Nvidia secara diam-diam mengupdate page dari GTX 1060 di websitenya. Nvidia menambahkan “X” pada spesifikasi memory yang digunakan pada GPU tersebut seperti yang bisa kalian lihat pada gambar dibawah. Dengan adanya varian tersebut, tentu saja versi ini akan mendapatkan peningkatan memory bandwidth dan penambahan performa secara keseluruhan.

gtx 1060
Spesifikasi memori gtx 1060 6GB dengan GDDR5X

Selain itu GTX 1060 6GB GDDR5X ini menggunakan arsitektur GP104 yang sepertinya merupakan versi cutdown dari seri GTX 1070 keatas, karena versi sebelumnya menggunakan GP106. Namun dari website resminya, Nvidia tidak memberikan informasi secara spesifik terkait base clock dan memory clock diĀ  versi baru dari GPU Mid-End ini. Seharusnya dengan peningkatan spesifikasi ini, sepertinya harga dari varian ini juga akan lebih tinggi dari versi yang sebelumnya.

Sepertinya ini adalah jawaban dari Nvidia terkait kabar AMD yang kini sedang mempersiapkan RX 590 yang akan kita lihat mendatang. Sebelumnya, telah muncur beberapa rumor dan benchmark dari RX 590 ini. Yang dimana dari benchmark tersebut, performa dari GPU ini akan lebih tinggi daripada GTX 1060.