Pengumuman PlayStation 5 diawal tahun membuatnya menjadi topik perbincangan yang hangat diinternet terutama untuk para penggemarnya. Beragam spekulasi muncul akan spesifikasi, fitur, bentuk, hingga kontrolernya. Belakangan ini Sony telah mematenkan suatu blueprint kontroler yang digadang-gadang merupakan Dualshock 5.

Dualshock 5 Blueprint
Dualshock 5 Blueprint

Diikuti dari berita blueprint tersebut, banyak orang berspekulasi akan fitur apa saja yang akan hadir pada Dualshock 5. Banyak fans yang tidak segan-segan membuat blueprint mereka sendiri hingga video animasi yang menjelaskan fitur-fitur yang mungkin saja akan diaplikasikan.

Diantara banyak dugaan fitur-fitur yang diharapkan oleh para fans, terdapat beberapa fitur yang sangat mungkin untuk bisa diaplikasikan dengan baik kepada Dualshock 5 nanti. Tidak hanya meningkatkan performa dalam bermain, namun juga memberikan kenyaman dalam pengunaannya.

Fitur-fitur yang banyak diharapkan oleh para fans sendiri diantaranya adalah :

  1. USB-C Cable
    USB-C sendiri memberikan konektivitas yang lebih tinggi kepada kontroler serta meminimalisir latency yang mungkin saja muncul.
  2. Detachable Analog
    Melihat fitur dari kontroler 3rd party, tentu saja para fans menginginkan fitur ini terdapat pada Dualshock 5. Dengan fleksibilatas ini membuat tiap penggunanya dapat menyesuaikan cara bermainnya.
  3. Audio Panel 2.0
    Banyak user yang merasa bahwa audio panel pada Dualshock 4 kekurangan fitur dan butuh perubahan untuk setidaknya menonjol di DualShock 5 nanti karena pengalaman audio merupakan salah satu yang terpenting.
  4. Additional Triggers
    Trigger tambahan dalam meningkatkan performa, hal ini sangat disadari oleh para pengguna kontroler terutama Dualshock, trigger tambahan ini dapat berfungsi sebagai tombol makro yang dimana mempermudah dalam beberapa game.
  5. Extended Battery Life
    Hal yang sangat penting pada sebuah wireless device adalah waktu penggunaan yang lebih lama karena Dualshock 4 sekarang terbilang boros dalam penggunaannya yang hanya dapat bertahan untuk beberapa jam saja.

Setidaknya itulah beberapa fitur yang sangat mungkin untuk diaplikasikan kepada Dualshock 5 nanti. Kesuksesan Playstation 5 itu sendiri juga akan ditentukan melalui kontrolernya yaitu Dualshock 5.