada 2 episode kedepannya dengan kedatangan Kamen Rider Kaixa dan Kamen Rider Faiz pada dunia Fourze, jadi bisa dibilang Kamen Rider Zi-O Episode 04 ini lebih cocok dianggap sebagai filler saja.

Special shoutout untuk member Line Square TokuTalk yang udah ngasih gue POV tambahan untuk ngebahas Kamen Rider Zi-O Episode 04 ini ! Terutama Alfian dan Genta Rafi 😉