Seperti yang kita ketahui jika perilisan konsol-konsol next-gen sudah didepan mata, begitu pula dengan gamegamenya. Marvel’s Spider-Man Miles Morales adalah salah satunya, kira-kira bagaimana dengan review dari game ini? Ini dia review dari Marvel’s Spider-Man Miles Morales.

New York

Miles Morales kini mengambil setting waktu beberapa saat setelah kejadian di Marvel’s Spider-Man dengan kondisi Miles sudah menjadi anak didik Spider-Man, dan keduanya seringkali melakukan tugas bersama dan menjaga New York, lalu beberapa saat kemudian Spider-Man alias Peter Parker dengan wajah barunya harus bertugas untuk Daily Bugle bersama dengan Mary Jane ke kota lain untuk beberapa saat dan meninggalkan Miles dan memberinya tanggung jawab sebagai the only Spider-Man selama dia bertugas ke luar kota. Lalu tentu karena fokusnya Miles, setelah Peter pergi inilah terjadi sebuah konflik dari organisasi keamanan bernama Roxxon dan juga organisasi bawah tanah alias Underground yang memperebutkan sebuah energi yang dapat menyebabkan ledakan besar dan kiamat like another generic superhero story. Intinya jika berbicara mengenai cerita, tidak ada yang spesial, bahkan majority dari babak ceritanya dapat dikatakan cukup predictable dan memang sepertinya sengaja dibuat se-ringan mungkin dan dipercepat agar tidak memakan durasi. Overall storylinenya sangat bisa dinikmati.

Miles & Peter

Tentu jika membicarakan mengenai Marvel’s Spider-Man Miles Morales, kita ber-ekspektasi mengenai hal baru apa yang coba ditawarkan oleh Insomniac terhadap expansionnya ini, dan Insomniac mampu memberikan tendangan pembeda di tahap awal untuk memberikan suasana berbeda dari Marvel’s Spider-Man. Pembeda terbesar kali ini tentunya adalah musim, karena setting waktunya menjelang natal alias di bulan Desember, kita akan mendapatakan experience musim dingin disini, vibe yang diberikan juga natal ala New York dan memberikan feel liburan dan memang cocok untuk dimainkan di akhir tahun.

Christmas in New York

Salju juga menjadi komponen yang mengisi detail dari dunianya dan bukan asal jatuh tapi juga mengisi partikel di baju Spider-Man yang membuat musim dingin ini menyatu dengan karakter dan jadi lebih realistik lagi.

Reflection

Since ini juga di design sebagai salah satu nama untuk launching PS5, Kalian akan menemukan banyak sekali air sebagai refleksi, lalu cermin dimana-mana, medium yang memantulkan seperti lantai, jalanan basah, tv-tv besar semuanya muncul sebagai bentuk kesiapan game ini sebagai showcase seberapa cantiknya game ini di PS5. Jadi secara visual, game ini memang sudah sangat berbeda dari segi suasana dan vibenya yang lebih artsy dan lebih berwarna sejalan dengan identitas Miles Morales.

Traversal Miles Morales

Selain vibe liburan dan musim dingin sebagai pembeda dari Marvel’s Spider-Man 2018, Miles Morales juga memiliki perbedaan di bagian traversalnya yang lagi-lagi terlihat lebih artsy berantakan, walaupun untuk free-stylenya masih sama, tidak ada perubahan besar, tapi setidaknya setiap gerakannya ada sedikit pembeda dari versi Spider-Man. Miles Morales dalam traversal nya juga bisa dibilang jauh lebih cepat dibandingkan Spider-Man untuk membuat kalian tetap ber-ayun dari titik 1 ke titik lainnya, dan kebetulan boost nya ini menggunakan skill bio-electric dari Miles Morales sehingga memberikan penampilan baru dalam traversal nya jadi lebih bervariasi dari yang sebelumnya dan traversal nya tetap menjadi traversal terbaik yang pernah ada di game Spider-Man.

Bio-electric

Perubahannya juga bukan hanya terjadi di traversal, tapi juga di combat system nya yang jauh lebih explosive dan kompleks, tentunya lebih variatif lagi skill nya. Dengan skill bio-electric, setiap skema combat nya jadi lebih seru dan lebih banyak opsi dalam mengalahkan banyak musuh, dari segi tingkat kesulitan paling tinggi sendiri sangat dapat dinikmati tantangan sesungguhnya dari combat system dari Miles Morales dan kami puas dengan tambahan skill bio-electric dari Miles Morales.

Perfect Dodge yang tetap muncul, beberapa movement yang sama dengan Spider-Man guna membuat kita lebih adaptif dengan cepat di game ini, karena memang combat scene nya tentu tidak sebanyak Marvel’s Spider-Man since ini adalah expansion, jadi keputusan tidak terlalu menambahkan banyak new moves adalah hal yang cukup bisa terima dengan baik dan perlu diketahui juga bahwa Miles adalah anak didiknya Spider-Man, tentu jadi bukan hal yang aneh jika moveset nya Miles mayoritas sama dengan Spider-Man dan mungkin nanti akan beda di cerita selanjutnya.

