Markus dan McFeely selaku penulis naskah untuk Avengers Endgame ia menjelaskan bahwa kematian Tony tidak hanya dramatisasi semata ada alasan kuat dibalik kematian tersebut. Karena kita tahu Tony adalah pondasi utama MCU dimana ia menjadi karakter pertama yang diperkenalkan dan Cap menjadi karakter setelahnya yang menjadi pendiri Avengers pula.

Diawal debutnya Tony diperkenalkan sebagai karakter egois namun sangat jenius dibidang teknologi. Ia selalu mengambil keputusan sendiri tanpa peduli dengan lingkungannya, berbeda dengan Cap dirinya menjadi orang yang “self-less” dimana ia melompat dan menutupi bom granat demi melindungi orang lain.

Avengers Endgame

Bahkan harus diakui memang Tony dan Cap adalah karakter yang sangat bertabrakan, hingga pada Avengers: Endgame diberikan sisi ironis nya dimana Tony berubah menjadi orang yang rela berkorban untuk orang banyak dan Cap memperlihatkan kemauannya atau sedikit Ego nya dengan kembali ke waktu dan hidup bersama Peggy dan muncul dimasa sekarang sebagai Cap yang sudah tua.

Memang langkah ini diambil untuk memperlihatkan bagaimana kedua karakter ini memperlihatkan building mereka sepanjang MCU berjalan dan menutupnya dengan perubahan masing-masing kearah yang berlawanan. Tony yang belajar untuk peduli dengan orang lain pun bisa kita lihat di Iron Man 3 dan Cap yang akhirnya mengeluarkan Ego nya di Endgame.