Halo guys ! Gue akan merangkum dan membahas sedikit point of view gue setelah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 05 ! Seperti biasa pastikan kalian sudah menonton Kamen Rider Zi-O Episode 05 sebelum membaca review gue.

Kamen Rider Zi-O Episode 05
kehadiran peran pengganti Gentaro sebagai tribute dari Kamen RIder Fourze.

Sedikit reminder, ingat rules nomor 3 di Kamen Rider Zi-O Episode 2.5, nikmati saja filmnya dan jangan terlalu dipikirkan. Jadi seharusnya ngebahas seri ini gak usah terlalu menggunakan logika banget dan gue cukup senang mengulik seri ini jadi seharusnya dibawa santai aja. Selain itu gue juga open for discussion di Facebook The Lazy Media, Line Square Toku Talk dan comment section di Youtube Jordy Ajah, Enjoy !

(SPOILER ALERT !)

  • Tanpa Kehadiran Main Cast, Episode Tetep Seru !

Hal pertama yang pengen gue bahas adalah Kamen Rider Zi-O Episode 05 ini merupakan salah satu episode terbaik menurut gue walaupun cukup bete karena subsnya yang agak telat yak. Kenapa ? Karena tanpa kehadiran dari dua rider utama dari serial Kamen Rider Fourze, kalian tetap bisa merasakan tema dari Kamen Rider Fourze itu sendiri !

Kamen Rider Zi-O Episode 05
Kehadiran episode dari seri Kamen Rider Fourze yang dibawa kembali.

Kehadiran dari Kamen Rider Club, Ohsugi Sensei, cameo dari Faceless Gentaro yang membagikan brosur, momen pertarungan antara Kamen Rider Fourze dengan Scorpion Zodiarts, tema Friendship yang diangkat pada episode ini, Seragam Biru Khas dari Sekolah Kamen Rider Fourze dan beberapa signature pose dari Kamen Rider Fourze yang dilakukan oleh Another Fourze bener-bener memberikan sebuah kesan nostalgia buat gue pribadi. Gue cukup puas dengan Kamen Rider Zi-O episode 05 ini terlebih lagi kita disuguhkan dengan sebuah twist yang cukup menarik di akhir !

  • Perbedaan Kekuatan Time Jacker ?

Satu topik yang udah gue bahas pada artikel episode sebelumnya tapi akan gue angkat kembali dengan kehadiran dari Sworz, Time Jacker yang debutnya belakangan dan memiliki kemampuan Hyper Clock Up dimana ia bisa menghentikan waktu Time Jacker lainnya, jadi punya ilmu lebih tinggi sedikitlah istilahnya. Nah disini dari apa yang gue spekulasiin, sejauh ini Sworz ini hanya mempunyai kekuatan untuk menimpa kekuatan dari Another Rider dan untuk mengalahkan Another Rider ciptaannya, harus dibunuh secara bersamaan dalam dua waktu yang berbeda atau harus dibunuh dua-duanya biar ga respawn lagi walaupun sudah dikalahkan dengan kekuatan Rider yang sama.

Kamen Rider Zi-O Episode 05
Time Jacker dengan kekuatan yang berbeda-beda.

Selanjutnya yang pengen gue bahas adalah perbedaan atau mungkin target market dari para Time Jacker ini, jika dilihat dari 5 episode pertama ini terlihat Uhr mengincar orang yang sudah seharusnya meninggal untuk dikontrak (Another Build), Ora mengincar orang yang memiliki keinginan untuk mewujudkan keinginan tertentu (Another Ex-Aid & Another Faiz) dan untuk Sworz sendiri masih belum jelas orang seperti apa yang ia serang, tapi yang pasti orang yang ia serang tidak boleh menolak (Another Fourze).

Baca Juga Review Kamen Rider Zi-O Episode Sebelumnya !

  • Another Faiz ? Another Fourze ? Another FaizFourze ?

Mungkin kalian bingung kenapa di twist akhir terlihat Another Fourze tiba-tiba berubah menjadi Another Faiz dan pada point di atas gue menggaris bawahi Another Faiz adalah ciptaan Ora, berbagai poin yang mendasari spekulasi tersebut akan gue jabarin :

Kamen Rider Zi-O Episode 05
Ora yang berdiri dibelakang Another Faiz.
  1. Pria (Another Faiz yang ditimpa dengan Another Fourze) tersebut mempunyai keinginan untuk menyembuhkan pacarnya.
  2. Pria tersebut dapat mengatur kekuatannya seperti yang dilakukan Another Ex-Aid.
  3. Pria tersebut terkejut saat bertemu dengan Sworz tapi kenal dengan perkataan Time Jacker.
  4. Terlihat Ora berdiri dibelakang Another Faiz pada next episode preview.
Kamen Rider Zi-O Episode 05
Another Faiz Debut.