Selain Bio-Electric nya yang bawa suasana baru dalam setiap combat scene jadi terlihat lebih meriah dan lebih meledak, gadgets pada game ini juga mendukung setiap serangan bio-electric Miles lebih efektif, terutama nya adalah gadgets gravity well nya yang cukup luas jika di upgrade guna menarik para musuh ke satu titik yang tentunya memudahkan kita untuk menyerang dengan serangan bio-electric Miles, jadi buat combat system nya jauh lebih baik dari versi Spider-Man yang terasa jadi underpowered. Musuh yang hadir juga lebih mematikan dan menjadi balance bagi Miles Morales yang cukup overpowered. Musuh-musuh disini juga sangat balance karena beberapa tipe musuhnya mempunyai shield penangkal untuk membalikan skill listrik nya Miles dan jadi damage yang besar di difficulty tersulit, lalu varian senjata musuhnya juga lebih banyak dengan berbagai senjata seru dan dibagi ke beberapa kelas seperti biasa tentunya untuk kita lawan dan pastinya lebih berwarna dari musuh Spider-Man sebelumnya.

Camouflage Ability

Yang special dari Miles juga adalah munculnya Cloak sebagai salah satu fitur dan special skill nya Miles, yang membuat playstyle stealth jadi lebih fungsional disini, dimana kalian dapat melakukan takedown secara lebih mudah dengan munculnya skill cloak ini. Sehingga cloak ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kalian yang lebih prefer menyelesaikan setiap misi dengan cara diam-diam dan tentunya membuat para stealth player jadi berasa lebih diperhatikan dan tidak harus all out attack,  tentunya membuat dinamika gameplay nya jadi lebih tinggi dan tidak hanya sekedar memanjat saja.

Side mission disini masih cukup sama dengan pendahulunya, seperti masuk stronghold lalu membantai musuh dan menyelesaikan misi, tapi memang bedanya disini kalian juga mendapatkan App untuk melakukan beberapa misi dalam membantu para penduduk di New York seperti menyelamatkan kucing beberapa kali, membetulkan videotron, menyambungkan kereta, membantu orang tersangkut dan masih banyak lagi yang membuat feel sebagai Neighborhood Superhero lebih terasa. Untuk crime sendiri tentunya masih ada disini sama seperti Spider-Man sebelumnya. Selain side mission, side activities tentu masih hadir disini guna mendapatkan crafting materials untuk upgrade dan unlock costume yang tentunya cara mendapatkannya cukup mudah, sehingga untuk urusan reward semua side activities nya walaupun monoton, tapi tetap dibuat mudah dan rewarding mungkin, its good for this little big expansion.

Berbicara mengenai boss fight tentu kalian akan bertemu dengan beberapa musuh lama dan beberapa musuh baru yang akan muncul, walaupun entah kenapa di tingkat kesulitan paling tinggi boss fight nya justru terkesan lebih mudah dibanding melawan para infantry, tapi walaupun begitu musuhnya tetap memiliki varian serangan yang seru-seru tergantung skill mereka masing-masing, seperti kali ini kita melawan Rhino sebagai salah satu boss fight dengan cara yang berbeda and it was fun. Tentunya kami tidak bisa spoil terlalu banyak boss fight, tapi yang pasti kalian akan bertemu dengan beberapa figur baru yang menarik di Miles Morales yang cukup membuat penasaran perannya nanti di cerita lanjutannya. Tapi lagi-lagi mengenai boss fight nya kurang adalah untuk urusan emosional nya, karena mungkin durasi 8 jam bisa langsung tamat jika berfokus pada story, durasi singkat ini tentu tidak mampu mengantarkan ke emosi yang seharusnya, membuat kita sebagai player tidak mendapatkan sisi sentimentilnya yang secara try hard coba dihadirkan oleh alur ceritanya sehingga berimbas ke storyline yang berisikan beberapa karakter musuh yang kurang ter-deliver dengan baik, untungnya beberapa karakter pendukung tetap berhasil mengisi emosi di cerita ini dan berhasil mengikat dengan kita sebagai player.

Kesimpulan nya, ini adalah expansion yang menarik dan beda dengan Marvel’s Spider-Man, combat system yang jauh lebih menarik dan explosive tanpa butuh waktu lama untuk adaptasi, combat moves, lalu musuh yang lebih berwarna dan seru untuk dikalahkan, beberapa karakter musuh lama dan baru yang kehadirannya memuaskan para fans spidey. Lalu vibe dunia yang berbeda dengan winter nya juga berhasil mengantarkan ke suasana liburan di New York. Beberapa fitur seperti Cloak, Gadgets, dan traversal juga berhasil membawa beberapa komponen baru. Lalu beberapa kostum yang memberikan beberapa animasi berbeda juga cukup menyenangkan. Satu sisi yang kurang adalah karakter musuh yang kurang masuk emosinya, dan mungkin harusnya ada beberapa combat moves kecil yang menjadi ornament tambahan dari gerakan Miles, but overall ini expansion yang luar biasa seru dengan sentuhan peduli Black Lives Matter dan beberapa easter egg seperti patung Stan Lee as respect yang muncul di dunia game ini. So, Kalau kalian mencari game superhero yang lebih menarik dari Avengers, Miles Morales tentunya adalah pilihan tepat.