Pertama kali Pokemon Let’s Go series diumumkan, jujur gue pribadi tidak ada ketertarikan sama sekali dengan game ini. Menurut gue game ini hanya sekedar game-game filler pokemon seperti Pokemon Dash, Pokemon Quest maupun Pokemon Pinball. Tapi seiriing berjalannya waktu dan dengan berbagai update yang menampilkan mekanisme dari game ini seakan-akan mengingatkan gue pada Pokemon Go. Gue merasa bahwa Pokemon Let’s Go series ini akan menjadi sebuah  game yang fresh dan menarik karena berani tampil beda dibandingkan semua seri Pokemon sebelumnya. Untuk informasi diawal, game yang akan gue review adalah Pokemon: Let’s Go, Pikachu!

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Scene-scene menarik juga akan ada short cinematic loh

Pokemon Let’s Go memiliki plot mainstream yang sama seperti seri-seri pokemon lainnya, seorang anak muda yang berambisi untuk menjadi pokemon master, mengelilingi satu region, menangkap banyak pokemon, grinding dan harus melawan 8 gym leader, melawan satu kelompok dengan rencana jahat,mengalahkan elite four dan akhirnya mengalahkan sang champion untuk merebut tahtanya. Hal ini cukup unik karena kita sebagai pemain sudah tau lebih dulu garis besar dari game ini dan tetap memilih untuk bermain, mungkin pada seri-seri sebelumnya kita disuguhkan dengan pokemon-pokemon jenis baru di setiap regionnya, tapi kali ini dengan pokemon yang sama maka nilai jual terbesar game ini terletak pada gameplaynya.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Tampilan Giovanni sang ketua Team Rocket pada Pokemon: Let’s Go, Pikachu!

Hal pertama yang paling mengejutkan adalah hilangnya random encounter, kalian tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengelilingi rumput di area yang sama dengan tujuan untuk menangkap pokemon tertentu, tidak ada lagi pokemon yang tiba-tiba menyerang ketika kalian sedang buru-buru untuk berpindah tempat atau kalian tidak ingin menghabiskan waktu untuk melawan pokemon. Perubahan cara bermain ini cukup signifikan, karena pokemon pokemon tersebut akan menampakkan dirinya secara otomatis, dengan begitu pemain juga dapat memilih pokemon mana yang ingin mereka serang. Hal ini juga menjadi sebuah pengalaman layaknya kita sebagai pemain sedang berada di daerah yang penuh dengan pokemon – pokemon liar.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Yep kalian akan dikelilingi oleh Oddish.

Sistem menangkap pokemon pada Pokemon: Let’s Go, Pikachu! ini juga cukup unik yakni dengan mendekati pokemon tersebut, screen yang cukup familiar akan muncul. Mekanisme menangkap ala-ala Pokemon Go dimana kita akan langsung menangkap pokemon tanpa harus melawannya, tidak ada lagi status effect untuk melemahkan pokemon maupun gagal mendapatkan pokemon karena salah perhitungan serangan yang menyebabkan Pokemon tersebut kalah. Mekanisme tersebut ibarat dua sisi mata pisau, di satu sisi memberikan sebuah pengalaman baru yang lebih newbie friendly tapi di sisi lain menghilangkan tantangan dalam masalah menangkap Pokemon.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Pokemon Go banget nih !

Untuk menangkap Pokemon dalam game ini kalian harus memilih satu dari tiga cara sebelum game dimulai yakni handheld mode, single joy-con mode dan pokeball plus.

  • Pada handheld mode kalian akan menekan tombol “A” untuk melempar Pokeball, cara ini merupakan cara paling stabil dan aman, jadi kalau ingin mendapatkan pokemon tertentu dengan persentase berhasil yang lebih tinggi maka gue sangat merekomendasikan cara ini.
  • Cara kedua adalah dengan mengayunkan single joy-con kalian. Tentu saja hal ini menghadirkan pengalaman bermain yang fresh, jadi kalian akan berasa seperti seorang pokemon trainer yang sedang melempar pokeball. Sayangnya terkadang joy-con tersebut akan mengalami malfungsi dan okeball kalian akan melenceng jauh dari arah ayunan kalian. Salah satu aspek minus lain dari cara ini adalah kalian dipaksa untuk bermain dengan joy-con jika dalam mode table top.
  • Terakhir adalah Pokeball Plus, sebuah aksesoris berbentuk pokeball mini dengan cara bermain yang sama dengan joy-con yakni mengayunkannya ke layar. Tidak ada yang spesial mengenai aksesoris ini selain Mew yang bisa kalian dapatkan secara cuma-cuma dan fitur untuk membawa Pokemon kalian jalan-jalan ke dunia nyata yang tentu saja hanya sebuah gimmick belaka.
Pokemon: Let's Go, Pikachu!
3 pilihan cara bermain pada game Pokemon: Let’s Go, Pikachu!

