Kamen Rider Zi-O episode 01 akhirnya ditayangkan pada tanggal 3 September 2018 kemarin, setelah menonton episode perdana tersebut, gue pengen sedikit ngebahas pendapat gue tentang Kamen Rider yang akan menjadi penutup era heisei ini.

(SPOILER ALERT !)

Pada episode pertama ini kalian akan disuguhkan langsung dengan penampakan dari Oma Zi-O yang sudah menjadi overlord pada tahun 2068 dan merupakan villain terkuat dan terjahat yang pernah ada, dari sini juga gue merasa agak aneh dengan adanya patung “henshin perdana” dari Kamen Rider Zi-O dan beberapa patung lain serta scene perang pada daerah yang agak terpencil di tengah padang pasir tersebut, apakah berarti jika kalian ingin menyerang Oma Zi-O kalian harus datang ke tempat yang penuh dengan patung Heisei Rider sebelumnya tersebut ? Selain itu untuk masalah CGI sudah harus dimaklumi karena episode-episode awal dan episode terakhir pasti ada CGI lebay.

Setelah itu kalian akan dikenalkan dengan Tokiwa Sougo yang merupakan pemeran utama dalam serial ini. (Cast yang diprotes abis-abisan karena dirasa masih terlalu muda plus badannya yang gak macho sama sekali). Tokiwa Sougo merupakan seorang anak muda berusia 18 tahun yang (anehnya) memiliki cita-cita menjadi seorang Raja. Sebuah clue dilontarkan dari awal serial dimana Sougo sendiri berulang kali menyatakan bahwa dia hanya ingin menjadi seorang raja, karena hanya seorang raja yang bisa membahagiakan semua orang.

Untuk masalah cast gue pribadi ga masalah selama cast tersebut bisa memerankan Kamen Rider Zi-O dengan baik, salah satu strategi bandai doang biar nanti 10 tahun lagi dipanggil ga tua-tua amat.

Dalam episode pertama ini Tokiwa Sougo juga dipertemukan dengan 3 orang yang kemungkinan besar akan berperan penting dalam seri ini, Myoukouin Geiz – pemeran Kamen Rider Geiz yang mencoba untuk membunuh Zi-O sebelum dia mendapatkan kekuatan menjadi Oma Zi-O, Tsukoyomi – sama halnya dengan Geiz, hanya saja heroine ini ingin membujuk dibandingkan membunuh (kemungkinan besar Tsukoyomi akan menjadi Kamen Rider juga.) dan terakhir Woz – belum jelas apakah Woz ini berada pada Good Side atau Bad Side, yang pasti Woz ini memberikan dua kemungkinan ke gue, yang pertama Woz adalah peramal dan kedua Woz hanya datang dari masa depan dan memastikan sejarah tidak diusik sedikit sama sekali. Karena dalam buku tersebut Woz seakan-akan mengarahkan Kamen Rider Zi-O untuk mendapatkan Henshin Perdananya.

Selanjutnya kita dikenalkan juga dengan salah satu Time Jacker “Uhr” dengan pakaian berwarna biru, dalam episode pertama ini kita diberi kesimpulan bahwa Time Jacker akan mengontrak orang yang seharusnya sudah meninggal dan menyelamatkan mereka dengan catatan mereka harus menjadi Kaijin. Pada episode ini juga kita melihat  Kaijin Rider Another Build. Kaijin ini cukup unik karena akan menyerang siapapun lalu mengambil essencenya layaknya Kamen Rider Build dan mencari Best Match. Oh ya gue pribadi masih menunggu debut dari Aura/Ora yang merupakan Time Jacker berbaju putih. (Cakep soalnya :3).

Pada episode ini juga Tokiwa Sougo akan bertemu dengan Kamen Rider Build dan Kamen Rider Cross-Z dimana hal tersebut membuktikan bahwa Tokiwa Sougo sedang dibawa ke dunia Kamen Rider Build dimana Skywall masih ada, oh ya di episode ini juga kita akan melihat Tsukoyomi menggunakan Faiz Phone X (Pantesan DX nya udah dirilis -_-).

