Halo guys ! Setelah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 02, gue cukup yakin beberapa dari kalian merasa bingung dengan timeline maupun storyline dari Kamen Rider ini, jadi gue akan merangkum dan membahas sedikit point of view gue setelah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 02 ! Seperti biasa pastikan kalian sudah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 02 sebelum membaca review gue.

Kamen Rider Zi-O Episode 02
Pertemuan pertama wool dengan Sougo

Sedikit reminder, menurut gua serial Kamen Rider ini seharunya ditujukan untuk anak-anak sampai ABG, jadi seharusnya ngebahas seri ini gak usah terlalu menggunakan logika banget dan gue cukup senang mengulik seri ini jadi seharusnya dibawa santai aja. Selain itu gue juga open for discussion di Facebook The Lazy Media maupun comment section di Youtube Jordy Ajah, Enjoy !

(SPOILER ALERT !)

  • Penjelasan tentang Hissatsu

Melanjutkan episode sebelumnya kalian akan disuguhi sedikit aksi berantem antara Kamen Rider Geiz dengan Ghost Armor, disini kita diperkenalkan dengan hissatsu yang akan digunakan oleh kedua Kamen Rider tersebut, pada kasus ini Zi-O akan menggunakan kata “Time Break” sedangkan Geiz akan menggunakan kata “Time Burst” dimana efeknya musuh akan melihat dimana dirinya setelah terkena hissatsu, jadi kayak prediksi gitu.

Nah saat menggunakan Armor Time, Hissatsu akan berubah menjadi Kata Depan Hissatsu Armor Time + Time Break / Time Burst, contohnya saat Kamen Rider Zi-O menggunakan Build Armor, dia akan menggunakan hissatsu Vortex Time Break sedangkan saat Kamen Rider Geiz menggunakan Ghost Armor, hissatsu yang digunakan adalah Omega Time Burst.

  • Siapa itu Woz ?

Kamen Rider Zi-O Episode 02
Pelayan raja atau otak dibalik Oma Zi-O ?

Selanjutnya yang pengen gue bahas adalah eksistensi dari Woz itu sendiri, Woz mengaku sebagai pelayan dari Zi-O, bukan salah satu dari Time Jacker dan siap melakukan apa saja agar sejarah tidak terusik sama sekali yang berarti pernyataan menandakan Woz sedang mengarahkan Zi-O menjadi seorang Oma Zi-O, karena sepanjang seri yang gue rasakan adalah Woz sedang menuntun Zi-O layaknya seorang mastermind agar Oma Zi-O terjadi, pada scene tahun 2017 Kamen Rider Build juga Zi-O dengan motif menghancurkan Another Build harus mewarisi kekuatan Kamen Rider Build yang secara langsung menghilangkan kekuatan dan eksistensi dari Kamen Rider Build itu sendiri, mungkin untuk kalian yang masih bingung boleh menonton episode 2.5 yang mengisi beberapa plot hole yang masih dipertanyakan.

  • Kehadiran episode 0.5

Kamen Rider Zi-O Episode 02
Kamen Rider Zi-O Build Armor yang menggantikan Kamen Rider Build

Satu hal yang gue cukup senang adalah Toei menghadirkan episode 0.5 untuk menjelaskan setiap plot hole maupun pertanyaan besar yang terjadi pada episode sebelumnya, the good thing is Toei ga memaksakan episode 0.5 tersebut masuk di dalam episode sebelumnya sehingga tidak mengganggu fokus dari cerita pada Kamen Rider Zi-O episode 02 tersebut.