Menangkap pokemon merupakan satu dari dua cara untuk grinding dan farming experience point. Bahkan dengan kombinasi tertentu kalian akan mendapatkan multiplier exp hingga 18 kali (exp untuk menangkap satu Pokemon liar). Dimana secara tidak langsung membuat kalian menghindari pemain-pemain yang akan menantang kalian bertarung karena secara waktu akan jauh lebih cepat menaikkan level Pokemon kalian dengan menangkap mereka. Satu-satunya hal positif dalam melawan pemain tersebut adalah uang, bonus pokeball serta kemungkinan Pokemon baru untuk mengisi Pokedex kalian.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Yep, dalam Pokemon: Let’s Go, Pikachu! ini kalian bisa mendapatkan 18.0 exp multiplier dengan kombinasi yang tepat.

Nah fitur terbaru dari game Pokemon: Let’s Go, Pikachu! berhubungan erat dengan pokemon-pokemon yang kalian tangkap selama perjalanan. Semua pokemon yang kalian tangkap tidak lagi masuk ke komputer pada Pokemon Center melainkan sebuah fitur baru bernama PokeBox. PokeBox bisa gue katakan sebagai komputer pada Pokemon Center yang bisa kalian bawa kemanapun, kalian dengan mudah bisa mengganti Pokemon kalian dari PokeBox ke Party dimanapun kalian berada, tentu saja hal ini cukup membantu jika terdapat salah satu Pokemon dalam keadaan sekarat dimana lokasi Pokemon Center yang masih jauh. Yang pasti PokeBox tidak akan menyembuhkan Pokemon kalian.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
PokeBox, Komputer Pokemon Center dimana saja.

Lalu masih ada fitur yang dinamakan Support Trainer. Fitur ini benar-benar memudahkan petualangan kalian dalam game ini, seorang Support Trainer seharusnya diperuntukkan untuk pemain kedua yang ingin ikut berpetualang tanpa berinteraksi sama sekali, tapi dengan adanya support trainer masalah menangkap pokemon maupun melawan pokemon pun menjadi hal yang mudah karena dengan menggunakan dua joy-con sekaligus, pemain dapat membuat pertarungan tersebut berubah menjadi 2 lawan 1.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Salah satu cara untuk curang adalah “Support Trainer”

Selain beberapa hal yang udah gue sebutkan diatas, Pokemon: Let’s Go, Pikachu! ini juga menawarkan sebuah fitur untuk berinteraksi langsung dengan Pokemon kita, akan ada bagian khusus dimana kalian bisa bermain dengan Pikachu, mengusap-usapnya bagaikan hewan peliharaan, mengenakan pakaian yang matching hingga menyuapi ia makanan. Semakin dekat kalian dengan sang Ppokemon maka akan ada beberapa interaksi khusus yang akan tertrigger dimana Pikachu akan memanggil kita dan memberi kita hadiah bahkan Pikachu akan melepaskan dirinya sendiri dari status effect seperti sleep agar “tidak membuat kita khawatir”.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Bahkan kadang-kadang Pikachu akan memberikan ekspresi unik.

Masih berhubungan dengan Pikachu, terdapat hal yang unik yakni hilangnya HM. HM selalu menjadi sebuah masalah karena secara paksa akan mengambil satu dari empat skill set Pokemon, tapi pada game ini HM tersebut akan digantikan dengan “Secret Technique” yang bisa dipelajari oleh Pikachu maupun Eevee tanpa membuang slot skillset sama sekali.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
HM Surf yang digantikan dengan Pikachu berselancar.

