Dragon Quest Builder 2 adalah franchise lanjutan dari Dragon Quest Builder yang pertama dari Square Enix. Di Tokyo Game Show beberapa waktu lalu kami menghadiri press confrence dengan producer serta game director Dragon Quest Builder 2 ini yaitu Noriyoshi Fujimoto dan Kazuya Niinou. Kita diperlihatkan kurang lebih 15 menit gameplay dari DQB 2 oleh Noriyoshi serta penjelasan Kazuya untuk game ini.

Dragon Quest Builder 2
Noriyoshi Fujimoto (Left) & Kazuya Niinou (Right)

Game ini sekilas terlihat seperti layaknya minecraft, tetapi bedanya game ini memiliki elemen dari beberapa karakter dari Dragon Quest. Masih mengadaptasi game Dragon Quest 2, dimana kita bisa melihat adanya karakter musuh yang sama dengan Dragon Quest Builder yang pertama yaitu Hargon. Karakter Malroth-pun juga meramaikan game ini tetapi bukan sebagai musuh melainkan menjadi teman kita ataupun sidekick dari karakter utama kita. Karakter Malroth disini adalah sosok yang tidak pandai dalam membangun tetapi Malroth sangat pandai dalam bertarung melawan monster serta mencari suatu benda atau collecting materials. Diceritakan di DQB ke-2 bahwa karakter Malroth mengalami hilang ingatan, ketika kita menanyakan latar belakang Malroth sendiri, producer dan game director DQB tidak ingin membahas dikarenakan masih menjadi rahasia. Pastinya latar belakang Malroth sendiri akan berpengaruh dalam storyline yang ada. 

Dragon Quest Builder 2
Our Hero & Malroth

Di Dragon Quest Builder 2 kita dapat memilih karakter pria maupun wanita, meskipun di trailer yang kita lihat hanya ditunjukan sosok karakter utama pria saja. Karakter utama kita juga diberikan kemampuan untuk berlari cepat serta gliding agar dapat mempermudah dalam looting ataupun membunuh monster.

Sony Umumkan Special Edition DRAGON QUEST® XI: Echoes of an Elusive Age™

Adanya pengembangan dari beberapa segi teknis juga diperbaharui seperti beberapa benda serta element didalam game untuk mengeksplore kreatifitas kita lebih luas lagi, bahkan kita bisa membuat bangunan tingkat dengan tinggi 100 lantai maksimal serta membuat sebuah air terjun atau bendungan. Tidak hanya itu, kita juga dapat membuat sebuah dunia sendiri di bawah laut. Di dunia ini juga tidak akan ada weather sistem, dan nantinya game ini juga terdapat monster dimana beberapa tipe monster juga dapat menghancurkan bangunan yang kita telah bangun.

Dragon Quest Builder 2
Bigger World! Better Building!

Rencananya Game ini akan rilis di Playstation 4 serta Nitendo Switch pada tanggal 20 Desember 2018 di Jepang dengan harga sekitar 70$ untuk Standart Game, untuk tambahan DLC version sekitar 85$. Di saat TGS 2018 kita para media South East Asia diundang oleh Square Enix ke press confrence BDQ 2 yang menjadikan kita mempunyai asumsi dimana tidak menutup kemungkinan bahwa game ini akan rilis secara global, hanya saja perilisan akan tertuju ke negara Jepang dahulu. Antara dubbing atau subtitle juga akan diterjemahkan menjadi bahasa inggris tetapi berita ini masih belum dikonfirmasi secara jelas.