Pada artikel kali ini gue bakal ngebahas sedikit POV gue setelah menonton Kamen Rider Build Episode 48, yaudah kita langsung bahas aja saja yang terjadi pada episode ini.

(SPOILER ALERT !)

Episode dimulai dengan kemunculan dari Evolt yang sekali lagi mengajak para Kamen Rider untuk melakukan final battle dengan bumi sebagai taruhannya, intinya kalian akan menonton series penuh dengan action dan perkelahian pada episode ini karena biasanya final episode akan dibuat sebagai episode resolusi ! Nah disini Ketiga Kamen Rider harus melawan Evolt dimana Sento sendiri memiliki kecepatan yang sama dengan Black Hole Evolt tapi tetap harus kalah, hal tersebut mengakibatkan Hazard Trigger yang jatuh dan digunakan oleh Ryuga, sayangnya Black Hole Evolt masih jauh lebih kuat karena setelah menerima finisher ALL SIDE  dari Sento dia mendapatkan perasaan manusia yang membuatnya sedikit lebih kuat, para Kamen Riderpun dikalahkan dan Black Hole Evolt berhasil mengambil kedua lost bottle terakhir dan kembali berubah menjadi Evolt Kaijin.

Check review episode sebelumnya juga ya !

Episode pun berpindah dimana Evolt Kaijin form menghisap bulan untuk mengupgrade bagian lengannya, disini ada satu hal yang terjawab, setiap kali Evolt Kaijin kembali ke Evolt maka kekuatan dari planet yang sudah ia dapatkan akan menghilang, lalu Evolt Kaijin memaksa para Kamen Rider kembali ke human form dan melakukan Blackhole kebumi yang menyebabkan Evolt Kaijin mendapatkan kedua senjata pada pundaknya yang sepertinya merupakan laser. Para pahlawan yang sudah depresi memaksa Misora untuk meminta bantuan dari Vernage, sayangnya hal tesrsebut berakhir sia-sia dan malah menjadikan Gentoku sebuah sasaran empuk demi melindungi dia.

Menyadari waktunya tinggal sedikit, Gentoku menggunakan semua kekuatan terakhirnya untuk menyerang satu titik “Black Hole Trigger” beberapa seranganpun diluncurkan, sayangnya Gentoku harus meninggal sebelum Evolt Trigger tersebut menghentikan pergerakan dari Evolt Kaijin, disini ada satu scene yang menurut gue keren banget, scene dimana Gentoku harus meninggal dengan siluet Kamen Rider Rogue dibelakangnya, salah satu form Kamen Rider paling keren pada seri ini ! RIP Gentoku the Beardo.

Kematian dari Gentoku dan suara dari rakyat bumi (dengan akting yang agak dipaksakan bahkan terlihat bodoh untuk beberapa orang karena masih bisa tersenyum saat kondisi bumi yang tinggal menunggu waktu untuk hancur.) akhirnya memaksa kedua Kamen Rider terakhir untuk Henshin dan harus menahan aftereffect dari Henshin yang dipaksakan, serangan dari Kamen Rider Rogue juga akhirnya berbuah manis dan momentum tersebut dimanfaatkan untuk menggunakan finisher ALL SIDE untuk mengeluarkan Black Pandora Panel dari tubuh Evolt Kaijin, menggunakan momentum yang sama Ryuga juga menggabungkan White Pandora Panel yang akhirnya menjadi salah satu kunci untuk membuka dunia baru, dunia dimana tidak ada Evolt dan Skywall dimana kekuatan Evolt yang terlalu besar digunakan untuk menyelesaikan proses penggabungan kedua bumi tersebut. Secara mengejutkan Ryuga mengorbankan diri dan membawa Evolt kedalam lubang tersebut dan siap untuk meninggal layaknya seorang pahlawan. (gue teringat scene Iron Man pada Avenger Age of Ultron disini.) dan aksi dari Ryuga tersebut menutup Kamen Rider Build Episode 48 ini.

Sebelum kita masuk ke pendapat gue tentang Kamen Rider Build Episode 48 ini, gue pengen ngebahas sedikit preview episode selanjutnya yang ditambah durasinya sebanyak 10 detik, terlihat Evolt masih hidup, apakah itu berarti kematian Ryuga sia-sia ? Terlihat juga tidak ada lagi Genius Form karena kekuatan dari Genius Form digunakan untuk memberi energi pada Pandora Box, dan akan ada Silver Dragon Gold Rabbit Form juga, tidak ada yang bisa gue prediksi dari episode terakhir ini, apakah semuanya akan kembali hidup atau hanya tersisa Sento dan Misora ?

Okay, pendapat gue untuk Kamen Rider Build Episode 48 ini gue ngerasa cukup puas dengan segala jenis pertarungan yang dihadirkan pada episode ini walaupun beberapa terasa menggangu gue seperti scene “memberi kekuatan” dari rakyat bumi yang beberapa castnya “maksa” dan scene hanya bisa tertidur di lantai tanpa melakukan apapun, tapi gue cukup terkejut dengan beberapa poin yang ga gue sangka seperti Hazard Trigger pada Kamen Rider Cross-Z Magma dan Genius Bottle yang menjadi salah satu syarat utama untuk energi Pandora Box walaupun tidak ada penjelasan pasti kenapa harus begitu, sekian pendapat gue, kita bertemu di review Episode terakhir ya !