Smartphone lipat di tahun 2019 sepertinya akan menjadi trend berikutnya setelah teknologi kamera punch hole. Setelah perilisan Samsung Galaxy Fold pada tanggal 20 Februari 2019 di Los Angeles, salah satu merek dari China yaitu Huawei akan merilis smartphone foldable mereka yang diberikan nama Huawei Mate X.

Hal ini semakin diperjelas dengan munculnya sebuah papan reklame yang menunjukkan wujud dari smartphone foldable tersebut. Dilihat dari nama yang digunakan yaitu Mate sudah pasti smartphone foldable ini akan memakai jeroan versi terbaik dari Huawei apalagi kalau bukan Kirin 980. Sementara untuk konektivitas pastinya Huawei menggunakan Balong 5000 sebagai modem konektivitas untuk jaringan 5G.

Huawei Mate X

Beberapa hal yang menarik dari smartphone ini adalah design yang diusung Huawei Mate X tersebut. Kalau pada Galaxy Fold flexible display yang digunakan ada pasa sisi dalam smartphone maka pada Huawei Mate X menaruh fleksibel display pada bagian luar smartphone. Selain itu juga jumlah display yang digunakan juga berbeda, jika pada Samsung Galaxy Fold menggunakan dua buah display pada bagian sisi dalam dan luar smartphone maka pada Huawei Mate X menggunakan satu buah display fleksibel.

Menggunakan fleksibel display pada sisi luar tentunya membuat smartphone ini terlihat cukup futuristic tapi tentu saja terliha riskan dari kerusakan. Karena pada sisi luar mempunyai resiko rusak dari terbentur dengan benda lain yang lebih besar dan tentu saja kita semua tahu kalau harga sebuah display pada smartphone hampir 50% dari harga smartphonenya sendiri. Huawei Mate X akan diluncurkan pada ajang Mobile World Congress 2019 yang berlangsung mulai 25 Februari – 28 Februari 2019.