Jeremy “Disguised Toast” Wang merupakan salah satu streamer twitch yang populer dan terkenal sebagai pemain Hearthstone. Disguised Toast yang dulunya tampil tanpa menampilkan muka aslinya baru-baru ini mengupload sebuah video yang membahas secara detail pendapatan streamer Twitch dari perspektifnya pada kanal Youtubenya.

Dalam video tersebut dia membagikan pendapatan dari Streamer Twitch menjadi 4 bagian yang berbeda yaitu Donasi, Iklan, Berlangganan dan Sponsor. 

  • Donasi adalah uang yang didapatkan secara fluktuatif dimana kadang-kadang penonton menyumbangkan uang melalui kartu kredit atau akun paypal untuk mendukung sang streamer.
  • Iklan pada Twitch memiliki sistem yang agak berbeda jika dibandingkan dengan Youtube, disini streamer memiliki opsi untuk menekan “ad button” untuk menambahkan kuantitas ads pada stream mereka. Disguised Toast sendiri mendapatkan sekitar $4,000 USD tanpa menekan “ad button” sama sekali.
  • Berlangganan di Twitch juga memiliki sistem yang berbeda dimana kalian harus membayar sekitar $ 5 USD dimana 50% dari pembayaran tersebut akan diterima oleh Twitch, terdapat juga pengecualian dimana untuk streamer populer hanya memberikan 30% untuk Twitch. Disini Disguised Toast memberikan contoh bahwa Ninja yang merupakan streamer paling populer mendapatkan $ 423,500 USD (Sekitar 6,4 Miliar Rupiah :D) dan ini jika hitungan tersebut untuk subscriber biasa bukan subscriber spesial.
  • Sponsor, hal ini lumayan menarik dimana terdapat bayaran antara $0.01 – $1 per viewer dalam hitungan 1 jam. Yang berarti jika kalian mendapatkan rata-rata 10,000 penonton dalam 1 jam, dalam 1 jam juga kalian dengan mudah mendapatkan $ 1,000 – $ 10,000 USD. Tentu saja Sponsor disini juga berhubungan dengan sponsor brand dan dibayar untuk melakukan stream game tertentu.
Pendapatan Streamer Twitch
Logo dari Diguised Toast

Menutup videonya Disguised Toast menyatakan setidaknya dia menerima $20,000 USD sebagai pendapatan Streamer Twitch perbulannya. Sayangnya Twitch sendiri tidak cukup populer di Indonesia sehingga beberapa orang masih memilih untuk menjadi streamer di Youtube maupun platform lain seperti Cube TV, Nimo dan Game.ly.