Hari ini AMD meluncurkan Radeon Software Adrenalin 2019 Edition dan kami mendapatkan kesempatan untuk menghadiri undangan dari AMD ke Bangkok untuk melihat lebih dekat tentang update-update dari Radeon Software Adrenalin Software edisi tahun 2019 ini. Update kali ini masih soal penambahan fitur-fitur yang ada pada driver untuk GPU AMD tersebut. Namun di acara kemarin AMD dengan bangga menunjukkan kepada kami bahwa ada peningkatan performa sekitar 15% di beberapa judul game dari driver versi lama ke Radeon Software Adrenalin Software 2019 ini.

Peningkatan performa di beberapa judul game dari driver versi lama ke Adrenalin Software 2019 Edition

Pada acara ini, AMD memperlihatkan kepada kami semua terkait penambahan fitur-fitur yang ada di Radeon Software Adrenalin 2019. Selain itu, AMD juga mengatakan bahwa update-update ini mereka buat berdasarkan feedback dari pengguna Adrenalin software secara langsung. Ada 5 update yang ada pada software ini, yaitu Game AdvisorWattManAMD Link, Radeon ReLive, dan Display Technologies. Selain itu perlu diketahui, bahwa seluruh fitur ini dapat kita akses melalui overlay. Sehingga ketika kita bermain game, kita tidak perlu alt+tab atau keluar dari game yang sedang kita jalankan.

1. Game Advisor

Game Advisor

Game Advisor adalah sebuah fitur yang dimana kita bisa menjalankan sebuah benchmark secara real-time di game yang sedang kita mainkan. Lalu dari hasil benchmark tersebut, Game Advisor ini akan memberikan kita rekomendasi setting grafis yang optimal untuk game yang sedang kita mainkan tersebut. Nvidia sebenarrnya sudah memiliki fitur semacam ini di Geforce Experience. Namun yang berbeda adalah, Game Advisor ini mengambil data frametime by percentile ketika kita sedang bermain, sehingga setting grafis yang kita dapatkan bisa lebih akurat. Sebagai perbandingan, Geforce Experience tidak menganalisa performa dari keseluruhan sistem sehingga cukup akurat.

Game Advisor

Selain itu, Game Advisor ini juga memberikan kita rekomendasi hardware yang dibutuhkan untuk memainkan game yang ingin kita mainkan, terutama jika PC yang kita gunakan belum mencapai requirement yang dibutuhkan. Yang menariknya lagi, kita juga akan diberitahu jika ada settings dari sistem yang belum kita nyalakan. Sebagai contoh, jika kita memiliki monitor dengan fitur Freesync dan HDR, maka Game Advisor menyarankan kita untuk menyalakan fitur tersebut. Perlu diingat juga bahwa kita bisa mengakses Game Advisor ini melalui overlay, sehingga kita tidak perlu keluar dari game yang sedang kita mainkan.

2. WattMan

WattMan

WattMan ini sebelumnya sudah diperkenalkan pada Adrenalin Software tahun lalu, namun di tahun lalu fitur dari WattMan ini hanya sebatas monitoring sistem yang kita gunakan saja. Namun kali ini AMD menambahkan fitur yang saya rasa sangat menguntungkan bagi para antusias. Di Adrenalin Software 2019 ini kita bisa melakukan tuning secara langsung GPU Freqency, GPU Voltage, GPU Fan, Memory Frequency, Memory Timing, membuat profile dari tuning yang kita buat, hingga melakukan Auto Overclocking dari GPU dan juga Memory. Yang menariknya lagi, kita bisa langsung melakukan tuning tersebut ketika kita bermain game dengan hanya mengakses WattMan lewat overlay.

Dari segi monitoring pun AMD juga kali ini menambahkan fitur agar kita bisa mengganti visual dari performance metrics yang ditampilkan mulai dari warna, transparansi, posisi dan ukuran.

