Halo guys ! Gue akan merangkum dan membahas sedikit point of view gue setelah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 03 ! Seperti biasa pastikan kalian sudah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 03 sebelum membaca review gue.

Sedikit reminder, ingat rules nomor 3 di Kamen Rider Zi-O Episode 2.5, nikmati saja filmnya dan jangan terlalu dipikirkan. Jadi seharusnya ngebahas seri ini gak usah terlalu menggunakan logika banget dan gue cukup senang mengulik seri ini jadi seharusnya dibawa santai aja. Selain itu gue juga open for discussion di Facebook The Lazy Media, Line Square Toku Talk dan comment section di Youtube Jordy Ajah, Enjoy !

(SPOILER ALERT !)

  • Another Rider Kalah dan Ga Revive ?

Gue akan langsung mulai pembahasan Kamen Rider Zi-O Episode 03 ini dengan pembahasan monster terbaru, Another Ex-Aid. Teori pertama yang gue dapatkan dari Episode ini adalah kemungkinan besar Another Rider tersebut tidak akan bangkit kembali jika dikalahkan untuk pertama kalinya. Jadi looping yang terjadi pada Kamen Rider Zi-O episode 02 dimana Another Rider harus dikalahkan dengan kekuatan yang sama hanya berlaku setelah Another Rider dibangkitkan setelah kekalahan pertama. Karena hal ini sudah terjadi pada episode 1 dan episode 3 ini.

Kamen Rider Zi-O Episode 03
Another Ex-Aid

Selanjutnya, Another Ex-Aid ini sepertinya akan ter-trigger jika seorang pemain mencapai titik tertentu pada game yang mereka mainkan, sayangnya sebagai villain Another Ex-Aid ini tidak memiliki kolerasi dengan Kamen Rider Ex-Aid, berbeda dengan Another Build yang menghisap essence dan mencari Best Match, kalau monster yang ini sepertinya akan menginjeksi Bugster Virus kepada para gamer yang hampir menamatkan game tersebut, spekulasi gue sih karena kalau Game Clear maka monster tersebut mungkin saja menghilang. By the way kostumnya Ex-Aid disini keren banget menurut gue !

Disini mungkin ada yang nanya, kenapa para pasien yang diserang Another Ex-Aid yang berkeliaran bebas dari tahun 2016 numpuk di beberapa rumah sakit dan si Emu harus nyari obat dari virus tersebut dengan memainkan game tersebut, karena dengan tidak adanya cerita Ex-Aid (karena digeser Another Ex-Aid) maka Cyberbrain Room yang digunakan untuk mengobati Bugster Virus / Game Virus tidak pernah ada juga.

  • Debut Time Jacker Oura dan Statementnya di Episode 3.5

Selanjutnya, seorang villain dengan fans yang jauh lebih banyak dari sang Heroine telah debut. Time Jacker kedua yang bernama Oura ini adalah orang yang menciptakan Another Ex-Aid yang baru aja gue bahas barusan. By the way, selamat datang ke Oura fans club ya teman-teman :D.

Kamen Rider Zi-O Episode 03
Debut Pertama dari Oura

Nah sepertinya Oura ini akan memiliki ciri khas berbicara dengan dua sisi sekaligus, hal ini terlihat saat Oura ingin merubah seorang lelaki menjadi Another Ex-Aid (tanpa memberi tahu apa yang lelaki itu dapatkan dengan mengontrak diri sebagai Another Rider), dirinya menyatakan ada berita baik dan berita buruk, hal tersebut juga terjadi saat Oura berbicara pada Kamen Rider Zi-O Episode 3.5, dia berkata ada Good Spoiler dan Bad Spoiler.

Nah Bad Spoiler inilah yang pengen gue bahas pada episode ini, sebuah statement yang sangat menarik datang dari Oura dimana “Cepat atau Lambat Rider War akan Terjadi” dan bisa dispekulasikan statement tersebut merupakan sejarah asli yang harusnya terjadi dan ada dua kemungkinan yang bisa terjadi dalam merubah sejarah tersebut :

  1. Oma Zi-O akan menjadi raja baru seperti yang diramalkan oleh Woz.
  2. Another Rider yang dibuat oleh Time Jacker akan menjadi raja baru.
Kamen Rider Zi-O Episode 03
Oura pada Kamen Rider Zi-O Episode 3.5

Oh ya satu fun fact lagi, kemunculan Oura pada tempat itu yang merupakan tempat Emu pertama kali muncul juga merupakan spoiler, jadi dipastikan kalian akan melihat Oura di tempat yang sama minggu depan.

Baca Juga Review Kamen Rider Zi-O Episode Sebelumnya !

Oh ya sedikit informasi, terdapat sehelai bulu yang terletak di kepala setiap Time Jacker dan hal tersebut membedakan mereka dari Woz walaupun Time Jacker dan Woz bisa dibilang memiliki penampilan yang sama dalam segi kostum. Jadi masih ada kemungkinan Woz bukanlah bagian dari Time Jacker.

