AMD memberikan fitur baru untuk peluncuran Navi series RX 5700 dan RX 5700XT dengan FidelityFX dan Radeon Image Sharpening. Tujuan utama dari keduanya adalah untuk upscaling dan post-processing yang akan bersaing dengan DLSS miliknya NVIDIA. Fitur yang pertama adalah Radeon Image Sharpening, yaitu solusi sharpening yang meningkatkan image quality saat upscaling tanpa memberikan dampak performa yang signifikan. Sistem Radeon Image Sharpening ini sangat-sangat berguna terutama semakin banyak tipe monitor yang menawarkan resolusi 4K, dimana pengguna diuntungkan untuk mendapatkan workspace lebih besar, tapi sangat berat untuk gaming. Kehadiran proses upscaling yang seperti ini sangat-sangat menarik, karena bisa meningkatkan detail lebih besar banyak dan tidak kabur atau blurry gambar yang dihasilkan. AMD berhasil menciptakan teknologi yang membuat tekstur 1080p tampil seperti tekstur 1440p melalui image sharpening milik mereka.

Di acara E3, AMD juga memberikan tampilan yang berjalan bersebelahan dengan NVIDIA DLSS dalam game Battlefield 5. Dimana NVIDIA menggunakan DLSS dan AMD menggunakan Radeon Image Sharpening.

radeon image sharpening
DLSS vs Radeon Image Sharpening

Pukulan performa yang dialami NVIDIA untuk menjalankan DLSS cukup besar dibandingkan dengan AMD yang masih cukup konsisten menjaga FPS di sekitar 89an, namun di DLSS sekitar 42 FPS. Keunikan lain dari sistem yang digunakan oleh AMD adalah selain membuat detail menjadi lebih tajam atau crispy, seluruh gambar yang direproduksi tidak mengganggu anti-aliasing yang kadang bisa terlihat buram terutama pada tanaman, daunan, maupun pagar-pagar.

Perbedaan yang lebih besar dari DLSS, adalah karena Radeon Image Sharpening, tidak harus bergantung dengan implementasi developer gamenya, tidak perlu menggunakan DXR didalam gamenya. Fitur ini bisa digunakan di game apapun dan tidak diwajibkan ke developer untuk mengimplementasikannya, berbeda dengan DLSS yang disatukan melalui DXR atau fitur Ray Tracingnya. Namun, keterbatasannya adalah ini bisa diimplementasikan saat ini hanya untuk game-game DX12.

FidelityFX
FidelityFX pada Borderlands 3

Fitur yang lebih komplit dan menghasilkan gambar yang lebih baik lagi adalah melalui FidelityFX, ini adalah suatu open-source developer toolkit yang bisa diimplementasikan ke game-game. Masih sesuai dengan filosofi AMD dengan keterbukaannya. Fitur yang paling penting dan signifikan disini adalah Contrast Adaptive Sharpening (CAS), yang masih kurang lebih sama dengan teknologi Radeon Image Sharpening. Perbedaan dari Radeon Image Sharpening adalah FidelityFX ini memerlukan implementasi dari setiap gamenya, jadi fitur ini mirip seperti DLSS dimana untuk implementasinya, memerlukan peran developer. Perbedaannya, ini semua adalah open-source dan gratis untuk digunakan oleh para developer melalui GPUopen.com milik AMD, bahkan AMD mengatakan teknologi ini pun akan mampu digunakan di VGA-VGA milik NVIDIA. Tentunya jika dibandingkan antara Radeon Image Sharpening dengan FidelityFX, sistem customization akan lebih kaya di FidelityFX karena sistem yang digunakan di Radeon Image Sharpening adalah hanya dua mode yaitu nyala atau mati, sedangkan di FidelityFX, para developer bisa memberikan level ketajaman dan sejauh mana kalian mau customize penampilan dari game kalian.