Monster Hunter : World, salah satu game yang paling gua tunggu-tunggu, dan gua yakin banyak dari kalian yang menunggunya juga, ya kan ? Gak mungkin gua doang sendiri yang menaruh banyak harapan di game ini semenjak gua main ini game di iterasi pertamanya di console PS2.

Tapi berita terbaru dari Ryozo Tsujimoto (Produser Monster Hunter: World), ia menyatakan bahwa harus men-delay gamenya untuk release di PC. Ia juga menekankan semoga para PC gamer bisa memahami alasan ini. Alasannya, karena ia ingin pengguna PC bisa mendapatkan experience yang sempurna. Harus kita ingat, bahwa untuk Monster Hunter, ini adalah game pertamanya yang akan ada di PC. Ia juga lebih prefer menyelesaikan versi console terlebih dahulu supaya seluruh team bisa fokus untuk di versi PC setelah tidak ada PR lagi. Diluar itu, jadwal release untuk di PS4 dan Xbox One akan sesuai target.

Untuk para PC Master Race, gua rasa kalian harusnya bisa memahami ini. Delay ini bukan tanpa alasan, tapi karena memang mereka memerlukan waktu untuk optimisasi yang jauh lebih rumit daripada di console. Mereka juga gua yakin tidak ingin mengecewakan karena dengan mengeluarkan di PC pertama kalinya, mereka harus memberikan impression yang terbaik supaya growing di pasar PC. Ingat kan kasus Nier Automata yang developernya terkesan tidak melanjutkan mengurusi urusan bug, dan yang membenarkan justru komunitas.

Ayam Vs. Burung Beo.. Siapa yang menang ?

Seharusnya sistem yang diberlakukan ini menurut gua adalah siklus development yang baik banget dan harus didukung, lebih baik diundur tapi mengeluarkan produk yang bener-bener flushed out. Daripada buru-buru direlease mengejar jadwal tapi banyak bug, ngecrash, poor performance dan sebagainya. Pendekatan yang seperti ini wajib didukung dan di support. When is it gonna release ? When it’s finished.

Kalimat yang terkesan sangat pendek dan simple, tapi sangat appreciable. So, buat kalian console gamers, rejoice karena dalam 2 minggu akan release ini game. PC gamers, bersabar lah.. We don’t want Arkham Knight 2.0, Watch Dogs 2.0, Nier 2.0 dan banyak game lainnya.