Temperatur yang panas adalah musuh utama bagi setiap komponen hardware. Kebanyakan pengguna langsung menjudge bahwa temperatur yang panas ini disebabkan oleh komponen tersebut. Padahal kenyataannya ada banyak faktor lain yang menyebabkan temperature yang ada di dalam casing/pc meningkat. Berikut ini kami akan memberikan 5 tips untuk menghindari panas pada komputer.

5 Tips Untuk Menghindari Panas Pada Komputer

5 Tips Untuk Menghindari Panas Pada Komputer
5 Tips Untuk Menghindari Panas Pada Komputer
  • Gunakan Casing Dengan Airflow Yang Baik

    Airflow
    Airflow

Casing merupakan salah satu komponen yang sering diabaikan oleh banyak pengguna. Namun sebenarnya casing memberikan peranan yang penting untuk masalah temperatur. Untuk mengindikasi casing yang memiliki temperatur baik adalah dengan melihat posisi lubang udara untuk masuk dan keluar dari dalam casing. Terkadang beberapa casing yang harganya terjangkau, memiliki lubang udara yang sempit, menggunakan dust filter dengan kualitas buruk, dan memiliki posisi lubang udara yang tidak presisi terhadap posisi dari fan casing sehingga udara yang masuk jadi terhambat dan temperatur menjadi panas.

  • Jangan Gunakan Fan Casing Abal-Abal.

    Corsair SP
    Corsair SP

Fan Casing juga merupakan salah satu aspek penting untuk menunjang airflow yang baik pada komputer. Part yang satu ini juga sering di abaikan oleh para pengguna, dan tidak sedikit dari mereka yang bahkan tidak menggunakan fan casing atau menggunakan fan casing murah hanya untuk menghemat budget. Untuk mengindikasikan bahwa fan tersebut memiliki performa yang baik adalah melihat nilai airflow yang biasanya ditulis dalam satuan CFM dan punya nilai yang tinggi. Namun bagi pengguna water cooling lebih disarankan untuk mencari fan dengan nilai static pressure yang tinggi, karena radiator lebih membutuhkan tekanan yang banyak dibandingkan udara yang lewat.

  • Cek Temperatur Ruangan.

    Cek Suhu Ruangan
    Cek Suhu Ruangan

Temperatur ruangan juga mencerminkan temperature yang dihasilkan oleh komputer itu sendiri, semakin panas temperature ruangan kita, maka temperatur yang ada di dalam komputer kita juga akan mengikuti temperature ruangan kita. Jika ingin komputer berada dalam temperatur yang rendah maka disarankan agar komputer berada pada ruangan yang ber-AC atau ruangan yang cukup sejuk.

  • Ganti CPU Cooler.

Ganti CPU Cooler
Ganti CPU Cooler

Mengganti CPU Cooler juga dapat menurunkan temperatur yang ada di CPU, karena pada umumnya CPU Cooler aftermarket biasanya menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan stock cooler biasa. Selain itu dengan menggunakan cooler aftermarket juga dalam overclocking dapat memberikan temperatur yang baik.

  • Bersihkan Komputermu.

Bersihkan Komputermu
Bersihkan Komputermu

Hal yang terakhir adalah jangan malas untuk membersihkan komputer. Semakin lama kita menggunakan komputer, maka semakin banyak juga debu yang masuk pada komputer kita, sehingga menghambat udara yang masuk ke dalam casing. Maka dari itu kita harus rajin membersihkan komputer dari debu-debu menempel dan menyebabkan panas.