Jangan lupa baca juga Review Kamen Rider Build Episode Final ya !

Akhirnya setelah dipingsankan oleh Tsukoyomi dan mengira bahwa semuanya merupakan mimpi, Kamen Rider Zi-O terbangun ditahun 2018 dan harus bertemu dengan Kaijin Rider Another Build. Singkat cerita akhirnya Sougo memutuskan untuk menjadi seorang Maharaja Terbaik yang pernah ada dan melakukan henshin perdananya dengan Jiku Driver. Hal tersebut juga berarti bahwa Tsukoyomi gagal menjalankan tugasnya untuk membujuk Sougo. (By the way CGI Henshinnya Keren !).

Setelah berhasil mengalahkan Kaijin Rider Another Build dengan Finisher “Zi-O Edge Slash” dimana pedangnya tiba-tiba muncul dan secara naluri memasang Ride Watch ke pedangnya, Geiz pun muncul dan secara “terpaksa” harus mengalahkan Zi-O sebelum dia bisa berubah menjadi Oma Zi-O. By the way gue cukup kesel disini, gue tau musuhnya merupakan pemain basket sebelum menjadi Kaijin Rider, tapi ngelempar bola basket api itu keliatan bodoh banget menurut gue.

Akhirnya Henshin perdana dari Kamen Rider Geiz serta Ghost Armor menjadi penutup dari Kamen Rider Zi-O episode pertama ini ! Sampai bertemu di episode minggu depan. Henshin dari Kamen Rider Geiz ini jauh lebih keren jika dibandingkan dengan Kamen Rider Zi-O, dan terlebih lagi Armor time yang gue rasa lebay rupanya not that bad.

Next Episode Preview

Debut Kamen Rider Zi-O Build Armor ! Tingkah laku Kamen Rider Zi-O yang polos ini membuat Tsukoyomi dan Geiz makin ragu apakah Sougo merupakan Oma Zi-O yang selalu mereka takutkan ? Tapi tentu saja kita tidak bisa menebak masa depan kecuali yang nulis scriptnya, soalnya dia doang yang nentuin. 😀

Fail of the Episode !

Gue akan menambahkan section ini pada artikel gue dimana kalau gue menemukan hal yang lumayan mengganggu pada satu episode maka gue akan bahas !

  • Suara T-Rex tapi voiceovernya lebih mirip gajah dibandingkan dinosaurus. Seriously ? -_-
  • Robot sebesar Hulkbuster bisa bebas berkeliaran di kota tanpa menakuti anak-anak, wajar kalau dia bisa kamuflase, ini kan gede banget nih masa ga ada yang panik.
  • Mesin yang keren banget bisa ngeluarin duit dari alat, padahal si Tsukoyomi yang bilang sendiri jangan terlalu banyak berinteraksi dengan orang di masa lalu karena itu ga baik.
  • Teaser sebelum Kamen Rider Zi-O episode 1 debut, disana Sento dan Ryuga merupakan fans dari Lynk, apakah dunia Kamen Rider Build yang ditampilkan pada episode ini berbeda ?
  • Serangan bola basket yang keliatan aneh banget. -_-

Conclusion

Sepertinya mulai kedepan section kesimpulan ini akan lebih sedikit karena setiap kesimpulan dari scene penting udah gue bahas satu per satu di atas, gue cuma pengen sedikit ngebahas tentang Oma Zi-O  karena gue rasa arah-arahnya Oma Zi-O ini merupakan Dark Zi-O / Alternate Zi-O yang mengorbankan identitas dari Zi-O itu sendiri. Masih banyak episode yang harus ditonton, ini hanya prediksi semata dari episode pertama. By the way neriakin sound effectnya Kamen Rider Zi-O itu satisfying banget menurut gue walaupun sound effect dari Kamen Rider Geiz jauh lebih keren jauh. Kamen Rider…….. JI OHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH !

Source Instagram : Tokusatsu_Universe (Thanks Alfian !)