Taiko no Tatsujiin yang merupakan sebuah music rhythm game dari Bandai Namco Entertainment’s akhirnya akan dirilis pada konsol Nintendo Switch dengan judul Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version! Pada review ini saya akan membahas game ini dari sisi fitur, karakter, control dan lagu yang ditawarkan pada game ini serta pengalaman bagaiman rasanya memiliki sebuah mesin arcade Taiko no Tatsujin pribadi yang portabel.

Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version!

Game Taiko no Tatsujin ini memiliki sebuah tujuan yang bisa dibilang simple, memukul notes yang ditampilkan seakurat mungkin dan mengikuti ritme dari lagu yang kalian mainkan, notes pada game ini secara diumum terbagi menjadi dua yaitu Don –  merah (memukul bagian tengah dari drum) dan Kat – biru (memukul bagian pinggir dari drum). Selain itu terdapat juga berbagai notes tambahan dimana kalian diharuskan memukul drum secara cepat berkali-kali hingga angka yang ditampilkan menurun hingga angka 0.

Game Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version! ini juga sudah mendapatkan update berupa patch berbahasa Inggris sehingga pemain diluar Jepang dapat menikmati game ini, update akan langsung ditawarkan pada saat kalian memulai permainan untuk pertama kalinaya dengan ukuran file yang terhitung kecil. Tidak hanya bahasa yang diubah dalam update ini, UI dalam game juga akan ikut berubah.

Saat memulai game ini kita akan diperkenalkan dengan berbagai jenis control untuk memainkan game Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version! Yang pertama adalah Furi Furi Ensou / motion controls, dimana kalian akan menggunakan joy-con kiri kanan kalian untuk memukul sebuah drum virtual (dipastikan setelah bermain 3-4 lagu tangan kalian akan terasa pegal 😉 ), control ini lah yang paling merepresentasikan bagaimana rasanya jika kalian bermain pada mesin arcade. Sayangnya terdapat sedikit kelemahan dimana untuk notes Kat – biru diperlukan sedikit latihan karena kadang-kadang game ini tidak akan “mengenali” motion dari pergerakan tangan kalian dan menghitung gerakan tersebut sebagai Don – merah.

Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version!
Nintendo Switch Pro Controller juga bisa digunakan dalam game ini loh !

Jika kalian bermain dalam Handheld Mode atau Nintendo Switch Pro Controller kalian juga mendapatkan opsi untuk memainkan game ini dalam button controls. Tentu saja mode ini jauh lebih presisi (cocok untuk mengejar high score) jika dibandingkan dengan Furi Furi Ensou, tapi sebaliknya memainkan game dalam button control mode tidak akan memberikan pengalaman bermain yang sama saat kalian bermain dengan mesin arcade. Salah satu kelebihan dari button mode sendiri adalah kalian bisa bermain dengan satu joy-con, jadi dengan satu unit Nintendo Switch kalian sudah bisa bermain berdua tanpa harus membeli joy-con tambahan.

Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version!
Touchscreen control untuk bermain di atas meja.

Opsi selanjutnya untuk memainkan game Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version! adalah dengan touchscreen control dan hal ini hanya bisa dilakukan jika kalian bermain dengan Handheld mode (single player). Sebuah drum virtual yang lumayan besar akan muncul pada bagian bawah layar dan kalian hanya perlu bermain dengan jari kalian untuk men tap tap layar tersebut ! Opsi terakhir untuk memainkan game ini dan (dikabarkan) merupakan opsi terbaik untuk menikmati game ini adalah dengan menggunakan Taiko: Drum Master Controller, sayangnya saya tidak berkesempatan untuk mencoba alat ini sehingga tidak bisa berbagi pengalaman dengan alat ini, yang pasti alat ini tidak cocok untuk bermain game ini secara portabel.

Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version!
Dua buah mode utama yang ditampilkan di main menu.

Hal selanjutnya yang akan gue bahas adalah perihal dua buah mode yang berbeda dalam game ini yaitu Taiko Mode dan Party Game. Taiko Mode merupakan sebuah mode dimana kalian akan memainkan lagu pilihan kalian sendiri, sebelum memilih lagu kita juga akan memilih karakter yang akan kita gunakan dengan kelebihannya masing-masing. Taiko Mode ini juga memungkinkan kita bermain berdua hanya dengan satu unit Nintendo Switch dimana terdapat pilihan untuk bermain secara co-op maupun vs battle. Tentu saja kalian membutuhkan dua pasang joy-con untuk menikmati game ini dengan control Furi Furi Ensou. Tapi dengan button control kalian juga sudah bisa menikmati game ini berdua !

