Setelah dirilis hampir 2 tahun akhirnya Niantic merilis fitur trading pada Pokemon Go, perilisan fitur ini juga disertai dengan sistem pertemanan baru untuk game menangkap Pokemon tersebut.

Setiap pemain akan memiliki Trainer Code masing-masing yang dapat ditambahkan oleh pemain lain dan akan digunakan nantinya untuk berinteraksi dengan pemain lain dalam berbagai hal seperti Trading, Mengirim Hadiah dan bertarung bersama.

Sistem Pertemanan baru ini akan memperkenalkan level pertemanan yang dibagi menjadi 4 yaitu Good Friend, Great Friend, Ultra Friend dan Best Friend dimana semakin tinggi level yang dicapai antara dua pemain, maka mereka juga akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti Stardust yang lebih murah saat melakukan trading, Extra Damage saat melakukan gym battle dan additional Premiere Balls.

Untuk level pertemanan ini sendiri pemain hanya bisa menambah satu level setiap harinya dan diperlukan 90 hari untuk mencapai level tertinggi yaitu Best Friend.

Selain sistem pertemanan tersebut, Niantic juga merilis fitur Trading yang lumayan aneh karena pemain harus berjarak hanya 100 meter untuk meakukan trading. Ada juga fitur tambahan yang dinamakan Special Trade untuk melakukan trading spesial seperti Legendary Pokemon, Shiny Pokemon, atau Pokemon yang belum tercatat pada Pokedex. Sayangnya fitur ini hanya bisa digunakan sehari sekali dan akan direset setiap tengah malam bukan sistem 24 jam.

Semua trading akan memerlukan Stardust, uniknya level pertemanan tinggi seperti Best Friend akan mengurangi Stardust yang harus dibayar dalam jumlah yang bisa dibilang lumayan besar, seperti contoh yang ditampilkan dimana 1,000,000 Stardust diperlukan untuk melakukan special trade, tapi dengan adanya level friendship tersebut kedua pemain hanya perlu membayar 40,000 Stardust.

Sistem yang lumayan aneh menurut saya pribadi adalah Jarak yang diharuskan, kalau untuk masalah level friendship sendiri bisa dibilang hal tersebut bisa dihitung untuk grinding dimana player diharuskan untuk bermain setiap hari, kalau menurut kalian gimana ? Jangan lupa tulis komentar dibawah ya !