Tidak hanya pokemon maskot yang akan berpetualang bersama diluar Pokeboll, kalian juga bisa diberikan opsi untuk mengeluarkan Pokemon kedua dari party kalian untuk menggantikan fitur dari sepeda. Fitur yang dinamakan PokeRide ini membuat sang pemain bisa berinteraksi dengan Pokemon tertentu seperti bergerak lebih cepat dengan Rapidash, terbang dengan Charizard, mengendarai Onix, bergerak sambil menempel pada perut Snorlax dan masih banyak lagi, tentu saja fitur PokeRide ini menjadi salah satu fitur yang penuh dengan easter egg.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Salah satu yang paling lucu adalah Pokeride Kangaskhan

Sayangnya game ini bisa dibilang sebagai game yang cukup mudah dan casual, kalian dengan gampangnya bisa membawa Pikachu ke gym pertama dan membantai Onyx dari Brock hanya dengan 2 atau 3 serangan. Pada gamea Pokemon: Let’s Go, Pikachu! ini Pikachu seakan-akan merupakan pokemon super kuat dengan skill set eksklusif. Kehadiran candy-candy seperti speed candy dengan mudah dapat membuat Pikachu menjadi Pokemon yang memiliki status speed cukup tinggi. Hal inilah yang membuat game ini tidak cocok dimainkan oleh pemain kompetitif yang selalu breeding lagi dan lagi untuk mencari Pokemon dengan IV tinggi bahkan menangkap Pokemon Shiny merupakan hal yang lebih mudah jika dibandingkan dengan game Pokemon sebelumnya.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Candy dengan nama Pokemon akan menaikkan semua stat sebanyak 1. By the way dalam game ini kalian akan mendapatkan 3 starter Kanto secara cuma-cuma loh !

Tentu saja pernyataan gue mengenai tingkat kesulitan dari game ini tidak terlepas dari gym-gym leader yang sudah gue kalahkan, saat gue menulis review ini 5 gym leader telah kalah dengan effort yang tidak terlalu tinggi, bahkan dengan grinding spamming menangkap (minimal 3x exp/ pokemon) kalian dengan mudah bisa menaikkan level dari Pokemon kalian. Gue cukup yakin dan positif bahwa pemain-pemain yang sudah pernah memainkan game Pokemon generasi sebelumnya dapat menamatkan game ini tanpa harus kalah sama sekali.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Kayaknya Black Panther nyuri posenya Brock nih !

Jika harus memberikan skor, maka angka 9 mungkin skor yang tepat untuk game ini – Pokemon Company mengambil langkah yang cukup besar dalam mengganti mekanisme permainannya yang selama ini terhitung monoton. Walaupun game ini terhitung casual, game ini bisa disebut sebagai game yang cukup newbie friendly, dengan kehadiran fitur-fitur baru pada setiap game baru layaknya Apple dengan inovasinya game ini adalah jembatan yang cukup kokoh untuk para pemain Pokemon Go untuk mengenal game Pokemon yang sebenarnya, sebuah game yang cocok untuk pemain baru dimana pikachu yang bisa berinteraksi sudah menjadi sebuah nilai jual yang cukup tinggi untuk menggaet mereka, sebuah game untuk pemain veteran yang ingin bernostalgia dan menikmati pixel art yang disulap menjadi sebuah grafik 3d yang nyata plus lagu 8 bit yang diaransemen ulang dengan style orchestra serta pemain kompetitif yang ingin mencoba hal baru, setidaknya para pemain kompetitif tersebut disuguhkan dengan sebuah pengalaman bermain yang lebih fresh.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Tentu saja sang ikonik duo ikut meramaikan game Pokemon: Let’s Go, Pikachu! ini.

Sayangnya keanehan Joy-Con akan memberikan sedikit gangguan dalam bermain game ini, kurangnya touch screen control dalam battle juga menjadi downside pribadi untuk gue, selain itu gue juga tidak membahas masalah Pokemon Go yang notabene tidak terlalu berarti. Yang pasti kalian akan menghabiskan uang yang cukup banyak untuk Pokeball dalam game Pokemon: Let’s Go, Pikachu!. Game ini juga bisa gue sebut sebagai warming up game Pokemon pada konsol Nintendo Switch, kemungkinan besar kita akan disuguhkan dengan pokemon generasi terbaru tahun depan dan tidak menutup kemungkinan juga bahwa akan ada Pokemon Let’s Go seri ke dua pada 2 tahun mendatang.

Pokemon: Let's Go, Pikachu!
Salah satu troll yang meminta kita untuk menangkap 5 Growlithe dan memberikan Persian sebagai hadiahnya.