Setelah 21 Film dalam 11 tahun terakhir, akhirnya Avengers: Endgame hadir dan bukan menjadi sebagai penutup melainkan sebagai film yang merangkum dan menyelesaikan babak ketiga dari MCU, karena memang penutup babak ketiga MCU ada pada Spider-man: Far From Home yang akan rilis pada bulan Juli 2019 nanti. Kembali ke reviewnya, tenang review gue bakal Spoiler Free kok, jadi jangan pada tegang yah.

Menurut gue Avengers: Endgame adalah sebuah film yang menjadi konklusi terbaik untuk menutup 11 tahun perjalanan para Avengers, dari awal film ini mulai suasana yang dibangun juga sudah sangat menarik dan memberikan kesan depressed para hero saat kehilangan orang-orang terkasihnya akibat jentikan jari Thanos di Infinity War lalu. Kini pada film Endgame semua kesedihan dan depresinya semakin menguat dari pertama kali film ini muncul, tapi walaupun depresinya kuat terasa pada awal film ini, rasa semangat yang dihadirkan juga terasa kuat dengan berkumpulnya kembali para avengers seperti yang terlihat di beberapa trailer kemarin. Dua hal ini menjadikan Avengers Endgame menjadi sebuah film yang sangat emosional buat gue pribadi. Kalau Infinity War penuh dengan aksi, berbeda dengan Avengers Endgame yang penuh dengan pengorbanan, kesedihan, kehilangan, persahabatan, dan juga cinta.

Para karakter di film ini juga punya development yang menarik dan berbeda dibanding sebelum-sebelumnya, maka dari itu setiap karakter seperti menghadirkan persona barunya yang membuat kita seperti baru pertama kali melihat mereka. Tidak berhenti pada satu karakterisasi, setiap karakter pada film ini akan terus berkembang sejalannya film ini berlangsung selama 3 jam penuh. Bisa dibilang film ini layaknya roller coaster dimana fasenya cukup mengaduk-ngaduk hati kalian para fans garis keras, kalian akan merasa sedih, bahagia, sedih, sedih, ketawa, lalu sedih lagi, semuanya dirangkum dalam sebuah tempo yang cukup tepat walaupun pada babak pertengahan film ini cukup membuat sedikit gue merasa dragging, tapi rasa itu singkat saja terasa karena memang banyak surprise juga yang dihadirkan pada setiap babak pada film ini.

Beberapa karakter yang terasa minor di beberapa film Avengers sebelumnyapun kini terasa sekali peran pentingnya, kita seakan-akan dibuat sadar oleh Avengers Endgame, “oh ternyata ini peran dan tujuan karakter ini dikembangkan dan dibuat”, semuanya mengalir secara beriringan dan membuat para karakter yang selamat pasca jentikan Thanos ini mempunyai misi yang penting dan memang sudah ditakdirkan seperti yang dilihat oleh Dr.Strange sebelumnya.

Endgame menurut gue juga menjadi sebuah film retrospective juga buat gue pribadi, karena bisa dibilang banyak hal-hal yang akan mengingatkan kalian pada film-film sebelumnya sekaligus menjadi sebuah pengisi plot-plot yang bolong pada film-film sebelumnya. Maka dari itu gue sebut Avengers Endgame adalah sebuah film yang merangkum kesuluruhan film selama 11 tahun ini. Pastinya film ini juga memberikan akhir yang cukup menjawab segala hal dan bisa meninggalkan kita dengan tenang dan tidak menggantungkan kita layaknya infinity war kemarin, dan pastinya Endgame adalah sebuah awal dari sebuah perjalanan baru MCU yang akan semakin menarik kedepannya.

Terakhir sebagai penutup dari review ini dari gue adalah, becandaan dan humor pada Endgame ini sih menurut gue porsinya cukup baik sih, dan diletakan pada tahap yang tepat dan ga terkesan maksa, layaknya teknik stand up comedy pun ada callback dan punchline juga pada setiap humor dan komedi yang dibawa pada film kali ini. Salute Marvel.