James Mangold sutradara dari Ford v Ferrari yang namanya sudah tidak asing lagi jika kita kaitkan dengan film yang berbasiskan cerita sesungguhnya. Ia mengatakan sesuatu yang menarik dalam wawancaranya ketika sedang melakukan World Premiere di TIFF kemarin, bahwa film yang berbasiskan cerita sebenarnya tidak boleh berlebihan dalam melakukan riset nya.

Memang riset ini baik untuk pendalaman cerita seperti di Ford v Ferrari ini namun jika terlalu dalam maka secara langsung akan mempengaruhi ceritanya karena menurutnya aktor tidaklah sedang memerankan karakter aslinya, namun hanya karakter yang ‘sesuai’ dengan bagaimana ceritanya ditulis.

Ford v Ferrari

Karena ketika aktor sudah mulai memerankan, melakukan dan mengatakan apa yang orang asli ini katakan dan lakukan maka secara tidak langsung ia akan terlalu mengenal orang tersebut walaupun awalnya ia tidak mengetahui apapun tentang orang ini.

James sendiri mengatakan ketika sedang dalam pembuatan film Walk the Line, Joaquin Phoenix selalu memintanya untuk mengatakan satu hal “Kau bukanlah Johnny Cash.’ dan itu menjadi suatu hal yang membuatnya dapat membatasi persona orang asli tersebut dengan yang ingin ditampilkan di film.