3. AMD Link

Tuning sistem via AMD Link

Bagi yang belum tahu, AMD Link ini adalah sebuah software yang ada di smartphone yang pada versi tahun lalu kita hanya diberi fitur untuk memonitoring sistem saja. Tapi kali ini AMD memberikan cukup banyak fitur yang lebih berguna lagi dibandingkan hanya sekedar hardware monitor. Kali ini AMD Link bisa kita gunakan melalui voice control, dengan command seperti start/stop streaming, mengambil screenshot, menujukkan kondisi sistem kita dan lain-lain. Hebatnya lagi, pada AMD Link kita diberikan fitur WattMan sehingga kita bisa melakukan tuning GPU dan memory lewat aplikasi yang ada di smartphone kita.

Voice control AMD Link

Jika kita menggunakan Radeon ReLive untuk streaming ataupun merekam gameplay, kita bisa melihat file yang sudah kita save dan bisa kita simpan langsung di smartphone kita. Kita juga dipermudah karena kita bisa melakukan crop pada footage game yang sudah kita mainkan agar kita bisa membuat semacam teaser untuk kita share di social media.

Memainkan game PC melalui smartphone lewat Game Streaming

Lalu update terakhir dari AMD Link ini cukup mengagetkan saya karena kali ini di AMD Link kita bisa melakukan streaming game pc dan bisa kita mainkan di smartphone. Secara konsep mirip-mirip dengan SteamLink, namun AMD Link bisa dibiilang lebih mudah digunakan karena aplikasi ini sudah memiliki controller pada touchpad, jadi kita tidak perlu menggunakan kontroler tambahan lagi. Tetapi aplikasi ini tetap mengizinkan kita menggunakan kontroler bluetooth agar lebih mudah. Dengan fitur ini, kita sebagai PC gamer bisa dengan santai memainkan game kita di ruangan apapun dengan menggunakan smartphone tanpa harus duduk diam di depan meja.

4. Radeon ReLive

Scene Editor Radeon ReLive

Fitur ini ditargetkan untuk content creator terutama yang membuat konten-konten gaming. Radeon ReLive di tahun ini klta tidak hanya bisa merekam dan melakukan streaming di berbagai platform, tapi kali ini AMD memberikan kita fitur instant replay untuk 5-30 detik agar kita bisa merekam momen-momen penting yang terkadang sulit kita abadikan secara spontan. Disini kita juga diberikan screen editor, sehingga tampilan saat livestreaming sendiri bisa kita rubah secara langsung. Kita juga bisa membuat GIF dari hasil rekaman kita menggunakan Radeon ReLive.

Kita juga bisa melakukan streaming untuk game-game VR yang ada di Steam dengan menggunakan fitur ini yang support hingga resolusi 1440x1440p. Sudah ada beberapa device yang support dengan Radeon ReLive seperti Samsung Gear VR, Google Daydream, HTC Vive Focus dan Oculus Go.

5. Display Technology

Freesync 2 HDR

AMD juga menyematkan beberapa fitur terbaru dari teknologi display mereka seperti support monitor ultra wide dengan aspect ratio 21:9 dan Freesync 2 HDR. Tidak lupa juga kalau kita bisa mengganti color settings di game yang spesifik lewat overlay, tanpa harus menggantinya secara manual lewat monitor yang kita gunakan.

Kesimpulan dari saya, Radeon Software Adrenalin 2019 ini bisa dibilang adalah update yang mencakup semua kebutuhan pengguna mulai dari awam, antusias serta content creator. Update yang diberikan pun sangat mempermudah kita sebagai gamers terutama yang ada pada fitur Game Advisor, sehingga kita tidak perlu repot untuk melakukan setting grafis secara manual, ditambah lagi beberapa game mengharuskan kita untuk melakukan restart pada game ketika kita ingin mengganti settingan tersebut. Game Streaming juga adalah fitur yang cukup mengagetkan bagi saya

Itu tadi adalah update dari kami tentang Radeon Software Adrenalin 2019 Edition. Sekaligus saya ingin berterima kasih kepada AMD Indonesia karena telah mengundang saya sebagai perwakilan dari Indonesia dan tim The Lazy Media untuk menghadiri acara briefing Radeon Software Adrenalin 2019. Jika kalian ingin melihat perjalanan saya ketika menghadiri acara ini di Bangkok, kalian bisa subscribe ke channel YouTube CrankyTechID.