  • RideWatch Drive dan Ghost milik Kamen Rider Geiz

Mungkin ini menjadi sebuah pertanyaan yang cukup panas ya, topik ketiga ini juga bisa muncul karena Geiz meminta Sougo tidak ikut campur dalam masalah Another Ex-Aid ini karena akan mencuri kekuatan dari Kamen Rider sebelumnya dan membuatnya satu langkah lebih dekat menjadi Oma Zi-O.

Kamen Rider Zi-O Episode 03
Ridewatch Drive milik Kamen Rider Geiz yang entah datang dari mana.

Teori pertama, kemungkinan Geiz sudah melakukan kesalahan yang sama dan menghilangkan eksistensi dari Kamen Rider Drive dan Kamen Rider Ghost, mengetahui hal tersebut maka Geiz meminta Sougo untuk tidak ikut campur agar tidak mengulangi kesalahannya sendiri dan hal yang terjadi pada Kamen Rider Build.

Teori kedua, teori ini datang dari salah satu anak Line Square TokuTalk yang gue khususkan buat kalian yang pengen diskusi bebas tentang Kamen Rider Zi-O, nah menurut dia kedua RideWatch ini merupakan hasil curian dari Oma Zi-O, suatu hal yang agak ga mungkin karena pada episode 1 kita diperlihatkan seberapa kuat seorang Oma Zi-O. Tapi tidak berarti teori ini salah.

  • Kenapa Emu menjadi Dokter Anak ? Kenapa Emu menghadang Geiz dan Zi-O ?

Topik terakhir yang akan gue bahas di episode ini adalah debut dari Emu yang sudah terspoiler dari awal oleh Woz. Mungkin satu hal menarik yang pengen gue bahas adalah Emu ini merupakan seorang Dokter Anak pada Kamen Rider Zi-O Episode 03 ini karena Another Ex-Aid telah ada dan Kamen Rider Ex-Aid tidak pernah ada di dunia ini, maka sama dengan kasus yang terjadi diatas dimana tidak ada CR untuk mengobati para pasien yang terkena Bugster Virus.

Kamen Rider Zi-O Episode 03
Emu menghadang dan menyerang Sougo dan Geiz di scene akhir Kamen Rider Zi-O Episode 03

Selanjutnya saat Hiiro Kagami memberikan notes yang merupakan peninggalan dari Emu kalian akan mendapatkan sebuah easter egg dimana Bahasa Jerman digunakan pada notes tersebut. Kalau dari yang gue tangkap ada hubungannya dengan masalah obat, Jepang dan Jerman plus satu buah easter egg yang bisa kalian dapatkan adalah kombinasi tombol yang biasanya digunakan untuk cheat code Konami ( ↑ ↑ ↓ ↓ ← → ← →  ).

Kamen Rider Zi-O Episode 03
Game yang mentrigger kemunculan dari Another Ex-Aid.

Terakhir, pada scene terakhir Kamen Rider Zi-O Episode 03 Emu menghentikan kedua rider tersebut mungkin dikarenakan Emu sendiri masih meneliti tentang hal tersebut dan mengira bahwa Another Ex-Aid tersebut bisa diteliti, atau mungkin masalah Game Clear yang gue bahas diatas tadi. Tapi yang pasti jawaban “Kenapa Emu menyerang mereka ?” akan kita temukan pada episode minggu depan.

Next Episode Preview

Pada episode selanjutnya kita akan melihat debut dari Kamen Rider Zi-O Ex-Aid Armor, apakah ini berarti sudah dikonfirmasi Ex-Aid akan kehilangan kekuatannya sama seperti Kamen Rider Build ? Selain itu kita akan melihat pertarungan dari dua buah “Hulk Buster” :p

Fail of the Week

Pada minggu ini bukan CGI lah yang menjadi Fail of the Week dan kemungkinan besar gue tidak akan melakukan complain lagi untuk masalah CGI untuk episode kedepannya.

Kamen Rider Zi-O Episode 03
Ekspresi Panik yang terlihat sangat flat.

Nah ! jika kalian perhatikan Kamen Rider Zi-O Episode 03 ini, gue cukup terhibur dan tertawa sedikit saat melihat beberapa ekspresi muka seperti Woz yang tidak diacuhkan sama sekali oleh Sougo, muka panik yang tidak terlihat panik sama sekali dari teman Soguo, betapa pemalunya seorang Geiz dan terakhir kalian harus memerhatikan ekspresi Emu saat Oura muncul pada episode 3.5. 😀

Conclusion

Tidak banyak yang bisa gue bahas dibagian kesimpulan untuk Kamen Rider Zi-O Episode 3 ini, intinya gue cukup puas karena plot dari episode 3 ini tidak akan melakukan looping seperti episode 1 dan 2 untuk kembali ke masa lalu. Sekali lagi Oura itu sangat mencuri perhatian gue ya 😀 Sampai jumpa di episode ke 4 ya guys !

Kamen Rider Zi-O Episode 03

Special shoutout untuk member Line Square TokuTalk yang udah ngasih gue POV tambahan untuk ngebahas Kamen Rider Zi-O Episode 03 ini !