Mungkin barang ini sudah cukup lama di kita, namun kita ingin men-share pengalaman kita selama menggunakan SSD External dari Transcend satu ini yaitu Transcend ESD350C. SSD ini tersedia dalam 3 varian 240 GB, 480 GB, & 960GB, dan yang kita pegang ini adalah ukuran 960 GB.

Dari hasil penggunaan kita kurang lebih 2-3 Bulan barulah terasa seberapa besar waktu yang kita hemat dalam meng-oper data dari editor 1 ke editor 2. Karena seperti kalian tahu kita menggunakan format shooting dengan resolusi 4K 8 Bit, dan biasa durasi shooting kita ada dikisaran 8-10 menit menghasilkan file sebesar 15-20 GB dan saat kita menggunakan HDD External yang kebetulan ber merk Transcend juga kita membutuhkan waktu transfer yang cukup lama.

Saat kita pindah menggunakan SSD External ini barulah terasa kecepatan yang sangat tinggi dan dapat menghemat waktu kita dari pada nungguin transfer file yang lama, lebih baik waktu tersebut kita gunakan untuk hal produktif lainnya.

SSD External

Apalagi disaat sedang hectic kita tentu sangat diburu waktu seperti saat liputan di event khususnya. Pastinya kita tidak bisa mengandalkan hardisk internal dari laptop yang sudah penuh, tentu kita membutuhkan penyimpanan tambahan.

Untuk detail data dan penjabaran kecepatan antara HDD Ekternal dan SSD satu ini sudah kita buatkan videonya.

Tentu kita bertanya dengan harga Rp 2.5 Jtan, apakah worth it? Tentu gw akan menjawab tergantung penggunaan. Jika kalian adalah orang yang sering sekali mobile dan banyak melakukan pertukaran data dalam jumlah besar, maka ini adalah solusinya untuk masalah kalian maupun menjadi jawaban untuk kebutuhan kalian.

Jika kalian menggunakannya untuk penyimpanan eksternal untuk konsol PS4 kalian, hal ini juga merupakan hal yang tepat sekali, namun kalian lebih sering bekerja ditempat yang sama dan tidak memindahkan data hingga ratusan gigabyte, maka ini adalah barang yang kurang fungsional untuk kalian.