Alfred Hitchcock dianggap sebagai salah satu sutradara film terbesar dan paling berpengaruh dalam genre suspense (film tegang). Dia menyutradarai lebih dari 50 film, dimulai dengan film bisu di Inggris pada tahun 1920.

Hitchcock juga dikenal karena kelakuan anehnya, terutama obsesinya pada aktris Tippi Hedrin, yang muncul dalam The Birds and Marnie pada tahun 1960. Alfred Hitchcock memiliki pengalaman tidak menyenangkan dengan ayahnya ketika masih remaja. Ayahnya mengirimnya ke kantor polisi setempat disertai dengan sebuah catatan. Ketika polisi membaca catatan itu, mereka mengurung Hitchcock di sel selama beberapa menit.

Image result for alfred hitchcock
Alfred Hitchcock yang memiliki gestur yang amat unik

Pengalaman ini begitu membekas dan banyak mengilhami film-film Hitchcock yang sering mengandung ketidakpercayaan pada figur otoritas, baik orang tua maupun polisi. Banyak film-filmnya memiliki unsur tematik yang sama. Misal, seorang protagonis (tokoh utama) yang salah dituduh melakukan kejahatan dan harus menemukan cara untuk membebaskan dirinya sendiri.

Contoh lain, protagonis yang dituduh melakukan kejahatan untuk kemudian diketahui bahwa kejahatan tersebut dilakukan oleh orang lain. Film pertama yang mengangkat tema seperti ini adalah film bisu yang dibuat tahun 1926, The Lodger. Kritikus film banyak memuji 39 Steps, salah satu film “bicara” awal Alfred Hitchcock, sebagai masterpiece.

Pada tahun 1940, Alfred Hitchcock pindah dari tanah kelahirannya di Inggris ke California, dan mulai bermitra dengan sutradara David O. Selznik. Kemitraan ini tidak selalu berhasil karena Selznick sering kehabisan uang saat membuat film. Meskipun bermasalah, kemitraan ini membuat Hitchcock memenangkan satu-satunya Academy Award dalam film Rebecca.

Trauma Alfred Hitchcock yang membuatnya memberikan cerita mengerikan dalam filmnya
Trauma Alfred Hitchcock yang membuatnya memberikan cerita mengerikan dalam filmnya

Era 1940-an juga menjadi tahun diproduksinya film klasik Shadow of a Doubt, Spellbound, dan Notorious. Dua film yang terakhir merupakan hasil kolaborasi dengan Ingrid Bergman, Cary Grant, dan Gregory Peck. Alfred Hitchcock menyebut Doubt sebagai film favoritnya dengan akting Joseph Cotton yang benar-benar menarik.

Alfed Hitchcock dikenal sering bermitra dengan berbagai aktor yang dihormati seperti Joseph Cotton, Jimmy Stewart, Cary Grant, dan Grace Kelly. Banyak yang menganggap Psycho (1960) menjadi salah satu film Hitchcock paling menakutkan. Jadi adakah diantara Anda yang juga menyukai film dari seorang Alfred Hitchcock yang begitu menakutkan dan kerap menyebabkan mimpi buruk?