Pada episode 2.5 ini kalian akan dikenalkan dengan tiga peraturan pada dunia ini :

  1. Tidak ada Kamen Rider yang sama pada satu timeline, hal ini terbukti saat Another Build diciptakan berdampak pada eksistensi Kamen Rider Build itu sendiri, Kamen Rider Build dianggap sebagai suatu seri yang tidak pernah ada, tidak pernah ada sky wall dan tidak pernah ada Evolt. Hal ini juga berhubungan dimana pada tahun 2018, Sento mendapatkan ingatannya untuk sementara saat Another Build dihancurkan untuk sementara.
  2. Untuk mengalahkan Another Rider diperlukan kekuatan rider yang sama, penjelasan kenapa Kamen Rider Zi-O harus menggunakan Build Armor, yang juga berdampak dimana Kamen Rider Zi-O Build Armor menjadi pengganti dari Another Build sekaligus Kamen Rider Build. Oh ya for your information, Kamen Rider Zi-O mendapatkan Ride Watch Build pada tahun 2018 dan bisa menghancurkannya disaat itu juga tapi Kamen Rider Zi-O memilih untuk menghancurkannya pada tahun 2017 dengan alasan untuk meminimalisir kerusakan serta menyelamatkan orang-orang yang diserang selama satu tahun terakhir.
  3. Jangan terlalu banyak bertanya, intinya sih disini seperti yang gue ingetin diatas, jangan terlalu menggunakan logika saat membahas seri yang satu ini karena ada beberapa plot hole yang tidak bisa dijelaskan secara sains. 🙂

    Kamen Rider Zi-O Episode 02
    Pengembalian Ride Watch yang diberikan Sougo setahun yang lalu.
  • Sebenarnya siapa itu Time Jacker ?

Kamen Rider Zi-O Episode 02
Identitas sebenarnya Time Jacker?

Okay kita lanjutkan dengan pembahasan Time Jacker serta Another Rider, jika menurut sinopsis maka Time Jacker adalah sekelompok organisasi yang mencoba melahirkan raja baru dengan Another Rider untuk menggantikan Oma Zi-O di masa depan, hal ini menghasilkan beberapa pertanyaan buat gue.Apakah Time Jacker itu organisasi baik, jahat atau netral ?

  • Apakah Time Jacker terhubung dengan Woz ?

Gue cukup bingung untuk hal ini, secara logika jika Woz ingin Oma Zi-O terwujud maka Zi-O seharunya mewarisi kekuatan 19 rider sebelumnya dan Another Rider yang dihasilkan oleh Time Jacker diperlukan, kenapa ? karena untuk mengalahkan Another Rider hanya bisa menggunakan armor dari Kamen Rider yang sama dimana dampaknya adalah Kamen Rider tersebut akan kehilangan kekuatan maupun eksistensinya karena digantikan oleh Armor dari Kamen Rider Zi-O maupun Kamen Rider Geiz.

Sedangkan menurut sinopsis, Time Jacker adalah organisasi yang bertujuan menggantikan Oma Zi-O dan jika Another Rider terus-terusan diciptakan bukannya hal tersebut membantu Woz mencapai tujuannya ? Jadi harusnya mastermind dibalik segalanya adalah Woz dan Time Jacker hanyalah alat dengan tujuan yang palsu.

  • Another Build yang diciptakan oleh Time Jacker, apakah sudah berkeliaran selama satu tahun ?
Kamen Rider Zi-O Episode 02
Another Build dihidupkan kembali

Hal selanjutnya yang mengganggu pikiran gue adalah eksistensi dari Another Build yang menghisap para manusia untuk mencari Best Match. Jika menurut peraturan yang berlaku dimana Kamen Rider Build tidak pernah ada, apakah itu berarti Another Build sudah berkelana selama satu tahun sampai akhirnya bertemu dengan Kamen Rider Zi-O ? Apakah itu juga berarti jika Another Kuuga dibuat, maka monster tersebut sudah mengganggu kedamaian selama 19 tahun sebelum bertemu dengan Kamen Rider Zi-O ? Cukup aneh rasanya jika seorang monster dibiarkan berkeliaran 19 tahun sebelum harus dihancurkan.

Baca Juga Review Kamen Rider Zi-O Episode Sebelumnya !

