E3 atau singkatan dari Electronic Entertainment Expo adalah sebuah konferensi video game yang mengambil latar tempat di Los Angeles, Amerika Serikat. E3 sendiri berpusat kepada video games dalam hal sistem yang baru dari video game, update video game terbaru, dan beberapa accessories terbaru dari console yang ada layaknya Sony, Nitendo, dll.

Konferensi video game ini dimulai ditahun 1995 dengan perkumpulan video game developers dan executives yang lelah dengan konferensi video game pada jaman itu yang terkesan mempunyai acara yang tidak penting dan memperburuk industri video game. Jadi dengan adanya perkumpulan kecil dari beberapa developer yang cukup ternama, mereka membuat konferensi pers pertama dengan pembukaan speech Eksekutif dari Nitendo, Sega, dan Sony. Namun sekarang ada beberapa konferensi video games, tetapi E3 adalah sesuatu yang berbeda, dikarenakan E3 sendiri juga membahas industri game yang sedang berjalan untuk para media dan konfrensi press bagi outlet, developer, retail, programmers, importers/expoters dan consumer. Pembahasan dari konfrensi pers dari developers mencakup trailer atau highlight dari game yang sudah ada serta game yang akan dimunculkan meliputi isi cerita, gameplay, mode yang ada di game tersebut. Kebanyakan dari beberapa publik atau pendatang yang tidak tahu adalah adanya ruangan tersembunyi yang mempunyai sifat privasi dimana para Media saja yang dapat mengakses untuk mencoba game yang akan rilis (simple demo), serta adanya presentasi yang sangat spesifik dan lebih singkat hingga interview di ruangan yang tertutup dari media kepada developer, partner, hingga eksekutif dari game tersebut.

Seperti yang kita tahu, banyaknya fan, penggemar game, serta developer hingga media dari beberapa penjuru dunia akan datang untuk menghadiri E3, yang dimana sampai sekarang E3 adalah konfrensi pers video game terbesar di dunia. Banyaknya orang yang akan hadir, E3 sendiri mempunyai kapasitas tempat 8X dari lapangan football stadium yang kurang lebih dapat menampung sekitar 52.000 (2015). Dan pada E3 2018 ini akan berlangsung pada 9 Juni hingga 12 Juni 2018.