Router sekarang sudah menjadi hal yang lumrah dan menjadi salah satu “tech gadget” yang wajib dimiliki di semua rumah tangga. Asus melebarkan sayapnya untuk ke wilayah IoT dengan mengeluarkan produk terbaiknya dalam router terbaiknya, yang sudah dari tahun lalu diumumkan, dan dalam waktu dekat akan segera kita bisa beli, yaitu RT-AX88U. Router terbaru milik Asus ini membawa teknologi dan kualitas yang kita biasa kenal untuk produk-produk high-end milik Asus, selalu berusaha untuk menggunakan “bleeding edge technology”, dan semuanya disediakan di Router ini.

tampak depan rt-ax88u
Design yang sleek, minimalis dan futuristik, cocok ditempatkan dimanapun.

RT-AX88U ini bisa dikatakan sebagai “next-gen” wi-fi. Bagi orang awam, mungkin yang sangat-sangat menggiurkan adalah potential speed wifi dari 802.11ax band milik router ini, yang mencapai 6,000 Mbps.  Masih banyak pengguna router yang terjebak di speed sekitar 150 Mbps saat ini, dimana routernya hanya digunakan sebatas untuk akses internet. Terbukanya kecepatan mencapai 6,000 Mbps ini tentunya merubah banyak hal, dimana pekerjaan atau men-transfer data bisa dilakukan dengan cepat sekali, file belasan bahkan puluhan gigabytes tidak lagi harus menggunakan ethernet cable antar device.

Untuk menjamin kecepatan ini stabil, Wi-Fi band yang digunakan oleh RT-AX88U ini adalah 802.11ax, untuk mendapatkan kecepatan yang stabil dan efisien. Ditambah lagi dengan setupnya yang menggunakan 4 antena dan ada 8 LAN ports, tentunya membuka opsi yang jauh lebih banyak kepada kalian. Terutama untuk rumah yang besar dan kalian ingin seluruh rumah di cover, maka 8 LAN ports ini sangat-sangat cocok untuk diintegrasikan ke AI Mesh milik Asus, bahkan kalian masih punya slot lebih untuk menggunakan NAS milik Asus juga.

8 lan port pada rt-ax88u
Banyak sekali opsi yang terbuka dengan memiliki 8 Lan Port, untuk suatu produk consumer class.

Diluar keperluan stabilitas dan kepentingan kecepatan transfer data, Asus juga meyakinkan mereka akan rajin untuk update firmwarenya dengan mengikuti kebutuhan sekuritas. Gua sempat menanyakan hal ini ke Asus saat launch eventnya di Malaysia. Mereka juga menggunakan AiProtection Pro milik Trend Micro, untuk menjamin keamanan semua device kalian yang konek melalui Router ini. Security adalah hal yang sangat-sangat penting terutama di era sekarang, dimana banyak sekali transaksi banking yang dilakukan melalui internet. Hal seperti ini yang membuat Asus terlihat lebih peduli dengan memperhatikan aspek keamanan, dimana konsumen kadang tidak memahami.