  • Kenapa Sougo bisa ini, bisa itu ?

Mungkin ini salah satu pertanyaan yang terulang lagi dari episode pertama, jawabannya yah Sougo secara natural sudah terlahir untuk melakukan itu dan semuanya dilakukan secara insting. Mirip-mirip lah saat Deku dari Boku no Hero Academia melakukan sesuatu tanpa berfikir terlebih dahulu.

Kamen Rider Zi-O Episode 02
Tidak perlu manual book langsung ngerti !

Setelah permasalahan “Loh kok dia tau cara pake jiku driver ?” terbitlah pertanyaan tambahan, kenapa dia tau cara menggunakan Time Mazine ? Ya jawabannya “Dia dilahirkan untuk itu.” Karena gue rasa tidak ada penjelasan lain lagi tentang hal ini.

Sedangkan kenapa Kamen Rider Zi-O bisa mengetahui cara mengalahkan Another Build, sebenarnya menurut gue itu karena dia kepo dengan statement Woz yang menyatakan, lalu bagaimana dengan Sento dan Woz hanya berkata entah. Hal tersebut yang mengarahkan Sougo untuk mengecek Sento dan mendapatkan clue saat Sento berkata “Tolong urus diriku di masa lalu.”

Next Episode Preview

Oura Debut ! OURA DEBUT !!!! Gak banyak clue yang kita dapatkan dari preview episode selanjutnya, yang bisa dipastikan ya kita akan masuk ke dunia game minggu depan karena pada Kamen Rider Zi-O Episode 02 ini kita sudah selesai dengan dunia Build ! 😀 Oh ya, Kamen Rider Geiz Drive Armor 😉

Fail of the Week

  • Kehadiran CGI Ghost Armor yang terbang-terbang saat melawan Another Build.
  • Muter tuas dimana tuasnya itu ga ada disana. :/
  • Tulisan-tulisan aneh saat Vortex Time Break.
  • Sougo sang manusia serba bisa, ga perlu manual book.
  • Darimana Blank Ridewatch itu datang ?
  • Kenapa Kamen Rider Geiz secara mudah bisa “berteman” dan ikut dengan arahan Kamen Rider Zi-O saat diminta pindah ke 2017 untuk melawan another Build, seharusnya dia dendam sedendam-dendamnya atas peristiwa yang terjadi di 50 tahun mendatang.

Setidaknya fail pada minggu ini tidak separah minggu lalu, dimana beberapa Parody seperti signature pose Kamen Rider Build lumayan lucu menurut gue.

Conclusion

Parody banget ! Mungkin itu impresi gue setelah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 02 ini, scene mata kawai dari Another Build dan memutar tuas Kamen Rider Zi-O Build Armor ini menjadikan serial ini sebuah cerita parody but in a fun way !

Kamen Rider Zi-O Episode 02
Sento dan Ryuga sebagai rakyat biasa yang mencintai band Lynk.

Yang gue harapkan adalah 38 Episode yang akan menceritakan setiap Kamen Rider per 2 episode tidak akan menggunakan konsep yang sama dimana another rider harus diciptakan, ke masa lalu, ambil kekuatan selama 19 kali berturut-turut. Walaupun konsep tersebut dibumbui dengan twist ini dan itu kemungkinan besar kita sudah akan tau apa yang akan terjadi selama 38 episode kedepan. (Rumornya 38 Episode akan digunakan untuk tribute Kamen Rider Heisei dan 10 Episode untuk cerita orisinil Kamen Rider Zi-O.)
Jadi dipastikan walaupun Drive Ride Watch dan Ghost Ride Watch sudah ada, kemungkinan besar kita akan tetap jalan-jalan ke masa tersebut. Yang mau diskusi di tunggu di facebook The Lazy Media ya !

By the way, Happy Kaixa Day teman-teman ! See you next week !

Source Instagram : Tokusatsu_Universe (Thanks Alfian !)