Hari ini kita mau memberikan review salah satu RAM yang paling sering kita gunakan untuk membangun berbagai build PC. Pilihan kita sekarang menggunakan RAM dari Teamgroup, yaitu versi T-Force T1. RAM ini bisa kalian dapatkan dengan harga Rp 1.035.000 dengan spesifikasi DDR4 16GB 2666 Mhz Dual Channel Kit. Jadi ini bisa dibilang salah satu opsi RAM yang paling menarik, terutama untuk para pengguna AMD yang terikat dengan speed RAM. Untuk menguji RAMnya, disini kita menggunakan platform AMD dengan R5 3600 dengan motherboard Asus ROG C7H atau Crosshair 7 Hero Wi-Fi.

Stock bawaannya standard DDR4 ya, disini kalo langsung colok yang kebaca di BIOS tentunya 2400 Mhz, tapi stocknya menggunakan XMP di 2666 Mhz. Kita bisa lihat disini, kalo kita tidka implementasikannya untuk XMP dia akan berjalan sesuai dengan stock defaultnya yaitu di 2400 Mhz. Jadi kalo kalian adalah orang yang pertama kali membangun PC, ada baiknya kalian cek di BIOS untuk mengubah dengan XMP dan sesuaikan dengan yang tertera di RAMnya, ini seharusnya default yang sudah pasti berjalan dan tidak perlu kalian otak-atik lagi. Di XMPnya 2666 sudah dipastikan jalan.

Sekarang kita tes jalan di 2666 yaitu yang sesuai dengan XMP profilenya mereka. Terus kita tes kemampuannya dengan benchmark RAMnya melalui Geekbench 4 untuk melihat bagaimana perubahan performanya, dan sejauh mana kita bisa maksimalkan si T-Force T1 ini dengan harga yang sangat-sangat kompetitif ini.

Yang perlu kita paling perhatikan disini adalah Memory Scorenya disini. Sekarang hasil yang bisa ditarik untuk ini RAM sejauh ini adalah ke 3000 Mhz CL20. Timingnya memang agak longgar, tapi ini hasil maksimum yang bisa dijalankan dengan stabil. Mengingat dia t-force t1harganya hanya 1 Jutaan, menurut gua ini cukup baik, beberapa set bahkan tidak bisa melewati 2666 Mhz yang bawaan XMP tidak bisa di OC lebih jauh samasekali. Ditambah lagi ini RAM tidak menggunakan heatsink samasekali juga. Ini hasil maksimal yang bisa dilakukan, di 3200 Mhz ini RAM tetap jalan, tapi sering mendapatkan memory error dan kadang di motherboard kita tidak mau boot. Jadi untuk memaksakan di 3200Mhz kurang reliable untuk dijadikan patokan bahwa ini RAM bisa jalan di 3200. Jadi untuk performa yang bisa dikatakan reliable adalah 3000 Mhz.

So, sekarang kita lihat bagaimana performanya setelah kita naikkan clocknya ke 3000Mhz.

Kita bisa lihat loncatan performanya cukup tinggi disini, dan juga meningkatkan performa CPUnya si R5 3600. Sesuai dengan arsitektur Zen 2, dimana RAM sangat berpengaruh dengan performa CPUnya juga. Disini kita bisa lihat kenaikkannya cukup membantu banyak untuk produktivitas, dan terutama seperti yang sudah kita sering tunjukkan, 1% dan average fps akan ikut meningkat saat GPU yang menjadi bottlenecknya.

T-Force T1 Di C7H

Overall, ini RAM sangat-sangat menarik dengan harga yang murah yaitu Rp 1.035.000, dan ini harga bisa kalian dapatkan langsung di official storenya Teamgroup juga. Jadi dengan harga yang ditawarkan menurut gua sangat-sangat worth it, terutama bagi kalian yang gak memerlukan RAM dengan design yang nyala-nyala. Ini RAM juga seharusnya bisa datang dengan XMP yang lebih tinggi seharusnya, walau dengan latency yang lebih tinggi. Buat kalian yang tertarik bisa langsung klik disini.