Perilisan Assasin’s Creed Odyssey sebentar lagi yaitu 5 Oktober 2018, dan Ubisoft semakin gencar dalam memberikan detail dari game ini yang tidak lain untuk meyakinkan para gamers bahwa game ini jauh lebih besar dan lebih baik daripada Assasin’s Creed Origins. Game ini akan berada pada setting waktu 431BCE di Yunani Kuno, itu dia kenapa tema wilayahnya mirip dengan Origins, dan kita akan berada pada era pertempuran Peloponnesian antara Sparta dan juga Athena, yang dimana pada era ini dunia dipimpin oleh para Dewa dan terbentuk dari Mitos dan juga Mahluk Melegenda, dan tema inilah yang akan memberikan banyak perbedaan dibanding Origins.

Setidaknya ada 3 elemen yang coba disampaikan Ubisoft melalui Press Releasenya yaitu RPG Mechanics, Combat Customization, dan juga Naval & Exploration, dan mari kita bahas detail satu persatu.

  • RPG Mechanics

Assasin’s Creed Odyssey bisa dibilang memberikan elemen RPG yang lebih besar skalanya dibanding Origins, dimana pada game ini kita akan diberikan sebuah pilihan jawaban yang akan berdampak pada jalan cerita dan membentuk pengalaman unik masing-masing player dengan berbagai pilihan jawaban mereka, dan juga game ini sudah dikonfirmasi akan memiliki ending yang berbeda-beda atau biasa disebut Multiple Endings, jadi jelas semua pilihan jawaban kita akan berdampak signifikan terhadap karakter dan juga cerita dari game ini. Fitur Upgrading pun tetap hadir dan hampir sama dengan pendahulunya, hanya saja kini ada fitur upgrade untuk kapal kita.

Assasin’s Creed Odyssey

  • Combat Customization

Elemen ini diberikan agar kita lebih leluasa dalam setiap gaya bermain kita, mulai dari Range, Close Combat, atau Stealth, karena ketiganya disupport dengan sangat baik melalui persenjataan yang bervariasi, hanya saja kini kita tidak lagi melihat perisai dan ini ditujukan agar kita lebih sering bergerak dan melakukan berbagai macam parry dan evasion pada setiap pertempuran, beragam senjata dan juruspun hadir pada game ini, mulai dari kembalinya si pedang api sampai kepada serangan hujan panah yang efektif dalam membunuh kelompok musuh. Para pembunuh bayaran pun kembali hadir yang tentunya menjadi sebuah tantangan seru untuk kita tahlukan yang biasanya memiliki damage dan darah yang cukup besar.

Assasin’s Creed Odyssey

  • Naval & Exploration

Sudah jelas bahwa kali ini Naval Combat akan kembali hadir, dan maka dari itu menjadi sangat penting untuk menjelaskan apa yang berbeda Naval Combat Odyssey dan juga Black Flag, pada game ini kita akan secara leluasa melakukan upgrade kapal kita, mulai dari kekuatan kapal, persenjataan, sampai kepada berapa letnan yang bisa kita letakan di kapal kita, setiap pertempuran pun menjadi lebih massive dari sebelumnya mulai dari adanya tantangan ombak besar sampai kepada kapal-kapal yang besar. Selain Naval Combat, bawah laut pun bakal menjadi tempat untuk bereksplorasi, dimana kita bakal menemukan banyak harta karun dibawah laut dan juga melawan para hiu yang katanya cukup sulit untuk dikalahkan, tentunya ini menambah kesulitan kita dalam berpetualang di bawah laut.

Assasin’s Creed Odyssey

Bagaimanapun juga, Assasin’s Creed Odyssey mencoba menawarkan sesuatu yang baru walaupun banyak hal yang terlihat sama seperti Origins, tapi setidaknya dengan tema dan berbagai perbaikan bahkan penambahan pada seri terbaru ini, game ini sepertinya masih layak dipertimbangkan untuk kalian mainkan, apalagi para pecinta AC Series yang cukup fanatik.