Nah, pertanyaannya adalah “Apakah untuk mengalahkan Another Faiz + Fourze ini harus bersamaan ?” Jadi Zi-O harus membunuh Another Fourze di 2011, sedangkan Another Faiz harus dibunuh pada 2003 ? Walaupun pada akhir episode Kamen Rider Zi-O Episode 05 ini terlihat bahwa “seharusnya” Another Fourze sudah kalah. Tapi di next episode preview masih comeback walaupun sudah dikalahkan dengan Fourze Armor.

Kamen Rider Zi-O Episode 05
Another Fourze diciptakan oleh Sworz.

Pertanyaan selanjutnya yang terbesit adalah kenapa kekuatan dari Another Faiz tersebut bisa menghilang secara pelan-pelan ? Apakah ini akan terjadi pada Another Rider lainnya ? Mungkin pertanyaan tersebut bakal terjawab di episode selanjutnya 😀

Kamen Rider Zi-O Episode 05
Another Faiz / Fourze yang merupakan pacar dari Karin.

Oh ya cukup jelas bahwa Karin adalah pacar dari si Another Faiz / Fourze yang sedang mencoba menolongnya, terlihat saat Another Fourze menolongnya saat terjatuh dan pada beberapa detik awal next episode preview.

  • Takumi dan Kusaka Gak Time Travel

Kalau kalian ingat pada episode sebelumnya, gue mengeluarkan sebuah spekulasi dimana teknologi smartbrain tetap ada hingga tahun 2068, hal tersebut yang menjadikan Takumi dan Kusaka bisa melakukan time travel, tapi pada episode ini gue menyadari bahwa dengan adanya Another Faiz maka Kusaka tidak pernah mati dan itu berarti mereka sudah hidup 15 tahun.

Kamen Rider Zi-O Episode 05
Mereka sudah hidup dan semakin tua.

Tentu saja hal ini mengeluarkan sebuah pertanyaan “Apa tujuan utama Kusaka menyerang Karin ?” Apakah hal ini berhubungan dengan Another Faiz ? Apakah dengan ditimpanya Another Fourze ke tubuh Another Faiz hal tersebut menjadikan sejarah dari Kamen Rider Faiz tersebut pernah ada ? Seperti poin diatas, hal ini baru bisa terjawab pada episode selanjutnya 😀

  • Hint : Shooting Star

    Kamen Rider Zi-O Episode 05
    Woz saat memberikan hint “Shooting Star”

Hint yang sudah disebutkan diawal, ditengah dan beberapa kali di mention pada Kamen Rider Zi-O Episode 05 ini. Gue rasa hint Ryusei ini lebih berhubungan dengan Ryusei School dari seri Kamen Rider Faiz dibandingkan Kamen Rider Meteor. Karena menurut gue tidak ada korelasi apapun antara Kamen Rider Meteor dengan episode 5 maupun episode mendatang karena sejauh ini kita tidak mendapatkan informasi bahwa akan ada debut dari Kamen Rider Meteor pada seri Kamen Rider Zi-O.

Next Episode Preview

Kamen Rider Geiz Faiz Armor Debut !!! Selanjutnya adalah cukup aneh adalah Another Fourze yang belum kalah, apakah ini merupakan kekuatan dari Sworz ? Next episode ini akan menjawab berbagai pertanyaan yang penting ! 😀

Fail of the Week / Easter Egg / Small Details

Kamen Rider Zi-O Episode 05
Foto dari Scorpion Zodiarts
  • Hissatsu dari Armor Time Kamen Rider Geiz berasa lebih mirip dengan hissatsu original rider jika dibandingkan dengan Hissatsu Armor Time dari Kamen Rider Zi-O.
  • Terlihat foto dari Sarina Sonoda / Scorpion Zodiarts pada box tempat menyimpan Fourze Ride Watch.
  • Yeps, gak ada tebakan yang bener! Tidak ada penampakan Gentaro dari depan sama sekali untuk episode ini, jadi spekulasi penyamaran di artikel sebelumnya di debunk !
  • Hissatsu dari Kamen Rider Zi-O Fourze Armor terlihat … yah … :/
  • Episode 0.5 menjadi episode promosi mainan dengan package yang menarik menurut gue, gak harus ditonton karena gak terlalu ngaruh dengan jalan cerita.

Conclusion

Kamen Rider Zi-O Episode 05
Kamen Rider Zi-O Fourze Armor.

Kamen Rider Zi-O Episode 05 ini memberikan sebuah angin besar serta berbagai misteri tambahan yang ngebuat seri yang satu ini semakin seru untuk dibahas, kehadiran Sworz dengan kekuatannya yang agak berbeda serta “kekuatan rahasia” dari Woz membuat cerita dari Kamen Rider Zi-O semakin seru untuk diikuti, tapi yang terbaik dari episode ini adalah kita bisa merasakan kehadiran dari Kamen Rider Fourze tanpa cast orisinilnya, good job Toei ! 😀

Special shoutout untuk member Line Square TokuTalk yang udah ngasih gue POV tambahan untuk ngebahas Kamen Rider Zi-O Episode 05 ini !