ASUS baru saja meluncurkan Zenbook Pro 15 UX580 dan laptop ini merupakan line up tertinggi yang dimiliki Zenbook saat ini. Laptop ini juga memiliki spesifikasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan line up Zenbook lainnya yang biasanya menggunakan GPU multimedia. Jadi kita dapat melakukan video editing, 3D desain dan lain-lain yang memiliki porsi kerja lebih berat dibandingkan versi-versi sebelumnya.

Zenbook Pro 15 UX580
Zenbook Pro 15 UX580

Sebelumnya, Zenbook Pro 15 UX580 sudah pernah saya jumpai di Computex 2018 dan laptop ni memiliki satu keunikan yaitu Screenpad. Screenpad ini bisa dibilang adalah touchpad yang tergabung menjadi sebuah layar kecil. Tujuannya agar memberikan kita beberapa fitur yang dapat menunjang produktivitas, salah satunya adalah Microsoft Office. Selain itu Screenpad ini juga dapat digunakan sebagai monitor kedua lewat mode screen extender.

Laptop ini ditujukan untuk pekerjaan-pekerjaan seperti photographer dan videographer, sehingga Zenbook UX580 ini menggunakan layar 4K dengan brightness 400nits dan memiliki reproduksi warna 100% Adobe RGB dan Delta < 2 serta sudah dikalibrasi dan si validasi oleh PANTONE.

Untuk spesifikasinya sendiri, laptop ini menggunakan CPU Intel i7 8750H serta GPU Nvidia GTX 1050 sehingga sudah terbilang sangat cukup untuk berbagai kebutuhan foto dan video editor.  Selain itu laptop ini menggunakan konfigurasi RAM 16GB dengan storage M.2 NVMe PCIe SSD sebesar 1T. Port Thunderbolt 3 juga tidak absen dari laptop ini, sehingga memungkinkan kita untuk menggunakan GPU enclosure maupun device lain seperti monitor atau storage yang menggunakan Thunderbolt 3.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Zenbook UX580:

zenbook pro 15 ux580
Spesifikasi Zenbook Pro 15 UX580

Laptop ini akan hadir di pasar Indonesia dengan harga Rp 32.299.000,- serta bergaransi global selama 2 tahun.