Kembali membahas Taiko Mode, untuk masalah song list terdapat 64 buah lagu yang sudah terbuka sejak awal, kalian perlu memainkan game ini beberapa kali untuk membuka 10 buah lagu yang masih terkunci dimana setiap lagu akan berdurasi 1 – 2 menit yang sudah lebih dari cukup untuk membuat lengan kalian pegal. Song list ini juga dibagi menjadi beberapa section yaitu POP, Anime, Vocaloid Music, Variety, Classical, Game Music, dan NAMCO Original dimana song list ini tentu saja didominasi dengan lagu berbahasa Jepang. Tidak hanya itu saja setiap lagu juga terbagi menjadi 4 tingkat kesulitan yaitu Easy – Normal – Hard – Extreme (beberapa lagu juga tersedia dalam mode Extreme+). Untuk perihal song list dalam game Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version! saya hanya mengenali sekitar 9 atau 10 lagu seperti Be The One dari serial Kamen Rider Build dan Zenzenzense dari anime Kimi no Nawa (Your Name.) dan untuk tingkat kesulitan sendiri Easy akan menjadi sebuah pengenalan yang cukup baik dan lagu dengan kesulitan Extreme akan terasa sangat menantang dan menyebalkan jika dimainkan dengan Furi Furi Ensou mode.

Menyinggung masalah karakter sebelum pemilihan lagu, terdapat 21 karakter (6 karakter sudah terbuka sejak awal) yang bisa didapatkan dengan mencapai berbagai jenis milestone dan dipastikan tidak membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan semua karakter ini. Setiap karakter juga memiliki kelebihan uniknya masing-masing seperti Master Bachio yang tidak akan membedakan Don dan Ka sehingga permainan dengan Furi Furi Ensou mode akan jauh terasa lebih mudah. Selain itu terdapat kelebihan lain seperti Soul Gauge (yang menentukan apakah lagu yang dimainkan berhasil dilewati atau tidak) tidak akan turun sama sekali dengan konsekuensi timing yang dipersulit.

Jika kalian sudah bosan dengan Taiko Mode, terdapat juga Party Game yang menyediakan berbagai jenis mini games dengan total pemain 4 orang, mini games yang ditawarkan tentu saja berhubungan dengan timing seperti game Flag Raising dimana kita harus mengikuti gerakan dari sang instruktur dengan ritme yang sama atau Hopskotch yang mengharuskan kita mengikuti ritme dalam permainan melompat. Terdapat 20 mini-games yang ditawarkan dan sudah terbagi menjadi 3 segmen yaitu Versus, Team Versus dan Co-Op. Setiap mini-games juga mempunyai versi Expertnya jika kita berhasil mencapai target untuk tingkat kesulitan normalnya. Mini games pada mode ini secara tidak langsung akan membantu meningkatkan seberapa akurasi kalian bermain Taiko mode.

Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version!
Senjata utama dalam memainkan game Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version!

Kesimpulannya Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version! akan memberikan kalian pengalaman yang sama saat bermain game Taiko no Tatsujin dalam bentuk yang sangat portabel ! Didukung dengan 74 lagu, variasi karakter dengan kelebihan yang dapat membantu kalian mencapai high score, mini games yang seru dan masih berhubungan dengan timing saat permainan hingga berbagai jenis control untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda setiap kali kita memainkan game ini. Sayangnya sedikit minus point tetap harus diberikan terkait performance game ini jika dimainkan dalam docked mode. Jika kalian memainkan lagu dengan bpm yang tinggi serta notes yang membanjiri layar kalian, kemungkinan besar kalian akan merasakan ghosting dan tidak bisa fokus dalam memainkan lagu yang sedang kalian mainkan. Tentu saja kendala ini hanya terjadi jika gue memainkan lagu dengan dua kriteria diatas, tingkat kesulitan yang tinggi ditambah dengan bpm yang cepat. Selain itu pilihan lagu yang terhitung sedikit mungkin akan menjadi minus point untuk sejumlah pemain, kemungkinan besar kita juga akan mendapatkan tambahan lagu dalam bentuk DLC kedepannya.

Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version!

But, overall game ini merupakan salah satu game yang harus kalian masukkan kedalam wishlist jika kalian merupakan pecinta lagu Jepang, pemain mesin arcade serta (tentu saja) pecinta game Taiko ! (Notes : mainkan game ini dengan headphone atau berdiri for better experience 😉 )

Rating : 9/10

Special shoutout untuk Bandai Namco SEA yang sudah mengirimkan physical copy dari game Taiko no Tatsujin: Nintendo Switch Version!