Apple secara resmi merilis tiga varian iPhone pada event Gather Round yang dilaksanakan pada Steve Jobs Theater dini hari tadi, pada acara tersebut Apple secara resmi memperkenalkan iPhone XR, XS, XS Max. Mungkin sebelum kita membahas lebih jauh, kalian boleh menonton video perkenalan ketiga handphone terbaru dari Apple tersebut.

  • iPhone XS

Pada iPhone XS kalian akan mendapatkan upgrade di dapur pacu, handphone ini akan menggunakan prosessor terbaru dari Apple “A12 Bionic”, selain itu terdapat varian warna emas yang sangat elegan, nah untuk kamera kalian akan mendapatkan dua buah kamera pada bagian belakang yang masing-masing bersolusi 12 MP (wide angle + telephoto).

iPhone XS ini akan menggunakan layar Super Retina yang menggunakan panel OLED dengan ukuran layar 5,8 inci. Terdapat juga sebuah kelebihan yang menarik buat gue dari handphone flagship terbaru ini adalah kemampuan mengedit depth of field dari sebuah foto serta kemampuan merekam stereo sound pada video.

Selain itu, smartphone ini juga sudah menggunakan sertifikat IP68 yang berarti sudah tahan air, debu, teh bahkan BIR ! Oh ya, sekarang iPhone juga mendukung dual sim loh !

Untuk masalah harga, kalian harus membayar $ 999 (64 GB), $ 1,149 (256 GB), $ 1,349 (512 GB) yang jika dikonversikan ke Rupiah maka harga tersebut akan dimulai dari 14,7 Jutaan Rupiah sampai 19,9 Jutaan Rupiah.

iPhone XR, XS, XS Max

  • iPhone XS Max

Selain itu Apple juga memperkenalkan kakak dari iPhone XS dengan layar yang lebih besar (6,5 inci) dan merupakan layar terbesar yang pernah dibuat oleh Apple, selain itu tidak ada perbedaan apapun lagi antara iPhone XS dan iPhone XS Max selain harganya.

Harga iPhone XS Max akan dimulai dari $ 1,099 (64 GB), $ 1,249 (256 GB), $ 1449 (512 GB) yang jika dikonversikan ke Rupiah maka harga tersebut akan dimulai dari 16,2 Jutaan Rupiah sampai 21,4 Jutaan Rupiah.

Kedua handphone ini sudah bisa di pre-order mulai tanggal 14 September 2018 dan akan tersedia di beberapa negara pada tanggal 21 September 2018 mendatang untuk batch pertama, sedangkan untuk berbagai negara akan menyusul pada tanggal 28 September 2018 mendatang.

  • iPhone XR

Sebelum menutup presentasinya, Apple memperkenalkan satu lagi varian iPhone yang dinamakan iPhone XR, smartphone yang satu ini menggunakan prosesor yang sama dengan kedua kakaknya. Yang membedakan disini adalah kamera yang digunakan hanya ada 1 buah, layar yang menggunakan teknologi Liquid Retina dengan panel LCD dengan ukuran 6,1 inch serta pilihan warna yang terhitung banyak, 6 buah varian bisa kalian pilih mulai dari hitam sampai merah !

Baterai dari iPhone XR ini juga diklaim satu setengah jam lebih lama dibandingkan dengan iPhone 8 Plus, sayangnya handphone yang dihargai $749 (Sekitar 11 jutaan Rupiah) ini baru tersedia pada bulan Oktober 2018 mendatang. Menurut gue iPhone XR ini bisa menjadi sebuah iPhone standar karena menggunakan dapur pacu serta software yang tidak berbeda jauh dari kakaknya.

iPhone XR, XS, XS Max

Tidak ada iPhone 9 pada event ini, menurut gue pribadi juga tidak ada improvement dalam segi inovasi yang ditawarkan pada tiga varian iPhone terbaru ini, jika kita melakukan sedikit flashback Apple selalu memperkenalkan sebuah inovasi baru saat meluncurkan seri S seperti SIRI pada 4s, TOUCH ID pada 5s, dan 3D Touch pada 6s. Selain itu belum ada konfirmasi apakah iPhone XR, XS, XS Max ini akan tetap menggunakan lighting cable ataukah akan diubah menjadi USB Type-C ?

Tentu saja harga dalam Rupiah yang tertera diatas tidak bisa menjadi patokan, terlebih lagi hype dimana barang ini masih merupakan barang yang sangat baru dipastikan akan ada mark-up yang lumayan tinggi saat barang ini dijual di Indonesia.